Home Jawa Timur 12 Pantai di Pacitan yang Wajib Masuk Listmu

12 Pantai di Pacitan yang Wajib Masuk Listmu

Siapa yang tidak mengenal daerah Pacitan yang terletak di provinsi Jawa Timur satu ini? Kabupaten dengan Kota yang juga dikenal sebagai 1001 Goa ini menghadirkan berbagai keindahan alam yang layak untuk Kamu jadikan opsi tempat wisata. Ada banyak pantai yang terkenal di wilayah ini, salah satunya adalah Pantai Klayar.

Selain Pantai Klayar, Pacitan ternyata juga memiliki belasan pantai lainnya yang wajib untuk Kamu kunjungi. Pantai Srau, Pantai Kunir, Pantai Banyu Tibo hanyalah segelintir pantai yang ada di Pacitan. Penasaran dengan pantai indah lainnya? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

1. Pantai Klayar

pantai klayar
Sumber: Google Maps @Firhan Septian

Pantai Klayar berlokasi sekitar 45 km saja dari pusat Kota Pacitan tepatnya di Desa Kalak, Kecamatan Donorojo. Satu – satunya keunikan dari Pantai Klayar adalah keberadaan seruling laut yang tidak bisa ditemukan di tempat lainnya. Seruling laut ini sendiri sebenarnya merupakan batu karang berukuran besar dengan celah yang membuatnya dapat menghasilkan bunyi seperti siulan.

Tidak hanya seruling laut, namun Pantai Klayar juga memiliki karang raksasa dengan bentuk seperti Sphinx. Tiket masuk Pantai Klayar adalah sebesar Rp5.000 di hari kerja sementara pada akhir pekan tiket masuknya sebesar Rp7.000. Kamu tertarik untuk berkunjung ke Pantai Klayar? Cek lokasi lebih lengkapnya di sini

2. Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong
Sumber: Google Maps @Nor Khakim

Pantai Karang Bolong berlokasi di daerah Sendang, Pacitan bersebelahan dengan Pantai Klayar. Lokasinya yang ada di sisi barat Pantai Klayar membuat Kamu bisa langsung berkunjung setelah dari Pantai Klayar.

Tiket masuk ke Pantai Karang Bolong menjadi satu dengan tiket masuk ke Pantai Klayar. Hembusan angin yang ada di pantai ini cukup kencang karena lokasinya yang ada di perbukitan. Pantai Karang Bolong buka 24 jam seminggu penuh sehingga Kamu bebas berkunjung kapanpun. Untuk lokasi lebih lengkapnya ada di sini.

3. Pantai Banyu Tibo

Pantai banyu tibo
Sumber: Google Maps @Muhammad Khuwarizmy

Kapan lagi bisa berwisata ke pantai sekaligus menikmati aliran air mengalir dari ketinggian? Pantai Banyu Tibo menawarkan Kamu paket lengkap area pantai dengan pantai pasir putihnya yang indah sekaligus air terjun di dekatnya. Nama Banyu Tibo sendiri berasal dari kata banyu yang artinya air dan tibo yang artinya jatuh.

Sehingga, Banyu Tibo memang dinamai karena keberadaan air terjun yang mengarah langsung ke wilayah pantai. Untuk masuk kawasan pantai cukup sediakan uang Rp5.000 saja. Sementara tiket parkir mulai dari Rp2.000 untuk kendaraan bermotor. Untuk lokasi lebih lengkapnya ada di sini.

4. Pantai Kasap

pantai kasap
Sumber: Google Maps @Danu Setiawan

Pantai Kasap berlokasi di daerah Gumuharjo, Pringkuku, Pacitan. Kamu dapat berkunjung ke Pantai Kasap kapanpun karena dibuka 24 jam penuh. Di pantai ini tersedia fasilitas perahu yang bisa digunakan untuk menyusuri sungai hingga ke laut dengan biaya hanya Rp20.000 per orang. Apabila Kamu ingin mendapatkan pemandangan lebih bagus lagi maka Kamu harus naik ke atas dengan biaya Rp3.000.

Kamu yang berniat untuk berkemah juga bisa di Pantai Kasap dengan biaya parkir inap motor Rp5.000. Biaya parkir motor hanya Rp2.000 saja sementara untuk mobil Rp10.000. Sementara untuk tiket masuknya sendiri hanya Rp5.000 saja bisa untuk seharian penuh. Segerakan jadwal kunjungan Kamu ke Pantai Kasap yang berlokasi di sini.

5. Pantai Kunir

Pantai Kunir
Sumber: Google Maps @Josh F Levante

Pantai Kunir berada di Kecamatan Sudimoro, Desa Pager Kidul. Kekurangan Pantai Kunir hanyalah akses jalan ke lokasi pantai yang sedikit menantang. Ombak di Pantai Kunir berukuran sedang dengan hamparan pasir berwarna putih.

Jika Kamu ingin menikmati keindahan pantai seorang diri, maka Pantai Kunir adalah pilihan terbaik karena masih cukup sepi. Tertarik untuk menghabiskan akhir pekan di Pantai Kunir? Cek lokasinya di sini.

6. Pantai Ngiroboyo

Pantai Ngiroboyo
Sumber: Google Maps @Sodron Ganteng

Pantai Ngiroboyo berlokasi di daerah Kalak, Pacitan. Keunikan dari Pantai Ngiroboyo adalah Kamu bisa melihat secara langsung muara tempat pertemuan laut dan sungai di sini.

Meski jalanan menuju ke Pantai Ngiroboyo sudah mudah, namun turunannya sedikit curam sehingga Kamu harus ekstra hati – hati jika datang ketika setelah hujan. Tertarik untuk segera menginjakkan kakimu di Pantai Ngiroboyo? Cek lokasi lengkapnya di sini.

7. Pantai Segara Anakan

pantai segara anakan
Sumber: ratjoen.in

Pantai Segara Anakan berlokasi di Kabupaten Ngadirojo, lebih tepatnya di dusun Tawang Wetan yang ada di desa Sidomulyo. Pantai Segara Anakan dikenal oleh masyarakat setempat sebagai tempat pelelangan ikan. Pantai ini sebenarnya merupakan sebuah teluk yang memiliki hamparan pasir putih yang indah. Jika Kamu ingin berwisata makanan laut, maka Pantai Segara Anakan adalah tempat yang tepat. Cek lokasi lengkapnya di sini.

8. Pantai Pikatan

pantai pikatan
Sumber: Instagram @jarambahnusantara

Pantai Pikatan dikenal sebagai pantai tersembunyi di daerah Pacitan yang memang belum banyak dikunjungi. Pantai ini memiliki sebuah kapal tanker karam berukuran besar di dekat pinggiran pantai. Kapal tanker ini sendiri karam belum lama, yakni sekitar tahun 2015. Pantai Pikatan berlokasi di Desa Kalipelus, Kebonagung, Pacitan.

9. Pantai Buyutan

pantai buyutan
Sumber: Instagram @dwiki_track

Keindahan Pantai Buyutan terutama terletak pada lanskap langit biru yang menghiasi pantai pasir putih di bawahnya. Pantai ini terletak di kecamatan Donorojo yang berada di sisi paling barat daerah Pacitan. Untuk masuk kawasan pantai cukup sediakan uang Rp2.000 sampai Rp3.000 saja. Pantai ini buka 24 jam sehingga Kamu bebas berkunjung kapanpun.

Hal unik utama yang bisa Kamu dapatkan hanya di Pantai Buyutan adalah keberadaan batu dengan bentuk serupa mahkota seorang dewa. Ada sebuah mitos yang mengatakan bahwa batu tersebut merupakan mahkota dari Dewa Narada yang tidak sengaja jatuh ke permukaan bumi.

10. Pantai Taman

Pantai Taman
Sumber: Instagram @kitapacitan

Pantai yang berlokasi di daerah Hadiwarno, Ngadirojo, Pacitan ini buka selama 24 jam penuh seminggu. Ada banyak fasilitas yang tersedia di Pantai Taman seperti penangkaran penyu, flying fox dan juga kolam renang yang ada di sisi pantai. Berbagai penyu ditangkarkan di Pantai Taman seperti penyu sisik, penyu hijau, penyu belimbing dan penyu abu – abu.

Pantai Taman berdekatan dengan Pantai Soge sehingga Kamu bisa sekalian berkunjung ke sana. Jika Kamu tertarik untuk mengunjungi Pantai Taman, lokasi lebih lengkapnya bisa dicek di sini.

11. Pantai Srau

Pantai Srau
Sumber: Instagram @indraiswanto84

Pantai Srau terletak di wilayah Candi Pringkuku, Kabupaten Pacitan. Kamu bisa menikmati keindahan pasir putihnya yang membentang di sisi selatan, barat dan timur pantai. Pantai ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat santai melepas penat karena ada banyak gazebo berlapis cat putih yang berjejer rapi di sepanjang pantai.

Pantai Srau juga menyediakan area khusus untuk berkemah. Pantai ini berdekatan dengan Pantai Klayar dan Pantai Watu Karung. Biaya parkir motor hanya Rp5.000 saja sementara untuk tiket masuk sebesar Rp5.000 per orang. Jika Kamu tertarik untuk mengunjungi Pantai Srau, cek lokasinya di sini.

12. Pantai Seruni

Pantai Seruni
Sumber: Google Maps @RK_PRODUCTION

Untuk mengakses Pantai Seruni yang ada di Donorojo, Pacitan masih terbilang cukup sulit. Oleh karena itu, jumlah pengunjung pantai masih sedikit. Meski masih sepi, namun keindahan alam yang ditawarkan tidak kalah dibandingkan pantai lainnya. Biaya tiket masuk Pantai Seruni adalah Rp10.000 per orang sementara biaya parkir hanya Rp2.000. Lokasi pantai ini bisa Kamu lihat di sini.

Gimana, tertarik untuk mengunjungi pantai – pantai menawan di atas? Segera rencanakan perjalanan Kamu ke Pacitan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

20 Tempat Wisata di Jember yang Bisa Dikunjungi

Jember, sebuah kabupaten yang berada di ujung timur Provinsi Jawa Timur. Mungkin banyak di antara kamu yang belum pernah mendengar nama daerah ini. Tetapi...

Keindahan Camping di Ranca Upas

Bagi mereka yang menyukai wisata berkemah, Ranca Upas tentu menjadi tempat yang tidak boleh ketinggalan untuk dikunjungi. Bumi perkemahan yang sudah sangat terkenal ini...

12 Pantai di Pacitan yang Wajib Masuk Listmu

Siapa yang tidak mengenal daerah Pacitan yang terletak di provinsi Jawa Timur satu ini? Kabupaten dengan Kota yang juga dikenal sebagai 1001 Goa ini...

Keindahan & Informasi Wisata di Situ Patenggang

Bandung, salah satu wilayah terbesar yang terletak di Jawa Barat ini menyimpan sejuta potensi pariwisata. Oleh karena itu, tak heran jika banyak sekali warga...

12 Rekomendasi Gudeg Jogja Paling Dicari

Jika sedang berkunjung ke Jogja, hal apa yang pertama kali terlintas dipikiranmu? Keraton, Jalan Malioboro, Gunung Merapi, atau gudeg? Ya, gudeg adalah kuliner asli...