Home Jawa Barat 10 Tempat Wisata di Bandung Selatan

10 Tempat Wisata di Bandung Selatan

Berbeda dengan area pusat kotanya yang dijejali mall dan cafe modern, daerah Bandung Selatan memiliki daftar wisata alam yang Instagramable. Berada di elevasi yang cukup tinggi, kita akan menemui pemandian air panas, kebun teh, dan kawah khas Bandung Selatan.

Jika berkesempatan mengunjungi Bandung bersama teman dan keluarga, silakan kunjungi rekomendasi 10 tempat wisata di Bandung Selatan berikut ini.

1. Kawah Putih

Kawasan Kawah Putih berisikan kawah vulkanik dengan tanah berwarna putih karena kandungan belerang di bawahnya. Kawah Putih juga memiliki air berwarna putih kehijauan, namun warnanya selalu berubah bergantung pada komposisi belerang.

Kawah Putih sering menjadi tujuan orang untuk mencari foto, baik untuk pribadi, media sosial, sampai lokasi pre-wedding. Untuk ukuran destinasi wisata populer, tiket masuk Kawah Putih masih tergolong murah, yaitu Rp25.000/orang untuk wisatawan lokal.

Kawah Putih
Sumber: kepogaul.com

2. Situ Patenggang

Kawasan Situ Patenggang menawarkan pemandangan danau indah yang rasanya sayang untuk tidak masuk ke feed Instagram kita. Jika masih kurang, kita juga bisa menyewa perahu untuk melihat danau lebih dekat.

Situ Patenggang juga memiliki batu cinta dan Pulau Asmara yang diyakini bisa melanggengkan hubungan pasangan yang berkunjung ke sana. Sembari menikmati hawa dingin, kita bisa memancing ikan, menikmati perkebunan teh, atau sekedar makan di restoran sekitar.

Situ Patenggang
Sumber: urbanradiobandung.com

3. Kawah Rengganis

Selain Kawah Putih, daerah Bandung Selatan juga memiliki destinasi wisata Kawah Rengganis Ciwidey yang tidak kalah bagus. Kawah Rengganis memiliki pemandian air panas yang mengandung belerang dan dipercaya bisa menyembuhkan penyakit. Tidak jarang pengunjung juga mengoleskan lumpur ke badan karena alasan ini.

Hanya berjarak 15 menit dari Situ Patenggang, Kawah Rengganis begitu fotogentik karena dikelilingi hamparan hijau perkebunan teh.

Kawah Rengganis
Sumber: travelingyuk.com

4. Perkebunan Teh Rancabali

Perkebunan teh Rancabali menawarkan pemandangan hamparan hijau khas kebun teh yang berbukit dan berkelok-kelok. Destinasi wisata ini cukup mudah dikunjungi. Pengunjung hanya tinggal menepikan kendaraannya di tepi jalan, dan kebun teh bisa dinikmati tanpa karcis masuk.

Tanpa ada jam buka tutup, kebun teh Rancabali bisa dikunjungi setiap waktu.

Perkebunan Teh Rancabali
Sumber: travelspromo.com

5. Pemandian Air Panas Cimanggu

Terletak di daerah pegunungan, Bandung memang terkenal akan wisata pemandian air panasnya, tidak terkecuali di daerah selatan. Destinasi wisata ini cocok untuk dilakukan sambil menikmati hawa sejuk Bandung.

Bukan hanya itu, Pemandian Air Panas Cimanggu juga memiliki beragam fasilitas bermain yang semakin memanjakan turis, mulai dari kayak, flying fox, sampai penyewaan kuda. Infrastruktur penunjang pun juga sudah lengkap, seperti panduan wisata, kamar mandi umum, warung makan, dan cottage untuk menginap.

Pemandian Air Panas Cimanggu
Sumber: dirgantaracarrental.com

6. Bumi Perkemahan Ranca Upas

Bagi penggemar wisata camping, Bandung Selatan memiliki Bumi Perkemahan Ranca Upas yang sangat memanjakan pecinta alam. Tempat ini kerap digunakan untuk perkumpulan jambore siswa, pelajar, komunitas pecinta alam, sampai mereka yang ingin sekedar camping bersama keluarga.

Jangan takut jika tidak memiliki tenda. Kita bisa menyewa tenda dengan harga yang bervariasi tergantung kapasitas muatannya. Selain itu, Ranca Upas juga memiliki banyak fasilitas, seperti tempat penangkaran rusa, pemandian air panas, dan outbound.

Bumi Perkemahan Ranca Upas
Sumber: tfamanasek.com

7. Barusen Hills

Barusen Hills berisikan kolam renang dan taman bunga yang memiliki banyak spot fotogenik, seperti miniatur kincir angin, taman berbentuk hati, waterboom, dan Danau Barusen. Coba bayangkan kita berada di taman bunga dengan latar belakang pegunungan hijau yang sejuk di mata.

Destinasi wisata ini cocok untuk rekreasi keluarga, mengingat areanya yang luas akan memanjakan anak-anak yang senang berlarian. Meski terkenal, harga tiket masuk Barusen Hills masih cukup terjangkau bagi banyak kalangan.

Barusen Hills
Sumber: balitravelingstory.wordpress.com

8. Bukit Jamur Rancabolang

Masih berada di kawasan Ciwidey, Bukit Jamur Rancabolang bukanlah tempat yang berisikan jamur, melainkan area perbukitan yang banyak ditanami pohon cemara kerdil yang bentuknya menyerupai jamur payung.

Spot foto yang bisa diambil di tempat cukup beragam, mulai dari gerombolan pohon cemara sampai bangunan klasik Belanda yang ada di sana.

Bukit Jamur Rancabolang
Sumber: pegipegi.com

9. Kebun Strawberry Ciwidey

Berada di kawasan sejuk, tidak heran Ciwidey memiliki kebun strawberry yang ramai dikunjungi wisawatan. Di kebun ini, kita bisa memetik sendiri strawberry lalu membayar sesuai timbangan. Harga yang dipatok sekitar Rp35.000 – Rp50.000 per kilonya.

Tempat ini direkomendasikan untuk dikunjungi saat musim kemarau, karena kualitas rasa strawberry akan menurun saat musim penghujan. Setelah puas memetik strawberry, jangan lupa untuk foto-foto dengan latar belakang hijau yang sejuk di mata.

Kebun Strawberry Ciwidey
Sumber: tfamanasek.com

10. Taman Kelinci Ciwidey

Taman Kelinci Ciwidey adalah destinasi wisata edukatif yang cocok untuk anak, dimana mereka bisa berinteraksi dengan kelinci lucu dan jinak. Taman ini memiliki 100 jenis kelinci, baik ras lokal maupun impor.

Taman ini sudah didukung dengan fasilitas yang memadai, seperti tempat parkir luas dan musholla. Pengunjung juga bisa membeli kelinci untuk dipelihara di rumah.

Taman Kelinci Ciwidey
Sumber: rayadventure.com

Jadi itulah 10 tempat wisata di daerah Bandung Selatan. Hawa Bandung yang dingin ikut mempengaruhi ciri khas tempat wisata alamnya, seperti pemandian air panas, kebun teh, kebun strawberry, sampai tempat berkemah.

Jika sedang liburan ke Bandung, jangan lupa berwisata alam ke Bandung Selatan untuk melepas penat pekerjaan. Happy travelling!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

20 Tempat Wisata di Jember yang Bisa Dikunjungi

Jember, sebuah kabupaten yang berada di ujung timur Provinsi Jawa Timur. Mungkin banyak di antara kamu yang belum pernah mendengar nama daerah ini. Tetapi...

Keindahan Camping di Ranca Upas

Bagi mereka yang menyukai wisata berkemah, Ranca Upas tentu menjadi tempat yang tidak boleh ketinggalan untuk dikunjungi. Bumi perkemahan yang sudah sangat terkenal ini...

12 Pantai di Pacitan yang Wajib Masuk Listmu

Siapa yang tidak mengenal daerah Pacitan yang terletak di provinsi Jawa Timur satu ini? Kabupaten dengan Kota yang juga dikenal sebagai 1001 Goa ini...

Keindahan & Informasi Wisata di Situ Patenggang

Bandung, salah satu wilayah terbesar yang terletak di Jawa Barat ini menyimpan sejuta potensi pariwisata. Oleh karena itu, tak heran jika banyak sekali warga...

12 Rekomendasi Gudeg Jogja Paling Dicari

Jika sedang berkunjung ke Jogja, hal apa yang pertama kali terlintas dipikiranmu? Keraton, Jalan Malioboro, Gunung Merapi, atau gudeg? Ya, gudeg adalah kuliner asli...