Home Sulawesi Tengah 11 Spot di Labengki Sombori yang Wajib didatangi

11 Spot di Labengki Sombori yang Wajib didatangi

Kalau berbicara mengenai Kepulauan Sombori, pasti erat kaitannya dengan Kepulauan Labengki. Namun sebenarnya kedua tempat ini terletak di Provinsi yang berbeda. Bagi sebagian besar orang tentu banyak yang sudah tahu bahwa Sombori digadang – gadang mirip seperti Raja Ampat.

Jadi sudah tidak mengherankan bukan jika Sombori memiliki banyak pengunjung? Namun, biasanya para wisatawan jika ingin berkunjung ke Sombori, maka kebanyakan wisatawan akan singgah juga untuk berlibur serta menginap ke Labengki terlebih dahulu. Nah jika kalian ingin tahu tempat – tempat wisata cantik yang ada disekitaran tempat – tempat ini, berikut akan diberikan beberapa rekomendasi tempat wisata untuk kalian kunjungi nanti.

Puncak Khayangan

Puncak Khayangan
Sumber: Dokumentasi TelusuriNusantara.com

Nah tempat yang satu ini sudah menjadi idaman bagi sebagian banyak para wisatawan. Selain itu, dengan keindahan puncaknya yang tentu tidak kalah indahnya dari pemandangan yang ada di Raja Ampat. Cantik banget kan?

Untuk menginap di Kepulauan Sombori sangatlah sulit, karena kurang adanya fasilitas air bersih. Oleh karena itu, kebanyakan dari para wisatawan justru lebih memilih untuk menginap di Labengki. Biasanya waktu yang diperlukan untuk sampai ke sana menggunakan speedboat adalah sekitar kurang lebih 1 jam.

Teluk Cinta Labengki

Teluk Cinta Labengki
Sumber: Instagram @kliqtravel

Sesuai dengan namanya yaitu teluk cinta labengki, tentu akan membuat para wisatawan yang berkunjung kesini akan jatuh cinta melihatnya. Teluk ini memiliki bentuk yang indah yaitu berupa bentuk hati. Jika melihatnya dari atas maka kalian akan melihat keindahan teluk ini berbentuk hati.

Puncak Teluk Cinta

Bukit Teluk Cinta
Sumber: Dokumentasi TelusuriNusantara.com

Biasanya para wisatawan agar dapat melihat dengan jelas keindahan teluk cinta, mereka akan trekking menuju atas bukit atau bahkan menggunakan drone. Di sini kalian akan melihat raja ampatnya Labengki tepat disebelahnya. Selain itu, di sini kalian akan melihat ada banyak sekali gugusan pulau karang yang terhampar dengan sangat indahnya serta memiliki warna yang cantik yaitu biru toska.

Pantai Pasir Panjang

Pantai Pasir Panjang
Sumber: Dokumentasi TelusuriNusantara.com

Dari namanya saja pantai pasir panjang, tentu pantai ini panjang sekali sesuai dengan namanya. Di pantai ini terdapat banyak pohon kelapa yang berjejer rapi di sekitaran pinggiran pantai. Untuk sampai di sana biasanya para wisatawan harus menaiki speedboat.

Sesampainya di sana tepatnya di sebelah kiri, kalian dapat melihat bongkahan baru besar yang mana sangat cantik sehingga banyak para wisatawan yang menjadikannya sebagai spot untuk berfoto. Namun jika kalian berjalan ke arah kanan, maka kalian akan melihat adanya bukit kecil yang dapat dinaiki agar dapat melihat pemandangan dari ketinggian di sana.

Selain itu, pantai yang satu ini memiliki air yang sangat bening serta cocok untuk dijadikan spot berfoto menggunakan sofa air diatasnya. Nah, untuk kalian para pecinta snorkeling, kalian dapat melakukannya di sini.

Goa Kolam Renang

Goa Kolam Renang
Sumber: Instagram @lidyaleechun

Mungkin jika mendengar namanya tentu kita akan terbesit bahwa goa ini dapat dijadikan tempat untuk berenang bukan? Ya, benar. Ternyata di goa yang satu ini ada kolam renang ukuran kecil terdiri dari dua bagian yang dihubungkan oleh semacam lorong yang memiliki ukuran agak memanjang.

Air yang ada di goa ini terasa payau karena berasal dari campuran air laut yang masuk melewati rembesan – rembesan disekitarnya. Jika airnya sedang tinggi, maka kalian harus berenang untuk dapat masuk ke goa ini. Namun tidak perlu khawatir bagi kalian yang tidak bisa berenang, karena kalian dapat mengenakan life jacket.

Mercusuar di Pulau Labengki Kecil

Mercusuar di Pulau Labengki Kecil
Sumber: Instagram @herman_set2131

Mercusuar yang satu ini tepat berada di sekitar bagian belakang dari perkampungan yang mana berada di sisi garis pantai yang tidak berpenghuni. Namun saat – saat terindah untuk menikmati pemandangan melihat mercusuar di tepi pantai biasanya saat matahari terbit. Sudahkah kalian membayangkannya melihat indahnya pemandangan mercusuar di tepi pantai saat matahari tenggelam sambil minum es dogan? mikmat bukan.

Pantai Pasir Merah

Pantai Pasir Merah
Sumber: Instagram @wisatasombori

Wah dari namanya saja pantai pasir merah, tentu pantai ini memiliki pasir yang berwarna merah, bukan? Ya benar sekali, sangat unik bukan? Kalian dapat menemukan pantai yang satu ini tepatnya di Labengki Besar. Pantai ini memiliki garis pantai yang panjang serta memiliki pasir berwarna merah kecoklatan.

Selain itu, pantai yang satu ini memiliki ciri khas yang sangat unik yaitu adanya sepasang pohon kelapa yang ada di sekitaran pinggir pantai dengan posisi saling bengkok seakan – akan ingin tumbang. Banyak para wisatawan datang berkunjung ke sini sekaligus berfoto di spot pohon kelapa ini.

Laguna Poros Kampali

Laguna Poros Kampali
Sumber: Instagram @bumiiadv

Tempat yang satu ini juga tidak kalah cantiknya dari tempat – tempat yang telah dipaparkan sebelumnya. Di sini kalian dapat melihat danau kembar nan cantik yang sangat memanjakan mata siapapun yang melihatnya. Laguna poros kampali adalah danau kembar yang memiliki keunikkan dengan keindahan warna hijau toskanya.

Mungkin sebagian dari kalian merasa bingung kenapa danau yang satu ini disebut dengan danau kembar? Bagi kalian yang melihat laguna (danau) poros kampali dari atas, maka kalian akan melihat bahwa kedua danau ini tepat dipisahkan oleh barisan karang yang berada disebelahnya masing – masing sehingga seperti menampakkan bahwa danau ini merupakan danau kembar.

Namun, untuk dapat sampai di sana kalian harus bersusah payah dahulu memanjat bebatuan karang berwarna kehitaman dan keabu – abuan yang tajam sekitar 10 menit lamanya. Tidak terlalu tinggi, namun kalian tetap harus berhati – hati agar tidak ada luka maupun cedera nantinya. Bagaimana? Menarik bukan?

Goa Allo

Goa Allo
Sumber: Instagram @like_palu

Goa Allo merupakan salah satu tempat yang sangat cantik untuk dikunjungi para wisatawan. Di bagian luar kalian dapat melihat pemandangan perairan dangkal yang ada di sekitarnya. Untuk sampai ke goa ini, kalian harus berenang menuju ke sana. Namun untuk kalian yang tidak dapat berenang, kalian dapat menggunakan pelampung.

Apabila kalian sampai di goa, saat memasukinya kalian dapat melihat daratan dan air sekaligus yang ada di dalamnya sehingga membentuk kolam alami yang tidak terlalu dalam. Selain itu, keindahan lainnya yang dapat kalian lihat adalah stalagtit dan stalagmitnya.

Diatasnya terdapat goa lagi yang mana sangat gelap namun indah untuk dikunjungi. Di goa ini juga terdapat banyak kelewar, sehingga sangat wajar apabila kalian melihat ada banyak sekali kelelawar bahkan mencium aroma darinya yang tidak mengenakkan.

Rumah Nenek Sombori

Rumah Nenek Sombori
Sumber: Dokumentasi TelusuriNusantara.com

Setelah berkunjung ke Goa Allo, biasanya kalian akan direkomendasikan untuk mengunjungi rumah nenek. Untuk sampai ke tempat ini, dibutuhkan waktu sekitar 15 menit lamanya dari Goa Allo. Selama perjalanan, kalian akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan berupa lumba – lumba disekitarnya.

Tempat ini dinamakan dengan rumah nenek karena dulunya dihuni oleh seorang nenek yang berasal dari suku Bajo. Dulu banyak yang berkata bahwa tempat ini dihuni oleh nenek dan suaminya, namun sekarang hanya dihuni oleh nenek dan seorang anak lelakinya. Nenek yang berpenghuni di sini sangatlah ramah, kalian akan disuguhkan kopi serta pisang sale buatan nenek itu sendiri. Banyak dari para wisatawan yang memberikan uang tip kepada nenek tersebut sebagai balas jasa seikhlasnya.

Laguna Mahumalalang

Laguna Magumalalang
Sumber: Instagram @ivren26

Tempat yang satu ini merupakan salah satu danau yang disukai oleh para wisatawan. Di Laguna Mahumlalang terdapat banyak sekali barisan karang yang tajam serta memiliki warna hitam ke abu – abuan. Hal cantik lainnya yang dimiliki oleh danau ini adalah memiliki air yang berwarna hijau toska. Air yang ada di danau ini sangat bening sehingga kalian dapat dengan mudah sesekali melihat adanya ikan – ikan kecil yang sedang lewat.

Banyak para wisatawan di sini memanfaatkan indahnya pemandangan karang sebagai spot foto yang sangat menarik untuk diunggah di sosial media mereka. Bahkan para wisatawan ada yang menyebutkan danau ini sebagai blue lagoon atau green lagoon. Menarik bukan untuk dikunjungi?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

20 Tempat Wisata di Jember yang Bisa Dikunjungi

Jember, sebuah kabupaten yang berada di ujung timur Provinsi Jawa Timur. Mungkin banyak di antara kamu yang belum pernah mendengar nama daerah ini. Tetapi...

Keindahan Camping di Ranca Upas

Bagi mereka yang menyukai wisata berkemah, Ranca Upas tentu menjadi tempat yang tidak boleh ketinggalan untuk dikunjungi. Bumi perkemahan yang sudah sangat terkenal ini...

12 Pantai di Pacitan yang Wajib Masuk Listmu

Siapa yang tidak mengenal daerah Pacitan yang terletak di provinsi Jawa Timur satu ini? Kabupaten dengan Kota yang juga dikenal sebagai 1001 Goa ini...

Keindahan & Informasi Wisata di Situ Patenggang

Bandung, salah satu wilayah terbesar yang terletak di Jawa Barat ini menyimpan sejuta potensi pariwisata. Oleh karena itu, tak heran jika banyak sekali warga...

12 Rekomendasi Gudeg Jogja Paling Dicari

Jika sedang berkunjung ke Jogja, hal apa yang pertama kali terlintas dipikiranmu? Keraton, Jalan Malioboro, Gunung Merapi, atau gudeg? Ya, gudeg adalah kuliner asli...