Home Kepulauan Riau 12 Rekomendasi Tempat Wisata di Bintan yang paling populer

12 Rekomendasi Tempat Wisata di Bintan yang paling populer

Tempat wisata di Bintan rupanya cukup banyak dan punya keindahan yang memukau. Bintan sendiri merupakan sebuah pulau di Indonesia yang pastinya dikelilingi perairan yang cantik pula. Meskipun lokasinya yang cukup jauh dari Pulau Jawa, namun hal tersebut tetap membuat cukup banyak wisatawan dalam negri maupun mancanegara yang ingin melihat daya tarik wisata Pulau Bintan yang terkenal.

Pulau Bintan adalah pulau yang berada di Provinsi Kepulauan Riau yang mana ibu kota provinsi Kepulauan Riau juga ada di Pulau Bintan ini yakni Kota Tanjung pinang. Bintan sendiri menjadi pulau terbesar di Kepulauan Riau. Pulau Bintan cukup strategis karena lokasinya dekat dengan Singapura sehingga banyak wisatawan internasional yang mengetahui destinasi wisata di Pulau Bintan ini.

Nah, untuk kalian yang punya rencana liburan akhir tahun namun bingung hendak bepergian ke mana, Pulau Bintan bisa jadi destinasi terbaik yang berada di Indonesia. Untuk itu, inilah tempat wisata di Bintan yang bisa jadi rekomendasi liburanmu yang menyenangkan.

1. Gurun Pasir Busung

Gurun Pasir Busung
Sumber: majalahkartini.co.id

Potret pemandangan Gurun Pasir Busung di Bintan ini khas timur tengah. Gurun Pasir Busung merupakan tempat berpasir seperti gurun dengan terdapat telaga biru di tengah lokasi. Meski terik matahari sangat terasa di tempat ini, namun wisatawan tetap antusias untuk mengunjungi tempat ini di siang hari. Gundukan pasir bak di tanah timur tengah menjadikan Gurun Pasir Busung ini lokasi yang instagramable banget, kan? Cek lokasinya di sini.

2. Treasure Bay Bintan

Treasure Bay Bintan
Sumber: Instagram @treasurebaybintan.official

Bintan menyimpan banyak sekali lokasi-lokasi keren yang mungkin kalian belum tahu. Ada satu tempat bernama Treasure Bay Bintan yakni sebuah waterfront resort dan resident dengan ikon fasilitasnya yang sangat terkenal yakni kolam renangnya yang menjadi kolam renang dengan konsep lagoon pertama dan terbesar se-Asia Tenggara. Kolam renang yang disebut Crystal Lagoon di tempat ini memang sangat cantik dengan air birunya yang nampak seperti lagoon di luar negeri. Di sini wisatawan dapat bermain berbagai olahraga dan aktivtas air tentunya. Cek lokasinya di sini.

3. Danau Biru Kawal

Danau Biru Kawal
Sumber: auliarentcarandtravel.blogspot

Danau Biru Kawal di Bintan ini menawarkan panorama eksotik danau di tengah-tengah bekas galian berwarna cerah menjadikan pemandangan danau ini sangat menarik. Meski begitu, wisatawan tidak diperbolehkan untuk berenang di kawasan danau karena kedalaman danau ini cukup mematikan yakni antar 4-12 meter dan dasar danau merupakan pasir dan lumpur sehingga dapat menyebabkan tenggelam. Untuk itu, cukup menikmati view keren Danau Biru ini dari daratan saja, ya! Cek lokasinya di sini.

4. Rumah Arang

Rumah Arang
Sumber: udaindra.blogspot

Kalau kalian mencari tempat wisata yang unik dan bersejarah di kawasan Pulau Bintan, Rumah Arang bisa jadi destinasinya. Seperti namanya, tempat ini dulunya digunakan sebagai rumah pembuatan arang oleh Suku Anak Laut, namun kini sudah ditinggalkan. Bekas-bekas rumah berbentuk bulat itupun dijadikan tempat wisata yang menarik bagi wisatawan. Cocok sekali untuk spot foto yang keren di kawasan Bintan. Mau tau lokasi Rumah Arang? kamu harus menuju ke desa Kuala Sempang, di sana kalian akan menemui tugu, ambil kiri dan kalian perlu sesekali bertanya kepada penduduk sekitar.

5. Pulau Beralas Pasir

Pulau Beralas Pasir
Sumber: Journal.momotrip.co.id

Tempat di Bintan yang satu ini bahkan dijuluki sebagai surga tropis laut China selatan. Hal tersebut karena Pulau Beralas Pasir ini berpasir putih yang halus dengan popohonan rindang yang berpadu dengan jernihnya air pantai di sekitaran pulau. Wisatawan bisa menikmati serunya berpetualang di Pulau Beralas Pasir ini dengan snorkelling maupun berenang di pinggir pantai. Ekosistem lautnya yang terjaga menjadikan White Sand Land ini jadi pulau primadona wisatawan di Bintan. Cek lokasinya di sini.

6. Air Adventure Flying Club

Air Adventure Flying Club
Sumber: thelostjuan.com

Ada beragam cara untuk menikmati pemandangan Pulau Bintan yang indah. Salah satunya adalah dari udara dengan menggunakan pesawat amphibi (ultralight). Pesawat kecil dengan kursi untuk dua penumpang saja termasuk pilot akan memberikan pengalaman menikmati alam Bintan yang berbeda tentunya. Wisatawan akan melihat keindahan Bintan dari ketinggian dan juga melewati beberapa lokasi menarik. Wajib, deh mencoba Air Adventure Flying ketika di Pulau Bintan. Cek lokasinya di sini.

7. Gunung Bintan Adventure Trek

Gunung Bintan Besar
Sumber: Google Maps Rahmat Ginting – I4II7I44

Tempat yang satu ini juga bisa jadi pilihan tempat berlibur di kawasan Bintan. Gunung Bintan menawarkan pengalaman trekking yang menarik dan berkesan di Bintan. Melewati Hutan Tropis Bintan serta bertemu dengan hewan-hewan seperti rusa, monyet, dan burung menjadikan pengalaman berpetualang di alam lebih menyenangkan. Cek lokasinya di sini.

8. Vihara Patung 1000 wajah

Vihara Patung 1000 wajah
Sumber: seniberjalan.com

Vihara Patung 1000 wajah ini sebenarnya bernama Ksitigarbha Bodhisatvva. Namun, karena terdapat sekitar 500 patung yang menampilkan watak dan rupa yang berbeda, maka vihara ini dikenal dengan nama vihara patung 1000 wajah. Tempat ini menjadi ikon wisata baru di kawasan Tanjungpinang, Bintan. Berbagai spot menarik ada di vihara ini dengan gaya arsitektur khas Tionghoa bercampur Buddhis yang nampak sangat menarik dan penuh histori. Cek lokasinya di sini.

9. Pantai Trikora

Pantai Trikora
Sumber: mytravelingphotograph.blogspot

Selain spot-spot wisata seperti di atas, Bintan juga menyimpan pantai-pantai menawan yang sayang sekali jika tidak dikunjungi. Pantai Trikora di Bintan ini berpasir putih dengan airnya yang segar dan jernih. Aktivitas menarik seperti snorkelling juga bisa dilakukan di sini dengan menyewa alat snorkelling yang tersedia di dekat pantai. Kegiatan seru lainnya seperti memancing juga bisa dilakukan di saat-saat banyak ikan yang berada di pinggiran Pantai Trikora ini. Cek lokasinya di sini.

10. Danau Kampung Bloreng

Danau Kampung Bloreng
Sumber: Instagram @thiozard

Untuk wisatawan yang ingin menikmati liburan yang tenang ditemani panorama indah alam Bintan, Danau Kampung Bloreng bisa jadi destinasi yang tepat. Danau dengan pemandangan yang menarik ini bisa jadi spot cuci mata sekaligus bersantai yang sangat asik. Dengan pepohonan disekitarnya, Danau Kampung Bloreng ini menjadi danau yang sejuk dan cocok bagi wisatawan yang ingin menenangkan diri. Cek lokasinya di sini.

 11. Pantai Senggiling

Pantai Senggiling
Sumber: robbinhafzan.wordpress.com

Menelusuri semua tempat wisata indah di Bintan sepertinya tidak cukup hanya sehari. Namun jika kalian pecinta pantai, Pantai Senggiling bisa dijadikan prioritas list kunjunganmu di Bintan. Pantai Senggiling punya daya tarik wisata yang sayang untuk dilewatkan. Pasirnya yang halus dan putih serta terdapat bebatuan halus membuat Pantai Senggiling ini jadi pantai tujuan wisata di Bintan. Cek lokasinya di sini.

12. Pantai Pengundang

Pantai Pengudang
Sumber: Google Maps Iwan Minarto

Pantai yang satu ini merupakan pantai yang tersembunyi di Bintan. Lokasinya sebenarnya cukup dekat dengan Ibukota Kabupaten Bintan namun aksesnya yang cukup masuk menjadikan lokasinya tidak terlalu ramai. Pantai yang satu ini punya panorama yang cantik dan sangat menawan. Cocok sekali untuk wisatawan yang ingin bersantai sore menikmati debur air dengan penuh ketenangan. Cek lokasinya di sini.

Nah, itulah tempat wisata di Bintan yang bisa dijadikan referensi untuk tripmu selanjutnya. Destinasi wisata yang mana, nih yang ingin kalian kunjungi di Bintan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

20 Tempat Wisata di Jember yang Bisa Dikunjungi

Jember, sebuah kabupaten yang berada di ujung timur Provinsi Jawa Timur. Mungkin banyak di antara kamu yang belum pernah mendengar nama daerah ini. Tetapi...

Keindahan Camping di Ranca Upas

Bagi mereka yang menyukai wisata berkemah, Ranca Upas tentu menjadi tempat yang tidak boleh ketinggalan untuk dikunjungi. Bumi perkemahan yang sudah sangat terkenal ini...

12 Pantai di Pacitan yang Wajib Masuk Listmu

Siapa yang tidak mengenal daerah Pacitan yang terletak di provinsi Jawa Timur satu ini? Kabupaten dengan Kota yang juga dikenal sebagai 1001 Goa ini...

Keindahan & Informasi Wisata di Situ Patenggang

Bandung, salah satu wilayah terbesar yang terletak di Jawa Barat ini menyimpan sejuta potensi pariwisata. Oleh karena itu, tak heran jika banyak sekali warga...

12 Rekomendasi Gudeg Jogja Paling Dicari

Jika sedang berkunjung ke Jogja, hal apa yang pertama kali terlintas dipikiranmu? Keraton, Jalan Malioboro, Gunung Merapi, atau gudeg? Ya, gudeg adalah kuliner asli...