Home Sumatra Selatan 12 Tempat Wisata di Palembang yang Menarik Dikunjungi

12 Tempat Wisata di Palembang yang Menarik Dikunjungi

Tempat wisata di Palembang rupanya cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia dari berbagai wilayah. Berbagai tempat menarik dan punya daya tarik wisata di Palembang pun juga selalu jadi tujuan para wisatawan dari berbagai daerah. Terletak di Pulau Sumatera tidak membuat Kota Palembang sepi pengunjung. Beragam hal menarik mulai dari tempat wisata dan makanan pun siap menjamu wisatawan yang datang ke sana.

Palembang merupakan ibu kota dari Provinsi Sumatra Selatan. Karena itu, Palembang menjaid kota yang cukup ramai dengan hiruk pikuknya. Selain itu, Palembang juga menjadi kota terbesar kedua di Sumatera setelah Medan. Palembang juga punya beragam tempat menarik yang menjadi daya tarik wisata masyarakat dari luar kotanya maupun luar pulau.

Nah, untuk kalian yang berniat mengunjungi Kota Palembang untuk berlibur atau sekedar melancong mengunjungi setiap sudut kotanya, perlu sekali untuk tahu tempat-tempat recommended untuk didatangi di Kawasan Palembang. Berikut adalah 12 tempat wisata di Palembang yang menarik untuk dikunjungi.

1. Jembatan Ampera dan Sungai Musi

Jembatan Ampera dan Sungai Musi
Sumber: tiketasik.blogspot.com

Menjadi ikon wisata Kota Palembang, Jembatan Ampera dan Sungai Musi selalu ramai dikunjungi wisatawan. Jembatan Ampera ini punya daya tarik yang menawan dengan gemerlap lampunya di malam hari yang nampak sangat memesona. Jembatan ampere ini mengubungakn Sungai Musi dari hulu ke hilir serta jadi jembatan yang penting bagi lalu lintas masyarakat Palembang, lho. Cek lokasinya di sini.

2. Masjid Cheng Hoo

Masjid Cheng Hoo
Sumber: contractorkubahmasjid.com

Memiliki nama asli Masjid Al Islam Muhammad Cheng Hoo ini adalah masjid bernuansa muslim Tionghoa yang berada di kawasan Jakabaring, Palembang. Masjid multikultur ini menjadi menarik karena menggabungkan dua budaya yang dikenal sangat berbeda. Arstektur dan bangunanya yang unik menjadikan Masjid Cheng Hoo Palembang ini pas banget menjadi rekomendasi tempat wisata yang menarik di Palembang. Cek lokasinya di sini.

3. Pulau Kemaro

Pulau Kemaro
Sumber: Google Maps Randy Hernando

Pulau unik yang satu ini juga bisa dikunjungi saat melancong ke Palembang. Pulau Kemaro merupakan sebuah delta kecil di Sungai Musi yang terletak sekitar 6 Km dari Jembatan Ampera. Di Pulau ini wisatawan dapat menemukan objek wisata yang unik seperti pagoda berlanai 9 dan Klenteng Hok Tjing Rio. Cek lokasinya di sini.

4. Benteng Kuto Besak

Benteng Kuto Besak
Sumber: bobogrid.id

Kuto Besak adalah bangunan keraton yang pada abad ke XVIII menjadi pusat Kesultanan Palembang. Benteng Kuto Besak ini menjadi tempat wisata yang kaya akan sejarah di Palembang. Oleh karena itu, cukup banyak wisatawan yang mengunjungi benteng ini karena punya daya tarik wisata tersendiri. Cek lokasinya di sini.

5. Bukit Siguntang

Bukit Siguntang
Sumber: gosumatra.com

Bukit Siguntang merupakan bukit kecil setinggi sekitar 30 meter dari permukaan laut yang berlokasi sekitar 3 kilometer dari tepian utara Sungai Musi di Kota Palembang. Bukit ini juga dikenal sebagai tempat peninggalan bersejarah Kerajaan Sriwijaya yang pernah Berjaya di kawasan Indonesia hingga Asia Tenggara. Lokasi wisata ini punya banyak spot yang unik dan cukup misterius seperti makam kerajaan dan beberapa tempat-tempat bersejarah lainnya. Cek lokasinya di sini.

6. Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin

Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin
Sumber: contractorkubahmasjid.com

Tempat wisata yang satu ini lebih dikenal dengan nama Masjid Agung Palembang. Masjid yang satu ini dibangun pada abad ke-18, jadi sudah cukup tua usianya kini. Tak hanya karena usianya yang cukup tua, masjid Sultan Mahmud Badaruddin ini punya keunikan lain yakni perpaduan 3 budaya yang berbeda yaitu Tionghoa, Eropa, dan Indonesia. Sambil berwisata religi, wisatawan muslim juga bisa beribadah di masjid yang satu ini, lho. Cek lokasinya di sini.

7. Taman Kambang Iwak

Taman Kambang Iwak
Sumber: backpackerjakarta.com

Taman Kambang Iwak ini bisa dibilang menjadi taman kota kebanggaan masyarakat Palembang. Bukan hanya sekedar taman, tempat ini kaya sejarah karena sudah dibangun sejak awal 1900an untuk orang keturan Belanda yang digunakan sebagai tempat berolahraga. Namun, kini sudah digunakan sebagai tempat publik dan menjadi destinasi wisata Kota Palembang. Berdiri di lahan seluas 5 hektar dan dilengkapi dengan taman bermain, kran air, danau, serta berbagai fasilitas menarik yang membuat taman ini menjadi tempat yang menyenangkan. Cek lokasinya di sini.

8. Kampung Kapitan

Sumber: pesonatravel.com

Kampung Kapitan ini merupakan sebuah kawasan cagar budaya yang terletak di Kota Palembang. Kampung ini berlokasi di tepi Sungai Musi tepat di sisi barat Jembatan Ampera yang dikenal juga dengan naman daerah tujuh ulu. Kampung ini punya cerita yang cukup terkenal sehingga membuat wisatawan penasaran dengan sosok kapten di Kampung ini. Cek lokasinya di sini.

9. Monumen Perjuangan Rakyat Palembang

Monumen Perjuangan Rakyat Palembang
Sumber: backpackerjakarta.com

Palembang memang nggak pernah kehabisan tempat bersejarah, ya. Ada lagi namanya Monumen Perjuangan Rakyat Palembang. Monumen ini menjadi saksi bisu perjuangan rakyat Palembang terhadap kolonialisme Belanda pada jamannya. Monumen ini juga punya arsitektur yang cukup menarik dan punya arti yakni bunga melati dengan lima kelopak yang mengartikan kesucian hati pejuang dan lima wilayah kerasidenan yang tergabung. Menarik juga, ya! Cek lokasinya di sini.

10. Punti Kayu

Punti Kayu
Sumber: merahputih.com

Bosan dengan suasana perkotaan? Palembang juga punya tempat wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Taman Wisata Alam Punti Kayu adalah kawasan pelestarian alam yang dimanfaatkan untuk kegiatan pariwisata alam di Palembang. Kawasan wisata ini punya permainan dan fasilitas yang menarik seperti flying fox, miniature 7 keajaiban dunia, taman bermain, waterpark, dan masih banyak lagi. Fakta menarik, Punti Kayu ini merupakan hutan pinus dalam kota terbesar di Indonesia, lho. Cek lokasinya di sini.

11. Alquran Al Akbar

 Wisata Religi Al - Qur'an Raksasa
Sumber: Google Maps Adiputera Ab Raman

Wisata religi yang satu ini juga unik dan menarik perhatian wisatawan yang ingin melihat alquran dalam ukuran jumbo. Alquran Al akbar di Gandus Palembang ini punya alquran raksasa yang terbuat dari kayu tembesu dengan tulisan bertinta emas yang tidak pudar meski sudah 10 tahun. Alquran raksasa ini menarik karena ukurannya yang besar yakni hingga 4 lantai. Cek lokasinya di sini.

12. Sekanak Sidewalk

Sekanak Sidewalk
Sumber: Kabarsumatera.com

Tempat yang satu ini jadi salah satu spot intagramable di kawasan Palembang. Sekanak Sidewalk merupakan kawasan di tepian Sungai Sekanak yang disulap menjadi jalanan yang berwarna-warni dan punya daya tarik wisata lebih. Wisatawan dapat memanfaatkan spot full color di kawasan ini untuk berfoto ria atau sekedar menikmati indahnya perpaduan warna dengan bangunan-bangunan di Sekanak Sidewalk. Cek lokasinya di sini.

Itulah tempat wisata di Palembang yang menarik untuk dikunjungi. Tertarik untuk mendatangi salah satu tempat di atas? yuk kunjungi bersama teman, keluarga atau pasanganmu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

20 Tempat Wisata di Jember yang Bisa Dikunjungi

Jember, sebuah kabupaten yang berada di ujung timur Provinsi Jawa Timur. Mungkin banyak di antara kamu yang belum pernah mendengar nama daerah ini. Tetapi...

Keindahan Camping di Ranca Upas

Bagi mereka yang menyukai wisata berkemah, Ranca Upas tentu menjadi tempat yang tidak boleh ketinggalan untuk dikunjungi. Bumi perkemahan yang sudah sangat terkenal ini...

12 Pantai di Pacitan yang Wajib Masuk Listmu

Siapa yang tidak mengenal daerah Pacitan yang terletak di provinsi Jawa Timur satu ini? Kabupaten dengan Kota yang juga dikenal sebagai 1001 Goa ini...

Keindahan & Informasi Wisata di Situ Patenggang

Bandung, salah satu wilayah terbesar yang terletak di Jawa Barat ini menyimpan sejuta potensi pariwisata. Oleh karena itu, tak heran jika banyak sekali warga...

12 Rekomendasi Gudeg Jogja Paling Dicari

Jika sedang berkunjung ke Jogja, hal apa yang pertama kali terlintas dipikiranmu? Keraton, Jalan Malioboro, Gunung Merapi, atau gudeg? Ya, gudeg adalah kuliner asli...