Home Jawa Timur 14 Tempat Wisata di Batu yang Harus Dikunjungi

14 Tempat Wisata di Batu yang Harus Dikunjungi

Kawasan Kota Batu dan Malang menjadi paket liburan yang banyak digemari wisatawan. Alam Kota Batu yang sejuk serta Kota Malang yang rapi membuat suasana liburan semakin menyenangkan. Sejak dinobatkan sebagai kota wisata, Batu dan Malang semakin memperkaya kotanya dengan berbagai tempat wisata, baik alam maupun buatan.

Tempat wisata yang selalu menjadi andalan adalah Jawa Timur Park. Kebun binatangnya pun memiliki berbagai koleksi yang sehat, bahkan beberapa didatangkan dari luar negeri dan dibuat habitat mirip dengan aslinya. Tidak hanya itu, wisata buatan lain juga semakin dikembangkan di kawasan kota ini. Menjadikan magnet yang begitu kuat untuk wisatawan.

Inilah 14 tempat wisata di Batu Malang yang akan membuat liburan semakin seru.

Taman Wisata Selecta

Taman Wisata Selecta
Foto: Google Maps @Reana Nite

Taman Wisata Selecta dapat dikatakan objek wisata tua yang sudah ada di Kota Batu. Keberadaannya mendahului objek wisata yang tengah hits akhir – akhir ini. Meski begitu, pesonanya masih mampu memikat wisatawan untuk berkunjung dan terus berkunjung.

Tak mengherankan, karena objek wisata ini menawarkan keindahan dan kesejukan alami yang menenangkan. Daya tarik utama objek wisata ini adalah taman bunganya yang begitu indah, berwarna – warni dan tertata rapi di area taman. Terdapat beberapa wahana yang turut memeriahkan, seperti roller coaster mini, serta flying fox.

Objek wisata ini buka setiap hari mulai pukul 6 pagi hingga 5 sore. Harga tiket masuk pun sangat terjangkau, yaitu Rp20.000 per orang. Lokasinya berada di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumi Aji, Kota Batu. Untuk informasi lebih lengkap, kamu bisa klik link ini.

Museum Angkut

Museum Angkut
Foto: Google Maps @Kirana Trans

Seperti namanya, Museum Angkut memuat berbagai koleksi angkutan. Namun, bukan angkutan kota saja, melainkan kendaraan antik dari berbagai negara. Tidak hanya itu, koleksi kendaraan tradisional dari berbagai penjuru di Indonesia pun turut dihadirkan, termasuk juga kapal serta pesawat terbang.

Di sini, kamu dapat berfoto dengan berbagai koleksi kendaraan antik yang begitu unik. Tidak hanya itu, ada juga area replika tempat yang begitu nyata, seperti replika Hollywood, Istana Buckingham, replika China pada masa lalu, dan lainnya.

Di hari – hari tertentu, akan ada parade di area Hollywood. Kamu dapat menyaksikannya secara gratis karena sudah termasuk dalam tiket masuk. Untuk tiket masuk sendiri dikenakan biaya Rp70.000 di hari Senin sampai Kamis, sementara hari Jum’at sampai Minggu dan hari libur dikenakan tiket Rp100.000. Jam operasional Museum Angkut yaitu setiap hari pukul 12 siang hingga 8 malam. Lokasinya berada di Jalan Terusan Sultan Agung No.2, Ngaglik, Kecamatan Batu, Kota Batu. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa klik link ini.

Omah Kayu

Omah Kayu
Foto: Google Maps @Aniendya Christianna

Menuju ke Jalan Gn. Banyak, Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, terdapat objek wisata bernama Omah Kayu. Di sini, kamu dapat menikmati pemandangan yang begitu indah, pegunungan dan hutan yang rindang. Udara yang masih sejuk turut mendukung syahdunya wisata di Omah Kayu.

Di objek wisata ini, kamu tidak hanya dapat menikmati pemandangan sambil berfoto, tapi juga dapat menginap. Tersedia rumah – rumah pondok dengan ukuran 3 x 2 x 2 meter, yang dibangun dengan kayu eukaliptus serta pinus yang kuat dan bagus kualitasnya. Meskipun rumah kayu, namun kenyamanan juga diutamakan layaknya hotel, dimana tersedia tempat tidur serta perlengkapannya di dalam.

Untuk tiket masuk kawasan wisata tanpa menginap, kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp5.000. Sementara untuk menginap, biaya mulai dari Rp350.000 – Rp750.000, tergantung pada jenis kamar dan waktu ketika menginap. Untuk pengunjung yang tidak menginap, jam operasional mulai dari pukul 9 pagi hingga 5 sore, sementara bagi yang menginap diberi akses selama 24 jam. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa klik link ini.

Wisata Paralayang Batu

Wisata Paralayang
Foto: Google Maps @Soul Incubator

Masih di Kota Batu, tepatnya di Jalan Arumdalu No.20, Songgokerto, Kota Batu, terdapat wisata Paralayang. Di sini, kamu dapat menguji adrenalin dengan meluncur dengan paralayang di ketinggian tertentu. Tidak perlu khawatir karena akan ada pemandu yang menemani selama terjun, serta kamu akan diberi sertifikat dan jaminan asuransi ketika terbang dengan paralayang.

Selain paralayang, di sini juga tersedia flying fox. Dan bagi yang tidak berani mencoba paralayang atau flying fox, dapat menikmati pemandangan di sekitar. Pemandangan di Wisata Paralayang sangat indah, mengingat objek wisata ini berada di Gunung Banyak dengan ketinggian 1.315 mdpl. Untuk dapat menikmati objek wisata ini, dikenakan tiket masuk sebesar Rp10.000, biaya flying fox Rp15.000, serta jika ingin mencoba paralayang dikenakan biaya Rp400.000.

Objek wisata ini buka setiap hari mulai pukul 9 pagi hingga 5 sore. Untuk kamu yang berminat memacu adrenalin di sini, kamu bisa klik link ini untuk informasi lebih lanjut.

Wisata Pujon Kidul

Wisata Pujon Kidul
Foto: Google Maps @Novi Talyta

Wisata Pujon Kidul merupakan wisata alam yang berupa desa wisata, yang dikelola langsung oleh masyarakat sekitar. Di sini, kamu dapat menikmati pemandangan indah pegunungan serta sawah yang hijau. Tidak hanya itu, banyak juga daya tarik yang ditawarkan di objek wisata ini, ditambah lagi kuliner yang menggugah selera.

Objek wisata ini buka setiap hari, di hari Senin sampai Jum’at buka dari pukul 8 pagi hingga 5 sore. Sementara hari Sabtu dan Minggu buka pukul 8 pagi hingga 9 malam. Tiket masuk kawasan wisata yaitu Rp5.000, yang mana dapat ditukar sebagai voucher makanan. Untuk mengunjungi objek wisata ini, kamu bisa menuju ke Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Malang, atau bisa klik link ini.

Kusuma Agro Wisata

Kusuma Agro Wisata
Foto: Google Maps @Kusuma Agro Wisata

Kota Batu dan Malang terkenal dengan apelnya. Jika kamu berniat untuk menghabiskan hari liburmu dengan memetik apel, kamu dapat mengunjungi Kusuma Agro Wisata. Di sini menawarkan wisata petik apel di ketinggian 1.000 mdpl.

Tidak hanya petik apel, kamu juga dapat menikmati waterpark dan outbound. Semua sudah termasuk dengan harga tiket masuk sebesar Rp85.000. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan pancake strawberry ice cream dan yogurt. Buka setiap hari dari pukul 8 pagi hingga 6 petang.

Lokasinya berada di Jalan Abdul Gani Atas, Ngaglik, Kecamatan Batu. Untuk informasi lebih lanjut, kamu dapat klik link ini.

Labirin Coban Rondo

Labirin Coban Rondo
Foto: Google Maps @Harjanto Effendi

Jika tertarik dengan wisata yang menantang, kamu bisa mencoba Labirin Coban Rondo. Bukan paralayang atau wahana pemacu adrenalin lainnya, melainkan labirin yang dapat membuat kamu tersesat.

Untuk masuk objek wisata ini dikenakan tiket yang sangat terjangkau, yaitu Rp10.000. Buka setiap hari, Senin sampai Kamis pukul 8 hingga 4 sore, sementara Jum’at hingga Minggu buka pukul 8 sampai 5 sore. Beralamat di Jurangrejo, Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa klik link ini.

Bukit Bulu Coban Rais

Bukit Bulu Coban Rais
Foto: Google Maps @Bukit Bulu Coban Rais

Mengusung tema alam dan pemandangan yang indah, Bukit Bulu Coban Rais turut hadir untuk menjadi objek wisata hits masa kini. Di objek wisata ini, kamu bisa puas berfoto dengan latar belakang pemandangan alam yang indah.

Wahana seru yang patut dicoba adalah sepeda gantung, yang memungkinkan kamu bersepeda di atas seutas tali di udara. Untuk tiket masuk, kamu hanya perlu menyediakan uang sebesar Rp7.500 saja. Buka setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga 4 sore di hari Senin sampai Jum’at, sementara Sabtu dan Minggu buka pukul 7 pagi dan tutup pukul 4 sore. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa klik link ini.

Air Terjun Coban Talun

Air Terjun Coban Talun
Foto: Google Maps @Karnadi Lim

Air Terjun Coban Talun menawarkan pemandangan air terjun yang begitu indah. Air yang jernih dengan aliran yang cukup deras. Selain itu, ada juga spot yang menarik berupa rumah seperti rumah suku Indian.

Objek wisata ini berada di Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Tiket masuk pun sangat terjangkau, yaitu Rp5.000 per orang. Untuk informasi selengkapnya, kamu bisa klik link ini.

Jawa Timur Park 2

Jatim Park 2
Foto: Google Maps @Dick Indra

Jawa Timur Park menjadi wahana tempat bermain besar yang sayang jika dilewatkan. Jatim Park 2 tersebar dalam tiga zona berbeda, yaitu Batu Secret Zoo, Museum Satwa, serta Eco Green Park. Jatim Park 2 sendiri juga memiliki beberapa wahana bermain yang seru, seperti rumah hantu, roller coaster, hingga tangan gurita.

Lokasinya berada di Jalan Oro – Oro Ombo No.9, Temas, Kecamatan Batu, Kota Batu. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa klik link ini.

Eco Green Park

Eco Green Park
Foto: radarmalang.id

Berlokasi di Jalan Oro-Oro Ombo No.9A, Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu, terdapat objek wisata seru bernama Eco Green Park. Di sini, kamu akan berwisata sambil belajar mengenai pengetahuan alam, lingkungan, dan banyak lagi. Wisata ini cocok sekali untuk anak – anak hingga keluarga. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa klik link ini.

Museum Satwa

Museum Satwa
Foto: Google Maps @minno bankk

Layaknya museum, di Museum Satwa terdapat hewan – hewan yang sudah punah hingga fosil dan patung hewan – hewan tersebut. Sedikitnya terdapat 5.000 koleksi hewan dan serangga yang didatangkan dari seluruh penjuru dunia. Lokasinya masih sama dengan Jatim Park 2, atau kamu bisa klik link ini untuk informasi lebih lanjut.

Museum Tubuh

Museum Tubuh
Foto: Google Maps @Hendra Arohman

Jika kamu ingin belajar mengenai tubuh manusia, kamu bisa mengunjungi Museum Tubuh yang berlokasi di Jalan Kartika No.2, Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu. Di sini, kamu akan belajar langsung mengenai tubuh manusia karena setiap ruangan dibentuk seperti bagian dalam tubuh manusia. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa klik link ini.

Batu Wonderland

Batu Wonderland
Foto: Google Maps @Hendie Purwiliarto

Terletak di Jalan Imam Bonjol No.9, Temas, Kecamatan Batu, Kota Batu, terdapat wahana wisata air yang begitu seru. Yaitu Batu Wonderland, yang mana tempat ini juga menjadi satu dengan resort. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi link ini.

Itulah tempat wisata di Batu Malang yang seru untuk dikunjungi. Jadi, kepan berlibur ke Batu Malang?

Ratih
Penggemar teh yang suka berkeliling menjelajahi suatu tempat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

20 Tempat Wisata di Jember yang Bisa Dikunjungi

Jember, sebuah kabupaten yang berada di ujung timur Provinsi Jawa Timur. Mungkin banyak di antara kamu yang belum pernah mendengar nama daerah ini. Tetapi...

Keindahan Camping di Ranca Upas

Bagi mereka yang menyukai wisata berkemah, Ranca Upas tentu menjadi tempat yang tidak boleh ketinggalan untuk dikunjungi. Bumi perkemahan yang sudah sangat terkenal ini...

12 Pantai di Pacitan yang Wajib Masuk Listmu

Siapa yang tidak mengenal daerah Pacitan yang terletak di provinsi Jawa Timur satu ini? Kabupaten dengan Kota yang juga dikenal sebagai 1001 Goa ini...

Keindahan & Informasi Wisata di Situ Patenggang

Bandung, salah satu wilayah terbesar yang terletak di Jawa Barat ini menyimpan sejuta potensi pariwisata. Oleh karena itu, tak heran jika banyak sekali warga...

12 Rekomendasi Gudeg Jogja Paling Dicari

Jika sedang berkunjung ke Jogja, hal apa yang pertama kali terlintas dipikiranmu? Keraton, Jalan Malioboro, Gunung Merapi, atau gudeg? Ya, gudeg adalah kuliner asli...