Home Jawa Barat Keindahan Camping di Ranca Upas

Keindahan Camping di Ranca Upas

Bagi mereka yang menyukai wisata berkemah, Ranca Upas tentu menjadi tempat yang tidak boleh ketinggalan untuk dikunjungi. Bumi perkemahan yang sudah sangat terkenal ini menyajikan berbagai daya tarik wisata yang sayang dilewatkan. Tidak hanya berfungsi sebagai tempat perkemahan, namun Ranca Upas sendiri sebenarnya adalah hutan lindung bagi berbagai flora dan fauna.

Lokasi Ranca Upas

Lokasi Ranca Upas
Sumber: Instagram @ranca _upas

Bumi Perkemahan Ranca Upas terletak di ketinggian 1700 Mdpl di sisi Bandung Selatan. Ranca Upas sendiri adalah tempat wisata yang bisa digunakan sebagai tempat berkemah sekaligus hutan lindung untuk berbagai satwa dan flora di sana. Kawasan hutan lindung Ranca Upas berada di bawah naungan Perhutani langsung.

Ranca Upas berlokasi di Jalan Raya Ciwidey – Patengan nomor KM 11, daerah Rancabali, Bandung. Untuk mencapai Ranca Upas dari Jakarta, dibutuhkan waktu sekitar 3 sampai dengan 4 jam saja. Jalan menuju lokasi bumi perkemahan sudah sangat memadai sehingga dapat dilewati kendaraan besar seperti bus. Cek lokasi lengkapnya bisa dilihat di sini.

Harga Tiket Masuk

Ranca Upas
Sumber: Instagram @ranca_upas

Biaya tiket masuk ke lokasi wisata Ranca Upas cukup terjangkau. Kamu hanya perlu menyiapkan uang sebesar Rp10.000 untuk masuk. Biaya tiket masuk ini berlaku baik untuk anak – anak ataupun orang dewasa. Tiket masuk bisa dibayarkan di Pos Penjualan Tiket yang ada setelah gerbang utama. Apabila ingin berkemah, maka membayar tiket untuk dua orang sebesar Rp35.000 untuk satu malam.

Jika membawa kendaraan roda dua, maka biaya parkirnya sebesar Rp2.000 saja sementara untuk biaya parkir mobil sebesar Rp5.000. Namun jika Kamu berangkat menggunakan bus pariwisata maka biaya parkirnya sebesar Rp20.000

Kegiatan yang Bisa Dilakukan

Rusa di Ranca Upas
Sumber: fanyanto.com

Ada banyak hal yang bisa Kamu lakukan di Ranca Upas seperti berkemah, bermain di wahana permainan dan mengunjungi rusa. Jangan lupa untuk membawa selimut, jaket tebal dan peralatan lainnya yang bisa menghangatkan tubuhmu saat malam. Pasalnya, suhu saat malam hari di Ranca Upas sangatlah dingin. Suhu udara saat malam bisa menembus angka 10 derajat Celcius.

Camping Ground yang ada di Ranca Upas buka selama 24 jam penuh. Sehingga Kamu bebas datang kapanpun Kamu mau, pagi, siang, malam bebas.

Salah satu hal menarik yang ada di Ranca Upas yang sayang untuk Kamu lewatkan adalah tempat penangkaran Rusa. Untuk masuk ke tempat penakaran rusa pun sangat tidak sulit dan tidak membutuhkan biaya mahal. Kamu hanya perlu membeli wortel saja seharga Rp10.000 untuk diberikan sebagai makanan rusa.

Saat Kamu sudah dekat dengan rusa, berikan saja wortel tersebut ke rusa dan tidak perlu takut karena mereka sudah benar jinak terhadap para turis yang datang. Awalnya, rusa yang ada di kawasan penangkaran Ranca Upas ini hanyalah 8 ekor saja di tahun 1980an. Hingga kini, jumlah rusa tersebut sudah semakin banyak bahkan hingga puluhan.

Semenjak tahun 2010, pengelola tempat wisata kemudian membolehkan para pengunjung untuk masuk ke kawasan penangkaran. Pengunjung diizinkan untuk berfoto dan memberi makan rusa yang ada.

Informasi Penyewaan Alat Camping

Perkemahan di Ranca Upas
Sumber: fanyanto.com

Apabila Kamu ingin berkemah, maka Kamu bisa memilih untuk membawa peralatan kemah sendiri ataupun menyewa peralatan kemah yang sudah disediakan pihak pengelola. Harga sewa peralatan kemah yang ada di Ranca Upas cukup terjangkau. Kamu bisa menyewa tenda dengan biaya mulai dari Rp150.000 saja untuk ukuran tenda yang cukup menampung sebanyak dua orang.

Sementara jika Kamu datang bersama keluarga besar atau rombongan, Kamu bisa menyewa satu tenda besar yang mampu menampung 10 orang. Biaya sewa tenda dengan ukuran besar ini dipatok hanya Rp350.000 saja. Sleeping bag juga disediakan oleh pihak pengelola dengan biaya Rp20.000 per malam. Ada pula matras atau sleeping pad yang disewakan dengan harga mulai dari Rp50.000.

Untuk menyewa peralatan kemah bisa dilakukan di pintu masuk loket. Kamu bisa sekaligus membayar tiket masuk dan juga menyewa peralatan yang dibutuhkan.

Fasilitas

Ranca Upas Bandung
Sumber: Google Maps @Salim Menchen

1. Toilet

Ranca Upas menyediakan fasilitas berupa toilet yang cukup memadai bagi para pengunjung. Kondisi toiletnya pun lumayan bersih dan juga tidak bau. Pengelola tempat wisata Ranca Upas benar – benar sangat memperhatikan kenyamanan para pengunjung yang berwisata ke tempat ini. Biaya toilet pun hanya Rp2.000 saja.

2. Warung Penjual Kayu Bakar

Ya, Kamu tidak perlu repot – repot mencari kayu bakar sendiri atau membawanya jauh – jauh dari rumah. Di Ranca Upas banyak warung yang menjual kayu bakar. Harga satu ikat kayu bakar pun tidak terlalu mahal. Kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp15.000 saja untuk satu ikat kayu bakar. Umumnya, Kamu hanya perlu membeli 3 ikat kayu bakar saja untuk semalaman.

3. Warung Penjual Makanan dan Minuman

Hal menarik dari warung yang ada di Ranca Upas adalah warung tersebut buka selama 24 jam penuh, terutama warung yang berada dekat dengan parkiran. Oleh karena itu, Kamu tidak perlu khawatir kehabisan logistik apapun selama berkemah. Kamu bisa membeli beragam minuman dan juga makanan yang dijual di warung – warung ini. Harga makanan dan minuman pun tidak terlalu mahal.

4. Tempat Bermain

bermain di Ranca Upas
Sumber: Instagram@ranca_upas

Banyak sekali wahana permainan yang tersedia di sekitar area Ranca Upas. Kamu bisa menikmati wahana permainan water ball, flying fox, shake stairs dan juga cargo net. Kamu juga bisa menikmati area outbond yang berada dekat dengan area penangkaran rusa. Jika ingin menikmati sensasi berenang di kolam air panas, Ranca Upas pun menyediakannya.

Harga sewa yang ditawarkan oleh pengelola kawasan wisata sangatlah terjangkau. Misalnya saja, biaya sewa untuk sepeda gunung sebesar Rp10.000 setiap jamnya. Biaya sewa buggle trampolin sebesar Rp15.000, menaiki jembatan goyang sebesar Rp15.000, berenang di dalam kolam air panas sebesar Rp15.000. Jika ingin mencoba flying fox, biayanya hanya Rp15.000 saja.

5. Mushola

Kamu yang beragam Islam tidak perlu bingung ketika ingin menunaikan ibadah sholat 5 waktu. Pasalnya, pengelola kawasan Bumi Perkemahan Ranca Upas sudah menyediakan mushola di dalam area wisata. Mushola yang tersedia juga sangat terawat dan nyaman.

Keindahan Ranca Upas

ranca upas
Sumber: Instagram@ranca_upas

Ada banyak hal yang bisa Kamu nikmati selama Kamu berada di Ranca Upas. Kamu bisa menikmati indahnya milky way di langit malam yang gelap bertabur bintang. Keluar saja dari tendamu pada pukul 1 dini hari dan Kamu bisa memandangi indahnya langit malam.

Tidak hanya keindahan langit malam saja yang bisa Kamu nikmati selama berkemah di Ranca Upas. Kamu bisa memandangi indahnya pemandangan sinar matahari pagi yang menembus kabut. Pemandangan sunrise di Ranca Upas yang sangat indah membuat tempat ini sering diburu oleh para fotografer di pagi hari.

Secara keseluruhan, berlibur di Ranca Upas menjadi pilihan berlibur terbaik untukmu dan keluarga. Berbagai lapisan usia dapat berkemah di area wisata ini. Pastikan Kamu segera merencanakan jadwal liburanmu ke Ranca Upas dan jangan lupa persiapkan peralatan yang dibutuhkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

20 Tempat Wisata di Jember yang Bisa Dikunjungi

Jember, sebuah kabupaten yang berada di ujung timur Provinsi Jawa Timur. Mungkin banyak di antara kamu yang belum pernah mendengar nama daerah ini. Tetapi...

Keindahan Camping di Ranca Upas

Bagi mereka yang menyukai wisata berkemah, Ranca Upas tentu menjadi tempat yang tidak boleh ketinggalan untuk dikunjungi. Bumi perkemahan yang sudah sangat terkenal ini...

12 Pantai di Pacitan yang Wajib Masuk Listmu

Siapa yang tidak mengenal daerah Pacitan yang terletak di provinsi Jawa Timur satu ini? Kabupaten dengan Kota yang juga dikenal sebagai 1001 Goa ini...

Keindahan & Informasi Wisata di Situ Patenggang

Bandung, salah satu wilayah terbesar yang terletak di Jawa Barat ini menyimpan sejuta potensi pariwisata. Oleh karena itu, tak heran jika banyak sekali warga...

12 Rekomendasi Gudeg Jogja Paling Dicari

Jika sedang berkunjung ke Jogja, hal apa yang pertama kali terlintas dipikiranmu? Keraton, Jalan Malioboro, Gunung Merapi, atau gudeg? Ya, gudeg adalah kuliner asli...