Home Aceh 13 Tempat Wisata Banda Aceh yang wajib dikunjungi

13 Tempat Wisata Banda Aceh yang wajib dikunjungi

Mungkin banyak yang belum tahu kalau tempat wisata di Banda Aceh rupanya banyak dan punya daya tarik wisata yang tidak kalah dengan tempat-tempat lain di Indonesia. Meski terletak di ujung barat Indonesia, Banda Aceh menawarkan pesona alam dan keindahanya sendiri. Tak hanya itu, tempat-tempat wisata di Banda Aceh juga beragam mulai dari wisata alam hingga monument bersejarah.

Kota Banda Aceh merupakan ibu kota Provinsi Aceh. Fakta menarik, Banda Aceh ini menjadi kota islam paling tua se-asia tenggara. Dikenal dengan kultur muslimnya yang kental, Kota Banda Aceh juga dikenal sebagai kota dengan mayoritas penduduk muslim di Indonesia. Meskipun begitu, Kota Banda Aceh tetap menjadi kota yang nyaman dan bisa dijadikan destinasi wisata.

Nah, untuk kalian yang hendak melancong ke Banda Aceh dan ingin menjelajah tempat-tempat wisata keren di sana, yuk simak 13 tempat wisata di Banda Aceh yang bisa kalian jadikan referensi liburan.

1. Museum Tsunami

Museum Tsunami
Sumber: Genpi.co

Pasti kalian tahu bahwa Aceh pernah ditimpa bencana Tsunami pada tahun 2004 yang melululantahkan Aceh dan 14 negara lainnya. Ratusan korban jiwa melayang dalam tragedy tersebut. Karena itu, Museum Tsunami ini dibuat. Bangunan ini memiliki 4 lantai dengan arsitektur yang modern dan unik. Di dalam museum ada beberapa koleksi yang membahas tentang kejadian Tsunami beserta alat peraga dan maket. Tempat ini juga seru untuk dijadikan wisata edukasi, lho. Cek lokasinya di sini.

2. Taman Sari Gunongan

Taman Sari Gunongan
Sumber: Zalyantravel.com

Situs Taman Sari Gunongan adalah peninggalan kejayaan Kerajaan Aceh. Tempat ini juga mudah dijangkau karena terletak di pusat Kota Banda Aceh. Situs ini juga terbuka untuk umum dari pukul 7.00-18.00 WIB. Pengunjung bisa menikmati suasana disekitaran situs taman sari Gunongan yang asri dan terawat. Cek lokasinya di sini.

3. Replika Pesawat Dacota DC-3 Seulawah RI-001

Replika Pesawat Dacota DC-3 Seulawah RI-001
Sumber: foregone0.blogspot.com

Berjalan-jalan ke kawasan Lapangan Biang Padang Banda Aceh, kalian dapat menemukan saksi bisu sekaligus pelaku sejarah perjuangan bangsa Indonesia di Monumen Seulawah. Di tempat ini, wisatawan bisa melihat replika Pesawat Dacota RI-001 yang merupakan pesawat legendaris bangsa Indonesia. Di tempat ini juga wisatawan ramai mengunjungi tempat bersejarah untuk melihat langsung replika pesawat yang kaya histori. Cek lokasinya di sini.

4. Museum Aceh

Museum Aceh
Sumber: bandaacehtourism.com

Bagi kalian yang ingin berwisata sejarah sekaligus edukasi, datang ke Museum Aceh adalah pilihan yang tepat. Ditempat ini, wisatawan dapat belajar banyak hal mengenai suku asli Aceh beserta budayanya. Berbagai koleksi serta setiap sudut dari Museum Aceh ini sangat menarik untuk dijelajahi sebagai tempat wisata sejarah di Banda Aceh. Cek lokasinya di sini.

5. PLTD Apung

PLTD Apung
Sumber: Goodnewsfromindonesia.com

PLTD Apung ini adalah kapal generator listrik milik PLN di Banda Aceh yang kini dijadikan tempat wisata. PLTD ini juga menjadi saksi dashyatnya Tsunami Aceh pada tahun 2004 silam karena sempat bergeser dan berpindah tempat terbawa besarnya ombak. Kini PLTD Apung ramai dikunjungi pengunjung yang penasaran dengan kapal yang satu ini. Cek lokasinya di sini.

6. Kapal Apung Lampulo

Kapal Apung Lampulo
Sumber: acehtourism.travel

Tempat ini juga sangat unik karena bentuknya yang menyerupai kapal yang terdampar di atas atap rumah warga. Monumen Kapal Apung Lampulo Banda Aceh ini juga dibuat untuk mengenang tragedy Tsunami yang terjadi di Aceh. Akses jalan untuk sampai ke tempat monument ini juga mudah dan bisa dengan kendaraan pribadi maupun becak motor. Wisatawan akan disuguhkan monumen dengan cerita yang begitu banyak dari tempat ini. Cek lokasinya di sini.

7. Pantai Ulee Lheue

Pantai Ulee Lheue
Sumber: jibriliatour.blogspot

Banda Aceh memang terletak dekat dengan pantai dan laut yang luas dan besar. Pantai Ulee Lheue ini jadi sasaran wisatawan karena punya pemandangan pantai yang romantic dan cantik sekali. Ombaknya cenderung tenang serta pasirnya yang putih halus menjadikan pantai ini cocok untuk liburan dan bersantai. Pengunjung juga bisa makan jagung bakar yang dijual di pinggir Pantai Ulee Lheue ini. Cek lokasinya di sini.

8. Pantai Lampuuk

Pantai Lampuuk
Sumber: backpackerjakarta.com

Berkunjung ke Aceh rasanya kurang seru kalau tidak mampir ke pantai-pantainya yang indah. Pantai Lampuuk jadi primadona di Tanah Rencong Aceh. Lokasinya yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia menjadikan Pantai Lampuuk Aceh ini punya air yang biru Kristal dan ombak yang pas untuk dibuat olahraga surfing. Tak hanya itu, di pantai ini juga terdapat konservasi penyu yang menyediakan edukasi bagi anak-anak dan wisatawan. Cek lokasinya di sini.

9. Pantai Lhoknga

Pantai Lhoknga
Sumber: Google Maps Dewi Fortuna

Pantai yang satu ini jadi primadona surfer dari dalam negeri maupun internasional. Ombaknya yang cukup garang menjadikan Pantai Lhoknga serasa seperti pantai-pantai di Bali. Di kawasan pantai juga terdapat lapangan golf yang bisa dikunjungi jika ingin bermain golf dekat pantai yang cantik ini. Cek lokasinya di sini.

10. Pantai Lhok Mee

Pantai Lhok Mee
Sumber: Busy.org

Menikmati suasana pantai yang tenang dan menyegarkan di Aceh ya di Pantai Lhok Mee tempatnya. Pantai Lhok Mee ini cukup unik karena terdapat deretan pohon yang tumbuh di tengah-tengah perairan pantai. Pasirnya putih dan juga lokasinya yang fotogenik menjadikan pantai ini wajib dikunjungi bila bepergian ke Banda Aceh. Cek lokasinya di sini.

11. Bukit Lhok Eumpe

Bukit Lhok Eumpe
Sumber: masihbaru.com

Banda Aceh memang punya banyak tempat wisata alam yang menarik. Salah satunya adalah Bukit Lhok Eumpe yang punya panorama alam yang begitu menawan. Bukit ini juga banyak terdapat pengunjung yang camping dan mendirikan tenda di tempat yang sudah disediakan. Dari bukit ini pemandangan matahari terbit yang begitu memukau. Cek lokasinya di sini.

12. Pucoek Krueng Raba, Lhoknga

Pucoek Krueng Raba, Lhoknga
Sumber: busy.org

Meski terletak di ujung Indonesia, Banda Aceh menyimpan tempat-tempat wisata indah yang nggak kalah keren di Indonesia. Di Negeri Serambi Mekah ini rupanya terdapat green canyon tersembunyi dengan tebingnya yang tinggi. Pucoek Krueng adalah hulu sungai yang muaranya tersambung ke Pantai Lhoknga. Air di canyon ini bersih berwarna hijau muda diapit oleh tebing yang membuat pemandangan di Pucoek Krueng ini sangat cantik. Cek lokasinya di sini.

13. Masjid Raya Baiturrahman

Masjid Raya Baiturrahman
Sumber: merahputih.com

Masjid Raya Baiturrahman ini menjadi ikon Banda Aceh. Masjid ini tetap berdiri kokoh ketika sekitarnya hancur terkena tsunami pada tahun 2004. Ketika mengunjungi Banda Aceh, jangan sampai melwatkan untuk mengunjungi masjid megah ini sekaligus beribadah di dalamnya. Cek lokasinya di sini.

Nah, itulah 13 tempat wisata di Banda Aceh yang bisa jadi referensi liburanmu. Tempat wisata manakah di Aceh yang paling ingin kalian kunjungi?

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

20 Tempat Wisata di Jember yang Bisa Dikunjungi

Jember, sebuah kabupaten yang berada di ujung timur Provinsi Jawa Timur. Mungkin banyak di antara kamu yang belum pernah mendengar nama daerah ini. Tetapi...

Keindahan Camping di Ranca Upas

Bagi mereka yang menyukai wisata berkemah, Ranca Upas tentu menjadi tempat yang tidak boleh ketinggalan untuk dikunjungi. Bumi perkemahan yang sudah sangat terkenal ini...

12 Pantai di Pacitan yang Wajib Masuk Listmu

Siapa yang tidak mengenal daerah Pacitan yang terletak di provinsi Jawa Timur satu ini? Kabupaten dengan Kota yang juga dikenal sebagai 1001 Goa ini...

Keindahan & Informasi Wisata di Situ Patenggang

Bandung, salah satu wilayah terbesar yang terletak di Jawa Barat ini menyimpan sejuta potensi pariwisata. Oleh karena itu, tak heran jika banyak sekali warga...

12 Rekomendasi Gudeg Jogja Paling Dicari

Jika sedang berkunjung ke Jogja, hal apa yang pertama kali terlintas dipikiranmu? Keraton, Jalan Malioboro, Gunung Merapi, atau gudeg? Ya, gudeg adalah kuliner asli...