Home Jawa Timur 20 Tempat Wisata di Jember yang Bisa Dikunjungi

20 Tempat Wisata di Jember yang Bisa Dikunjungi

Jember, sebuah kabupaten yang berada di ujung timur Provinsi Jawa Timur. Mungkin banyak di antara kamu yang belum pernah mendengar nama daerah ini. Tetapi jangan salah, meskipun kerap kali dilihat sebelah mata, Jember tak kalah menawan dibandingkan kota-kota lainnya.

Jember memiliki deretan pilihan tempat wisata yang bisa kamu pertimbangkan untuk dikunjungi ketika berada di kabupaten yang hasil bumi utamanya berupa tembakau ini. Mulai dari wisata alam seperti pantai, air terjun, gunung, dan kebun teh. Sampai wisata buatan dan edukasi. Komplit!

Mau tau lebih lengkapnya? Simak ulasan berikut ini ya!

Pantai Payangan dan Teluk Love

Pantai Payangan di Kabupaten Jember
Sumber: Google maps @mas moy

Jember memang dikenal sebagai daerah yang kaya akan wisata pantai. Tak heran, karena pesisir selatan kabupaten ini berbatasan dengan Samudera Hindia.

Salah satu bukti keindahan panorama alam di Kabupaten Jember ini adalah Pantai Payangan. Wisata pantai ini merupakan salah satu yang paling terkenal di daerah Jember. Tak lengkap rasanya apabila kamu ke Jember tapi belum mengunjungi pantai yang indah dan murah meriah ini. Hanya dengan Rp. 5000 kamu sudah bisa memasuki pantai ini.

Di pantai ini, kamu bisa menikmati pemandangan menawan dari Teluk Love. Seperti namanya, teluk ini berbentuk hati. Pemandangan Teluk Love ini paling fantastis jika kamu saksikan dari ketinggian. Untuk menikmatinya, kamu bisa mendaki Bukit Suroyo yang terdapat di sisi timur Pantai Payangan. Kamu bisa cek lokasinya di sini ya!

Pantai Tanjung Papuma

Pantai Papuma di Kabupaten Jember
Sumber: Google maps @Mohammad Habibi

Pantai Tanjung Papuma yang berada 45 kilometer dari Kota Jember ini adalah objek wisata pantai yang juga menjadi primadona di Jember. Lokasi pantai ini cukup dekat dari Pantai Payangan. Jadi, kamu bisa sekalian mengunjungi keduanya apabila mampir ke Jember.

Dibandingkan dengan Payangan, Pantai Papuma lebih dikembangkan oleh pemerintah daerah. Sehingga, banyak fasilitas penunjang wisata yang bisa kamu temukan di sini. Ada perahu-perahu yang bisa mengantarmu mengelilingi lautan sekitar, pasar di sekitar pantai yang cukup ramai, penginapan, juga bermacam kuliner bisa kamu nikmati.

Nah, tiket masuknya lebih mahal daripada Pantai Payangan. Untuk weekdays, pengunjung harus membayar Rp. 15.000. Sedangkan weekend naik menjadi Rp. 17.500. Dan juga, parkir kendaraan roda dua Rp. 3000 dan roda empat Rp. 6000.

Penasaran? Cek lokasinya di link ini ya!

Pantai Watu Ulo

Pantai Watu Ulo di Kabupaten Jember
Sumber: Google maps @Bambang Priyo Cahyono

Pantai Watu Ulo juga terletak searah dengan Pantai Payangan dan Papuma. Apabila kemari, kamu akan melihat petunjuk arah yang bercabang, satu ke Pantai Payangan, dan lainnya ke Pantai Watu Ulo.

Dinamai Pantai Watu Ulo (dalam bahasa Indonesia berarti Pantai Batu Ular) karena pantai ini memiliki hamparan batuan hitam besar yang memanjang 110 meter dan lebar 4 meter mengarah ke lautan. Kontur batuannya yang seperti sisik membuat batu ini semakin mirip dengan sisik ular.

Untuk informasi lebih lanjut, klik link ini ya!

Pantai Nanggelan

Pantai Nanggelan di Jember
Sumber: Google maps @Devi PA

Pantai Nanggelan berada di dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri yang mencakup dua kabupaten sekaligus, yaitu Jember dan Banyuwangi. Tetapi, Pantai Nanggelan masih masuk wilayah Jember.

Pantai ini masih segaris dengan Pantai Watu Ulo dan Pantai Papuma. Tetapi, di sini kamu bakal lebih merasakan keasrian pantai yang belum dijamah pembangunan dan modernisasi. Oleh karena kealamiannya, kamu harus menempuh jarak yang cukup jauh. Juga cukup sulit daripada ke pantai yang lain.

Dari lokasi parkir, kamu masih harus berjalan sekitar 1 jam melewati hutan dan naik-turun bukit terjal nan berpasir. Tapi kamu pasti bisa melaluinya kok. Hanya butuh kesabaran. Uniknya, di pantai ini kamu bisa menemui hewan-hewan khas Taman Nasional. Sesampainya di pantai, kamu juga bisa melihat elang laut bertengger di pepohonan hutan. Tertarik ke sini? Cek lokasinya ya!

Pantai Paseban

Pantai Paseban di Kabupaten Jember
Sumber: Instagram @filla_twentyseven

Nama Pantai Paseban mungkin tidak sepopuler Pantai Tanjung Papuma, tetapi daya tariknya tak kalah luar biasa dengan pantai lainnya

Pantai ini berjarak 55 kilometer dari Kota Jember atau sekitar 1,5 – 2 jam perjalanan. Akses jalannya sudah baik, jadi kamu tak perlu khawatir jika hendak mengunjungi pantai ini. Cek lokasi Pantai Paseban di link ini ya!

Pantai Bandealit

Pantai Bandealit di Kabupaten Jember
Sumber: Instagram @pantai_bandealit

Pantai Bandealit juga berada di kawasan hutan lindung. Suasana pantainya tenang dengan ombak sedang membuatnya aman untuk menjadi tempat liburanmu bersama keluarga. Pantai yang dikelilingi hutan tropis ini sangat cocok dijadikan tempat untuk melakukan beach camp.

Pantai ini terletak 64 kilometer dari Kota Jember. Dan bisa kamu tempuh dengan kendaraan pribadi, akses jalannya memadai. Untuk tarif masuknya, kamu hanya perlu membayar Rp. 5000 saja. Tertarik? Cek lokasinya di sini ya!

Kebun Teh Gunung Gambir

Kebun Teh Gunung Gambir di Kabupaten Jember
Sumber: Google maps @Elis Wahyuni

Buat kamu yang suka kesegaran perkebunan di pegunungan, Kebun Teh Gunung Gambir di lereng Gunung Argopuro ini bisa menjadi pilihan. Tempat ini telah dikembangkan sedemikian rupa sehingga fasilitas untuk pengunjung telah disediakan.

Ada spot foto menarik di tengah kebun teh. Juga, jembatan yang menjadi sarana bagi pengunjung untuk berkeliling dan menikmati kesejukan kebun. Di sini juga ada areal perkemahan, home stay dan vila, jogging track serta lapangan tenis. Lengkap deh!

Tiket masuknya hanya Rp. 3000 per orang ditambah biaya parkir Rp. 2000 untuk roda dua dan Rp. 5000 untuk roda empat. Klik link ini untuk cek lokasinya ya!

Puncak SJ 88

Puncak SJ 88 di Kabupaten Jember
Sumber: Instagram @viieannabella

SJ 88 adalah nama sebuah bukit setinggi 880 mdpl. Terletak di Desa Sucopangepok, Kecamatan Jelbuk, Kabupaten Jember, bukit ini belum banyak diketahui oleh wisatawan.

Meski begitu, bukit ini dijuluki sebagai bukit di atas awan karena ketinggiannya. Nama SJ 88 sendiri diambil karena menunjukkan letak dan ketinggian si bukit. S merupakan singkatan untuk Desa Sucopangepok, dan J untuk Kecamatan Jelbuk. Sedangkan 88 adalah ketinggian 880 mdpl.

Untuk mengetahui lokasi SJ 88, klik link ini ya!

Tanoker Ledokombo

Wisata Edukasi Tanoker di Ledokombo Kabupaten Jember
Sumber: Google maps @Tanocraft Ledokombo

Tanoker merupakan sebuah kampung wisata di Kecamatan Ledokombo, Kabupaten Jember. Kampung Wisata Edukasi ini telah tersiar hingga kancah internasional. Di Kampung Wisata ini kamu bisa mengenang masa kecilmu dengan memainkan berbagai permainan tradisional masa kecil. Seperti, egrang yang menjadi daya tarik utama Tanoker.

Baca juga: Keindahan Puncak B29 di Lumajang

Tanoker selalu menggelar acara-acara setiap tahun. Festival, pekan raya atau sekedar lomba untuk anak-anak selalu diselenggarakan untuk terus mengembangkan kampung wisata ini. Pengunjungnya tak hanya dari Jember atau luar kota saja, tetapi juga dari turis mancanegara. Klik link ini untuk mengetahui lokasinya ya!

Pusat Penelitian Kopi dan Kakao

Pusat Penelitian Kopi dan Kakao di Kabupaten Jember
Sumber: Google maps @Fitrotul Insiyah

Pusat Penelitian atau Puslit Kopi dan Kakao merupakan warisan sejak zaman Belanda. Di sinilah kamu bisa mempelajari bagaimana buah Kakao diproses menjadi cokelat dan produk olahan lainnya. Juga kopi, biji kopi dari Indonesia telah terkenal kelezatannya di kancah dunia.

Uniknya, tugu air mancur yang menjadi landmark tempat ini sekilas seperti Universal Studio di Singapura. Bertuliskan Coffee and Cocoa Techno Park membuatnya semakin menarik dan estetik untuk berfoto.

Hanya dengan membayar Rp. 10.000 saja, kamu bisa mengelilingi kompleks Puslit Koka ini dengan kereta kayu. Menarik banget kan? Cek lokasinya di link ini ya!

Taman Botani Sukorambi

Taman Botani Sukorambi
Sumber: Google maps @bohlam pijar

Taman Botani Sukorambi adalah wisata edukasi yang menyenangkan untuk kamu dan keluarga. Di lokasi wisata ini, banyak sekali daya tarik yang ditawarkan.

Kamu bisa melihat kuda, merak, angsa, dan ayam bekantan, beberapa satwa yang tinggal di taman ini. Spot-spot lain yang dapat kamu nikmati di antaranya rumah pohon, tanaman hias dan ornamen payung.

Tak hanya itu, kamu juga bisa berenang di sini. Ada kolam anak-anak yang mengarah ke hamparan sawah, dan juga kolam khusus perempuan di tempat tertutup. Berbagai permainan outbond seperti flying fox bisa kamu temui di sini.

Dira Funtastic Night Kencong

Dira Funtastic Park
Sumber: Google maps @Rosi Ari

Dira Funtastic Night yang terletak di Kecamatan Kencong ini masih relatif baru. Sejak diresmikan oleh Bupati Jember pada November 2019 lalu, tempat wisata ini telah menarik perhatian banyak wisatawan.

Konsep wisata ini mengadaptasi miniatur kota khas Eropa. Ornamen bangunan-bangunannya persis seperti di Benua Biru. Bahkan, kamu bisa merasakan suasana Venesia dengan naik perahu dayung, di bawah jembatan sungai yang mengalir tenang.

Masih banyak hal menarik yang bisa kamu coba di sana. Segera cek lokasinya di sini ya!

Wisata Alam Simbat Glundengan

Wisata Simbat Glundengan Wuluhan Jember
Sumber: Instagram @inijember

Wisata Alam Simbat yang terletak di Kecamatan Wuluhan, Jember ini menawarkan keindahan alam dan spot-spot unik untuk berfoto. Di sini ada taman bunga, spot foto kekinian, juga Gunung Manggar yang bisa kamu daki.

Spot foto yang terbuat dari ranting pohon dengan latar pemandangan berupa pegunungan akan membuatmu ketagihan berfoto. Tertarik mengunjungi tempat ini? Cek lokasinya di sini ya!

Indian Camp

Indian Camp Jember
Sumber: Google maps @Rizkya Pradita Hernanda

Indian Camp adalah wisata alam khas Kampung Indian yang didesain sedemikian rupa di tengah Hutan Pinus. Kamu bisa menikmati sejuknya udara hutan pinus sambil berjalan-jalan di areal yang mirip perkampungan Suku Indian.

Untuk menambah sensasi khas Suku Indian, pihak pengelola juga menyediakan berbagai perlengkapan dan aksesoris seperti penutup kepala khas Suku Indian, busur, panah, dan kapak. Cek lokasinya di sini ya!

Kotok Forest Park

Kotok Forest Park
Sumber: Google maps @Hasti Utami

Seperti halnya Indian Camp, Kotok Forest Park juga merupakan wisata hutan pinus. Tetapi dengan desain yang agak berbeda. Tentu tanpa pernak-pernik Suku Indian. Sebagaimana wisata hutan, Kotok Forest Park didesain sebagai tempat nongkrong yang adem dengan berbagai fasilitas seperti gazebo, ayunan, dan berbagai spot foto yang instagramable. Langsung aja cek lokasinya di sini ya!

Puncak Rembangan

Puncak Rembangan
Sumber: Google maps @Aditya Zamrud Anggar Kasih

Puncak Rembangan adalah wisata dataran tinggi yang menawarkan berbagai fasilitas. Ada hotel, taman, kolam renang dengan pemandangan alam dari dataran tinggi, dan agrowisata. Satu lagi, kamu bisa minum susu sapi murni di kawasan puncak karena Rembangan dikenal sebagai daerah penghasil susu sapi.

Tiket masuknya hanya Rp. 7500 per orang. Kamu juga bisa mendirikan tenda untuk berkemah di puncak. Suhu di sini bisa sampai 14o C. Jadi, jangan coba-coba pakai pakaian tipis ya selama di sini. Cek lokasinya di link ini ya!

Galaxy Park and Mini Zoo

Taman Galaxy dan Mini Zoo
Sumber: Google maps @pokoke onoae

Galaxy Park merupakan wisata berbentuk taman yang dilengkapi dengan kebun binatang mini. Ada rusa, ular, kancil, kasuari, buaya, elang, burung hantu, merak, bangau dan beberapa jenis primata.

Taman dengan pepohonan rindang ini terletak di Kecamatan Tempurejo dan amat terkenal di sana. Taman ini menjadi wisata andalan bagi warga lokal yang hendak menikmati akhir pekan bersama keluarga. Lokasi tepatnya bisa kamu cek di sini.

Air Terjun Tancak Tulis

Air Terjun Tancak Tulis
Sumber: Instagram @alsmie_alias

Air Terjun Tancak Tulis yang terletak di Pegunungan Argopuro ini adalah air terjun tertinggi di antara air terjun lainnya di Kabupaten Jember. Saking tingginya tebing air terjun, ia disebut juga dengan air terjun yang turun dari langit.

Lokasinya yang cukup terpencil membuat air terjun ini jauh dari kebisingan kota. Juga pemandangan hijau dari hutan dan pegunungan menambah sejuknya suasana. Kamu bisa mengunjungi tempat ini di sini.

Meseum Tembakau

Museum Tembakau Jember
Sumber: Instragram @esjeindonesia

Jember sejak dulu sudah dikenal sebagai daerah penghasil tembakau yang cukup diminati. Maka keberadaan museum tembakau menjadi satu hal yang mutlak ada di kabupaten ini. Museum yang terletak 500 meter dari Universitas Jember ini memberikan banyak informasi mengenai tembakau.

Di museum ini terdapat lembaran daun tembakau yang dipajang dengan lampu kuning. Bagi kamu yang suka sejarah, kamu juga bisa menyewa pemandu untuk menjelaskan lebih detail mengenai sejarah tembakau. Tertarik? Di sini lokasinya ya.

Tiara Jember Park Waterboom

Tiara Jember Park Waterboom
Sumber: Google maps @Extreeda Januarico

Tiara Jember Park Waterboom adalah wisata air di tengah Kota Jember yang dilengkapi dengan berbagai wahana air yang seru. Jember memiliki banyak kolam renang yang asik, tapi sebagian besar terletak agak jauh dari kota.

Maka, Kolam Renang Tiara Jember Park ini bisa menjadi pilihan utama karena lokasinya strategis. Tiket masuknya sebesar Rp. 25.000 per orang, ditambah dengan biaya parkir sebesar dua sampai lima ribu rupiah. Untuk informasi lebih lanjut, klik link ini ya.

Baca juga: Pantai di Pacitan yang Wajib Masuk Listmu

Nah, gimana? Jember punya banyak sekali pilihan wisata bukan? Segera kunjungi tempat wisata yang menarik perhatianmu ya!

Tiars
Seorang mahasiswi rumpun humaniora di salah satu perguruan tinggi negeri di Jawa Timur. Juga seorang content writer yang gemar menulis topik wisata, pendidikan, dan kesetaraan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

20 Tempat Wisata di Jember yang Bisa Dikunjungi

Jember, sebuah kabupaten yang berada di ujung timur Provinsi Jawa Timur. Mungkin banyak di antara kamu yang belum pernah mendengar nama daerah ini. Tetapi...

Keindahan Camping di Ranca Upas

Bagi mereka yang menyukai wisata berkemah, Ranca Upas tentu menjadi tempat yang tidak boleh ketinggalan untuk dikunjungi. Bumi perkemahan yang sudah sangat terkenal ini...

12 Pantai di Pacitan yang Wajib Masuk Listmu

Siapa yang tidak mengenal daerah Pacitan yang terletak di provinsi Jawa Timur satu ini? Kabupaten dengan Kota yang juga dikenal sebagai 1001 Goa ini...

Keindahan & Informasi Wisata di Situ Patenggang

Bandung, salah satu wilayah terbesar yang terletak di Jawa Barat ini menyimpan sejuta potensi pariwisata. Oleh karena itu, tak heran jika banyak sekali warga...

12 Rekomendasi Gudeg Jogja Paling Dicari

Jika sedang berkunjung ke Jogja, hal apa yang pertama kali terlintas dipikiranmu? Keraton, Jalan Malioboro, Gunung Merapi, atau gudeg? Ya, gudeg adalah kuliner asli...