Home Bangka Belitung 14 Tempat Wisata di Belitung yang Menarik Untuk Dikunjungi

14 Tempat Wisata di Belitung yang Menarik Untuk Dikunjungi

Tempat wisata di Belitung rupanya cukup menarik untuk dikunjungi. Belitung dulu bisa dibilang sebuah tempat yang punya destinasi wisata indah namun tersembunyi. Namun setelah kemunculan Film Indonesia berjudul Laskar Pelangi, potensi wisata di Belitung mulai terangkat dan dikenal oleh lebih banyak masyarakat Indonesia bahkan hingga mancanegara. Dengan begitu, Belitung kini lebih banyak dikunjungi wisatawan yang penasaran dengan keindahan Belitung.

Belitung atau juga dikenal dengan Belitong merupakan sebuah pulau di lepas pantai timur Sumatera dan diapit oleh dua selat yakni Selat Karimata dan Selat Gaspar. Pulau Belitung memiliki banyak lokasi-lokasi cantik yang sayang sekali untuk dilewatkan. Mulai dari pantai-pantainya yang menawan hingga perbukitan dan tempat bersejarah yang punya histori yang menarik. Selain itu berbagai tempat-tempat yang muncul di Laskar Pelangi juga menjadi destinasi wisata yang kini digemari di Belitung.

Nah, untuk kalian yang penasaran dengan tempat wisata di Belitung, inilah 15 tempat wisata di Belitung yang menarik untuk dikunjungi.

1. Pantai Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung Kelayang
Sumber: Pertamag.blogspot

Pantai yang satu ini menjadi tempat wisata primadona di Pulau Belitung. Perairannya yang berwarna biru Kristal dengan bebatuan halus yang membuat pemandangan Pantai Tanjung Kalayang ini sangat cantik. Hal yang khas dari pantai yang satu ini ialah Batu Kalayang yang menjadi mascot dari Sail Wakatobi-Belitung 2011. Indah sekalikan pantai yang satu ini? Cek lokasinya di sini.

2. Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas
Sumber: Google Maps int_JK

Pulau Lengkuas ini merupakan salah satu pulau di Provinsi Bangka Belitung. Letaknya di sebelah utara Pantau Tanjung Kelayang. Pulau ini punya daya tarik wisata yang menarik seperti bebatuan besar khas pantai-pantai di Belitung hingga ada mercusuar tua bekas peninggalan Belanda yang masih berdiri kokoh di Pulau Lengkuas ini. Pulau Lengkuas ini juga dikelilingi dengan perairan yang sangat jernih sehingga daya tarik wisatanya mampu membuat wisatawan betah berada di Pulau yang tenang ini. Yuk cek lokasinya di sini.

3. Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi
Sumber: Instagram @theresiatristanti

Ada lagi, nih pantai yang keren di Belitung dan mirip seperti Pantai Tanjung Kelayang yang punya bebatuan besar halus yang membuat pantai ini nampak begitu memesona. Pemandangan bebatuan yang membaur dengan perairan jernih Belitung menjadikan tempat yang satu ini juga jadi primadona wisatawan yang mengunjungi Pulau Bangka Belitung. Fasilitas di sekitaran pantai juga sudah lengkap seperti depot, toilet, hingga ada hotel dan penginapan. Mari cek lokasinya di sini.

4. Pulau Burung Batu Garuda

Pulau Burung Batu Garuda
Sumber: joss.co.id

Pulau Burung Batu Garuda ini berada di tempat yang sama dengan Pantai Tanjung Kelayang. Di Pulau ini, seperti namanya, terdapat tumpukan batu granit yang mirip dengan bentuk Burung Garuda. Karena itulah dijadikan sebagai nama tempat Pulau Burung Batu Garuda. Pulau ini juga punya panorama dan daya tarik wisata yang menawan dan sulit ditemukan bila tidak di Belitung. Cek lokasinya di sini, ya.

5. Dermaga Kirana

Dermaga Kirana
Sumber: Google Maps Vincent Marcell

Ada juga, nih tempat unik dari Dermaga Kirana yakni bentuk-bentuk gazebonya yang menyerupai Rumah Keong yang terbuat dari rotan. Tempat ini biasa dijadikan dermaga wisata kano atau perahu kecil yang ingin menyusuri perairan Belitung sambil bersantai. Dermaga Kirana juga menarik perhatian karena cukup intagramable untuk dijadikan spot berfoto di Belitung. Yuk cek lokasinya di sini.

6. Pulau Batu Berlayar

Pulau Batu Berlayar
Sumber: bobobox.co.id

Pulau yang satu ini lokasinya berdekatan dengan Pulau Lengkuas. Selain bisa menikmati indahnya bebatuan granit yang besar, wisatawan juga dapat snorkelling dan berenang di perairannya karena terumbu karang dan ikan-ikan di tempat ini sangat cantik. Dengan suasana pulau yang tenang dan view yang menyegarkan mambuat Pulau Batu Berlayar wajib dikunjungi ketika berkunjung ke Belitung. Cek lokasinya di sini.

7. SD Laskar Pelangi

Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi
Sumber: Google Maps Sr Adelia

Siapa, sih yang tidak kenal dengan film legendaris adaptasi dari novel berjudul Laskar Pelangi? Salah satu latar tempat yang ada di film itu merupakan sebuah sekolah dasar di Belitung yang mengkisahkan kehidupan anak-anak di Belitung. Karena popularitasnya, sekolah dasar tersebut jadi dikenal dengan naman SD Laskar Pelangi. Para wisatawan yang mampir ke Belitung biasanya juga penasaran dengan SD Laskar Pelangi yang penuh cerita. Cek lokasinya di sini.

8. Pantai Penyabong

Pantai Penyabong
Sumber: momdadi.com

Dari Pantai Penyabong ini, kita bisa menikmati cantiknya pemandangan pulau-pulau yang berada di tengah laut. Salah satu pulau yang bisa dilihat dari Pantai Penyabong ini ialah Pulau Belatuk yang memanjang di tengah laut dan dikelilingi oleh pepohonan hijau. Wisatawan juga lagi-lagi bisa menemukan bebatuan granit namun dengan ukuran yang lebih kecil di Pantai ini. Menikmati pantai dari atas batu granit nampaknya jadi aktivitas menarik di tempat ini. Cek lokasinya di sini.

9. Pulau Pasir Belitung

Pulau Pasir Belitung
Sumber: belitunginfo.com

Tempat wisata di Belitung yang satu ini nggak bisa selalu dilihat, lho. Pulau Pasir Belitung atau sering dikenal dengan Pulau Gusong ini hanya bisa dilihat ketika air laut sedang surut. Ketika air laut sedang pasang, pulau tersebut akan tidak terlihat sama sekali. Pulau Pasir Belitung ini merupakan pulau pasir biasa yang dikelilingi dengan pantai yang indah. Meskipun begitu, pulau yang satu ini sangat sayang sekali jika tidak dikunjungi ketika waktu yang tepat yakni musim kemarau. Cek lokasinya di sini.

10. Pantai Serdang

Pantai Serdang
Sumber: Google Maps Silviana Sugiyanto

Pantai Serdang di Belitung ini juga nggak kalah menarik untuk dijadikan destinasi wisata. Pantai berpasir putih di kawasan Belitung Timur ini juga punya daya tarik wisata yang sama kerennya dengan pantai-pantai lain di kawasan Belitung. Wisatawan bisa menikmati semilir angin dan segarnya air di Pantai Serdang. Serta di pesisir pantai ini juga banyak ditemukan perahu katir berwarna-warni. Cek lokasinya di sini.

11. Danau Kaolin

Sumber: Instagram @esterinaputri

Tempat yang satu ini tidak kalah cantik dengan danau-danau di luar negeri. Warnanya biru jernih dengan daratan putih disekelilingnya menjadikan perpaduan pemandangan alam yang menakjubkan. Danau Kaolin ini merupakan danau yang terbentuk karena bekas tambang. Kandungan mineral yang banyak mengandung aluminium silikat ini membuat Danau Kaolin punya daya tarik wisata yang digemari wisatawan. Cek lokasinya di sini.

12. Kampung Ahok

 

Kampoeng Ahok
Sumber: Google Maps Steve Widjojo

Kampung ini dibangun karena menjadi tempat asal Basuki Tjahaya Purnama atau lebih dikenal sebagai Ahok, seorang politisi dan mantan Gubernur DKI Jakarta yang sempat terkenal karena ketegasannya. Kampung yang dulunya tempat tinggal masa kecil Pak Ahok kini dibangun menjadi kompleks wisata dengan beragam fasilitas yang menarik seperti rumah panggung dengan ornament unik, toko souvenir, belajar membatik, dan masih banyak lagi. Cek lokasi Kampung Ahok di sini.

13. Bukit Peramun

Bukit Peramun
Sumber: Google Maps Titis Setya W.

Tempat yang satu ini bisa jadi tempat yang tepat untuk kalian yang ingin melihat pemandangan alam dari ketinggian. Pemandangan dari ketinggian 130 meter di atas permukaan laut yang disuguhkan dari Bukit Peramun ini antara lain hutan lindung yang terhampar luas hingga cantiknya sunset di sore hari yang membuat siapa saja betah berada di sini. Cek lokasinya di sini.

14. Museum Kata Andre Hirata

Museum Kata Andrea Hirata
Sumber: Google Maps Supri Yatno

Siapa yang tidak tahu Andrea Hirata? Penulis legendaris asal Indonesia yang karyanya dikenal hingga berbagai negara, Laskar Pelangi. Di Belitung terdapat Museum Kata Andre Hirata yang menjadi daya tarik wisata yang terkenal di kawasan Belitung. Tempat yang satu ini banyak ornament hiasan quotes-quotes inspirasi dari Andre Hirata dan ruang baca yang nyaman untuk digunakan. Cek lokasinya di sini.

Nah, itulah 14 tempat wisata keren dan menarik di Belitung. Tertarik mengunjungi salah satu destinasi di atas?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

20 Tempat Wisata di Jember yang Bisa Dikunjungi

Jember, sebuah kabupaten yang berada di ujung timur Provinsi Jawa Timur. Mungkin banyak di antara kamu yang belum pernah mendengar nama daerah ini. Tetapi...

Keindahan Camping di Ranca Upas

Bagi mereka yang menyukai wisata berkemah, Ranca Upas tentu menjadi tempat yang tidak boleh ketinggalan untuk dikunjungi. Bumi perkemahan yang sudah sangat terkenal ini...

12 Pantai di Pacitan yang Wajib Masuk Listmu

Siapa yang tidak mengenal daerah Pacitan yang terletak di provinsi Jawa Timur satu ini? Kabupaten dengan Kota yang juga dikenal sebagai 1001 Goa ini...

Keindahan & Informasi Wisata di Situ Patenggang

Bandung, salah satu wilayah terbesar yang terletak di Jawa Barat ini menyimpan sejuta potensi pariwisata. Oleh karena itu, tak heran jika banyak sekali warga...

12 Rekomendasi Gudeg Jogja Paling Dicari

Jika sedang berkunjung ke Jogja, hal apa yang pertama kali terlintas dipikiranmu? Keraton, Jalan Malioboro, Gunung Merapi, atau gudeg? Ya, gudeg adalah kuliner asli...