Home Riau 10 Tempat Wisata di Pekanbaru yang Unik dan Menarik Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Pekanbaru yang Unik dan Menarik Dikunjungi

Tempat wisata di Pekanbaru tidak kalah menarik dengan tempat wisata di daerah lain. Berbagai destinasi wisata bisa ditemukan di kota yang satu ini. Mulai dari tempat wisata alam yang punya panorama indah hingga bangunan dan tempat wisata yang punya daya tarik juga ada di Kota Pekanbaru. Intinya, jangan sampai nggak menjelajah kota ini ketika mengunjunginya.

Pekanbaru merupakan ibu kota Provinsi Riau. Selain itu, Pekanbaru juga menjadi kota terbesar di Provinsi Riau. Kota yang satu ini juga dikenal memiliki tingkat perekonomian masyarakatnya yang bagus sehingga Kota Pekanbaru menjadi kota yang jadi pusat maupun destinasi wisata.

Nah, untuk kalian yang hendak mengunjungi Kota Pekanbaru tapi belum tahu akan pergi kemana, tempat wisata di Pekanbaru yang unik dan menarik ini mungkin bisa menjadi referensi liburan kalian di Kota Pekanbaru agar lebih berkesan dan menyenangkan.

1. Rainbow Hills Rumbai

Rainbow Hills Rumbai
Sumber: Jpsakong.com

Tempat wisata yang satu ini sempat viral di sosial media karena disebut-sebut mirip perbukitan pelangi di Peru. Rainbow Hills ini sebenarnya belum memiliki nama resmi tetapi wisatawan menyebutnya demikian karena perbukitan batu di tempat ini punya gradasi warna pastel yang sangat cantik. Pas banget untuk kalian yang cari spot intagramable di Pekanbaru. Cek lokasinya di sini.

2. Bukit Kapur Air Hitam

Bukit Kapur Air Hitam
Sumber: superadventure.co.id

Tempat wisata keren lainnya adalah Bukit Kapur Air Hitam. Tempat ini terbentuk dari bekas aktivitas tambang, yakni Bukit Kapur Air Hitam. Berbagai sisi dari Bukit Kapur ini sangat menarik dan Instagrammable banget. Bentuknya yang menyerupai tebing-tebing terjal namun berukuran kecil membuat siapa saja terpesona dengan Bukit Kapur Air Hitam ini. Cek lokasinya di sini.

3. Danau Lembah Sari

Danau Lembah Sari
Sumber: MonitorRiau.com

Meski danau ini merupakan danau buatan, namun daya tarik wisatanya cukup menarik untuk dinikmati. Danau Lembah Sari ini awalnya merupakan bendungan raksasa yang dipakai untuk irigasi persawahaan sekitar. Namun malah bendungan ini ramai dikunjungi karena pemandangan alamnya yang menarik dan bahkan kini menjadi salah satu ikon wisata Kota Pekanbaru. Cek lokasinya di sini.

4. Istana Siak Sri Indrapura

Istana Siak Sri Indrapura
Sumber: Pesona.travel.com

Di Pekanbaru kalian juga bisa menemukan tempat wisata bersejarah seperti Istana kerajaan zaman dulu. Jalan-jalan ke Istana Siak Sri Indrapura, wisatawan dapat menikmati cantiknya kastil bergaya Eropa bercampur dengan nuansa muslim di Pekanbaru. Aneka barang-barang kesultanan Siak juga masih tersimpan dalam istana ini, lho. Cek lokasinya di sini.

5. Masjid Agung An Nur

Sumber: simas.kemenag.go.id

Masjid Agung An Nur Pekanbaru ini menjadi salah satu masjid termegah di Indonesia. Dengan gaya arsitektur yang mirip Taj Mahaal di India. Masjid ini juga pas untuk dikunjungi terutama bagi kaum muslim yang hendak beribadah sekalian. Taman hijau di sekeliling masjid Agung ini menjadikan tempat ini jadi lebih rindang, sejuk, dan megah. Cek lokasinya di sini.

6. Perpustakaan Soeman H.S

Perpustakaan Soeman HS Provinsi Riau
Sumber: Google Maps Kawi Boedisetio

Bila sudah cukup bosan untuk mengunjungi tempat-tempat wisata alam di Pekanbaru, perpustakaan Soeman H.S bisa jadi destinasi yang berbeda di kawasan Pekanbaru. Dari depan saja sudah unik yakni bentuk bangunan perpustakaan ini mirip buku yang terbuka. Terdiri dari 6 lantai, perpustakaan Soeman H.S ini punya banyak koleksi buku hingga ratusan ribu eksemplar. Cek lokasinya di sini.

7. Sungai Kampar

Sungai Kampar
Sumber: Google Maps Kappong TV

Sungai yang punya ombak dan bisa dibuat berselancar? Sungai Kampar namanya. Sungai yang satu ini menghasilkan ombak selancar kelas dunia. Fenomena ombak di Sungai Kampar ini dikenal dengan Ombak Bono, yang biasa dimanfaatkan oleh peselancar lokal maupun internasional untuk berselancar dengan sensasi berbeda. Karena keunikan ombaknya inilah Sungai Kampar jadi destinasi wisata yang digemari. Cek lokasinya di sini.

8. Candi Muara Takus

Candi Muara Takus
Sumber: Google Maps Emilin Kwok

Candi Muara Takus juga jadi tempat bersejarah yang ramai didatangi wisatawan dari berbagai daerah. Candi ini adalah peninggalan Agama Buddha di Indonesia. Tempatnya yang hijau serta candi yang berlokasi membentuk kompleks menjadikan tempat bersejarah ini tempat yang menarik untuk dikunjungi di Pekanbaru. Cek lokasinya di sini.

9. Pantai Cinta, Teluk Jering

Pantai Cinta, Teluk Jering
Sumber: youtube.com

Bagi kalian yang ingin menikmati wisata alam di pecannaru, Pantai Cinta Teluk Jering pas banget untuk dikunjungi. Pantai ini juga selalu ramai dikunjungi wisatawan karena pemandanganya cukup menarik dan fasilitasnya juga memadai. Hanya dengan membayar Rp5000 saja, wisatawan dapat bermain di Pantai Cinta ini. Cek lokasinya di sini.

10. Danau Khayangan

Objek Wisata Danau Bandar Kayangan Lembah Sari
Sumber: Google Maps Rip Sikumbang

Pekanbaru memang tidak pernah kehabisan tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Danau Khayangan merupakan danau buatan yang pernah dijadikan arena pertandingan sky air pada PON 2012. Wisatawan juga ramai mengunjungi tempat ini untuk bersantai, jalan-jalan sore, atau sekedar menikmati keindahan danau dan alam disekitarnya yang rindang dan menenangkan. Cek lokasinya di sini.

Nah, itulah tempat wisata di Pekanbaru yang menarik dan mungkin bisa menjadi referensi untuk kalian yang hendak ke Pekanbaru. Tempat wisata mana yang paling menarik di Pekanbaru?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

20 Tempat Wisata di Jember yang Bisa Dikunjungi

Jember, sebuah kabupaten yang berada di ujung timur Provinsi Jawa Timur. Mungkin banyak di antara kamu yang belum pernah mendengar nama daerah ini. Tetapi...

Keindahan Camping di Ranca Upas

Bagi mereka yang menyukai wisata berkemah, Ranca Upas tentu menjadi tempat yang tidak boleh ketinggalan untuk dikunjungi. Bumi perkemahan yang sudah sangat terkenal ini...

12 Pantai di Pacitan yang Wajib Masuk Listmu

Siapa yang tidak mengenal daerah Pacitan yang terletak di provinsi Jawa Timur satu ini? Kabupaten dengan Kota yang juga dikenal sebagai 1001 Goa ini...

Keindahan & Informasi Wisata di Situ Patenggang

Bandung, salah satu wilayah terbesar yang terletak di Jawa Barat ini menyimpan sejuta potensi pariwisata. Oleh karena itu, tak heran jika banyak sekali warga...

12 Rekomendasi Gudeg Jogja Paling Dicari

Jika sedang berkunjung ke Jogja, hal apa yang pertama kali terlintas dipikiranmu? Keraton, Jalan Malioboro, Gunung Merapi, atau gudeg? Ya, gudeg adalah kuliner asli...