Home Sulawesi Tengah 14 Rekomendasi Tempat Wisata di Wakatobi

14 Rekomendasi Tempat Wisata di Wakatobi

Wakatobi merupakan salah satu surganya Indonesia. Daerah yang tepatnya ada di Sulawesi Tenggara ini menyimpan indahnya pesona dan kecantikan alam yang sangat luar biasa. Wajar saja bila tentunya tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan baik dari mancanegara maupun lokal.

Bagi yang sudah berkunjung ke Wakatobi, tentu diantara kalian akan sangat menyukai bahkan sangat kagum akan keindahan alam yang dimilikinya. Namun, bagi yang belum berkunjung ke sini tidak perlu ragu untuk maju mundur memilih tempat ini sebagai destinasi wisata kalian bersama orang tekasih. Berikut akan kami paparkan tempat – tempat wisata yang bisa kalian kunjungi selama berlibur di Wakatobi.

Pantai Pulau Hoga

Pulau Hoga
Sumber: Instagram @jaymuhammad.id

Destinasi tempat wisata yang satu ini terkenal dengan keindahan pasir putihnya yang selalu menjadi dambaan untuk dilihat oleh para wisatawan. Selain itu, bagi kalian yang suka bermain pasir atau bermain tanam – tanaman tubuh di pasir tentu sangat asyik bermain di sini, karena tekstur pasir putihnya yang halus serta bersih.

Pantai Pulau Hoga terletak tepat dari Pulau Kaledupa yang terpisahan oleh selat kecil. Ombak yang ada di pantai ini terkenal tenang, sehingga aman untuk kalian bermain nantinya. Mungkin bagi kalian yang sedang membutuhkan tempat wisata yang menenangkan, maka berkunjung ke Pantai Pulau Hoga adalah rekomendasi yang tepat. Untuk tahu lokasinya, silahkan cek di sini ya!

Pulau Kaledupa

Pulau Kaledupa
Sumber: Instagram @ekawatidian410

Pulau yang satu ini merupakan salah satu pulau dari Wakatobi yang terkenal sangat cantik tepatnya di Taman Nasional Wakatobi. Mungkin sebagian besar dari kita akan terasa asing mendengar namanya, namun jangan salah karena dijamin kalian akan kagum dengan keindahan – keindahan yang dimilikinya.

Salah satu keunikan di sini adalah masih terjaganya terumbu karang sehingga habitat ikan besar maupun ikan kecil masih sangat terjaga. Jangan lupa untuk snorkling dan diving jika ke sini yah! Untuk tahu lokasinya, silahkan cek di sini ya!

Pantai Cemara

Pantai Cemara
Sumber: Instagram @amalhermawan

Wakatobi selalu punya banyak wisata alam yang sangat cantik, salah satunya yaitu Pantai Cemara. Pantai ini masih terbilang baru untuk umum. Khas dengan pasir putih dan tekstur halusnya membuat para wisatawan betah bermain di sini. Pantai ini tepat menghadap langsung ke arah Laut Banda, sehingga tentunya pemandangan matahari tenggelam di sini sangatlah cantik. Untuk tahu lokasinya, silahkan cek di sini ya!

Goa Kontamale

Goa Kontamale
Sumber: Instagram @upphay_

Wakatobi tak hanya terkenal akan keindahan pulau dan pantainya saja, namun ternyata memiliki keindahan juga pada goanya. Wakatobi juga merupakan daerah yang memiliki banyak goa – goa unik serta adanya aliran air tanah yang ada di dalam goa tersebut. Salah satu goa di Wakatobi yang sangat terkenal akan keindahannya yaitu Goa Kontamale yang tepat berada di Pulau Wangi – Wangi.

Masyarakat di sini juga kerap memanggilnya dengan nama Goa Telaga. Hal ini disebabkan karena genangan air yang ada di bibir Goa. Selain itu keindahan lainnya yang dimiliki oleh goa ini yaitu pemandangan stalagnit serta dengan adanya aliran air yang jernih di dalam goa tersebut. Menarik bukan untuk dikunjungi? Untuk tahu lokasinya, silahkan cek di sini ya!

Benteng Liya Togo

Benteng Tiga Liyo
Sumber: Instagram @stuartcollin

Kali ini kalian akan diajak untuk mengenal tempat wisata bersejarah yang ada di Wakatobi. Ternyata Wakatobi juga menyimpan tempat wisata sejarah yang tentunya tak kalah menarik untuk dikunjungi oleh para wisatawan.

Di sini kalian dapat melihat Benteng Liya Togo yang masih ada serta berdiri kokoh dengan keunikannya berupa dinding benteng – bentengnya terbuat dari batu karang dan direkatkan hanya dengan menggunakan putih telur. Tidak hanya itu saja, di dalamnya kalian juga dapat melihat indahnya masjid tertua yang ada di Wakatobi. Untuk tahu lokasinya, silahkan cek di sini ya!

Taman Nasional Rawa Aopa

Taman Nasional Rawa Aooa
Sumber: Instagram @rikasharsa

Jika kalian bosan dengan wisata pantai yang ada di Wakatobi, tak perlu khawatir karena kalian juga dapat berkunjung ke Taman Nasional Rawa Aopa. Taman yang satu ini memiliki lanskap alam yang sangat ciamik dan indah untuk dipandang. Ada banyak bentang alam yang dapat kalian lihat di dalamnya seperti savana, gunung hingga indahnya hamparan hutan bakau yang ada disana.

Taman nasional yang satu ini memiliki luas sekitar lebih dari 1050 km2. Taman ini juga memiliki keindahan fauna dan floranya sehingga sangat cocok dijadikan sebagai spot foto andalan bagi kalian yang tengah berburu feed instagram. Bagi kalian yang belum puas untuk melihat keindahan alam di sini, kalian juga dapat bermalam atau berkemah agar dapat lebih menelisik lebih dalam keindahan di sana. Untuk tahu lokasinya, silahkan cek di sini ya!

Pemandian Alam Hendaopa

Pemandian Alam Hendaopa
Sumber: Instagram @rizal.phzeronine

Destinasi wisata yang satu ini tepat berada di Desa Wawatimo yaitu di puncak Gunung Tomia. Bagi kalian yang bosan dengan hiruk piruk kota, maka kalian dapat mencoba untuk berendam di pemandian alam yang satu ini. Sangat menenangkan! Namun jangan salah, agar dapat masuk ke tempat yang satu ini kalian harus dapat melewati gua kecil yang terlihat seperti lubang biasa.

Tak sabar bukan untuk segera berendam di Pemandian Alam Hendaopa? Untuk tahu lokasinya, silahkan cek di sini ya!

Pulau Binongko

Pulau Binongko

    1. Sumber : Instagram

@amalhermawan

Pulau yang satu ini tentu tidak kalah cantiknya dari pulau – pulau lainnya yang ada di Wakatobi. Terkenal dengan keindahan lanskap bawah lautnya yang penuh dengan biota – biota laut yang cantik. Oleh karena itu, banyak para wisatawan yang tentunya tidak akan melewatkan aktivitas diving dan snorkling disini.

Tidak hanya sampai di situ saja keindahan yang dimiliki oleh pulau ini, di sini juga terdapat bukit kapal bagi kalian yang ingin melihat keindahan daratan di Pulau Binongko. Cek di sini yah untuk tahu lokasinya!

Bawah Laut Tomia dan Onemohute

Bawah Laut Tomia dan Onemahute
Sumber: Instagram @onemohutewakotobidive

Destinasi wisata yang satu ini tentunya tak kalah terkenalnya juga dari wisata bawah laut lainnya yang ada di Wakatobi. Tempat ini tepat berada di Pulau Tomia. Di sini kalian bisa menyelam demi melihat keindahan bawah lautnya. Namun tidak hanya itu, bahkan di sini kalian juga dapat berenang bersama lumba – lumba yang biasanya akan muncul di permukaan. Untuk tahu lokasinya, silahkan cek di sini ya!

Pantai Tanduno

Pantai Tanduno
Sumber: Instagram @agungmasulili

Pantai yang satu ini juga tidak kalah cantiknya dari pantai – pantai lainnya. Di sini kalian dapat menikmati suasana alam sekitarnya sekaligus bermain ayunan. Tidak hanya itu, di Pantai Tanduno terdapat beberapa pendopo dan juga spot – spot foto yang dibuat khusus untuk para wisatawan dapat berfoto ria. Jangan lewatkan saat air laut surut, karena di sini kalian dapat melihat keindahan kontur serta garis pantai yang luas. Luar biasa, bukan? Untuk tahu lokasinya, silahkan cek di sini ya!

Puncak Khayangan Tomia

Puncak Khayangan Tomia
Sumber: Instagram @yosef_hans_bertiyan

Sesuai denan namanya, puncak Khayangan yang satu ini terletak tepat di Pulau Tomia. Puncak ini adalah sebuah bukit rumput yang mana memiliki lahan yang cukup luas sehingga dapat memuaskan para pengunjung nantinya agar dapat menelisik keindahan eksotisme dari ketinggian yang ada di Pulau Tomia.

Nah bagi kalian para penikmat senja, tempat yang satu ini juga tidak kalah asyik untuk kalian lewatkan demi melihat indahnya matahari tenggelam di Pulau Tomia. Tidak hanya itu, bagi kalian yang berencana ingin bermalam atau bahkan berkemah di sini, tentu bisa. Untuk tahu lokasinya, silahkan cek di sini ya!

Desa Kulati Pulau Tomia

Desa Kulati
Sumber: Instagram @helen_mirana

Tempat wisata yang satu ini merupakan salah satu destinasi favorit dari para wisatawan. Desa ini merupakan desa kecil yang tepat berada di sisi Timur dari Pulau Tomia. Di Desa ini kalian akan melihat bentangan alam yang sangat indah serta pemandangan tebing – tebing curam di atas pantai berpasir putih serta diatas permukaan laut yang sangat luas. Untuk tahu lokasinya, silahkan cek di sini ya!

Danau Sombano

Danau Sombrano
Sumber: Instagram @stevanysuryaputra

Danau yang satu ini memiliki ciri khas berupa keindahan floranya yang sangat menarik untuk ditelisik. Danau Sombano memiliki banyak sekali ragam flora tropis seperti bakau, anggrek serta berbagai macam spesies pandan yang ada di sana. Sudah terbayang bukan akan keindahannya?

Namun ternyata danau yang satu ini memiliki mitos sehingga dari sebagian masyarakat setempat kurang menganjurkan para wisatawan untuk berlibur di sini karena terdapat buaya hitam yanag dipercaya merupakan penghuni danau ini. Tapi kalian tidak perlu takut, tentu kalian boleh berenang di sana hanya saja harus tetap berhati – hati nanti. Untuk tahu lokasinya, silahkan cek di sini ya!

Pantai Pulau Anano

Pulau Anano
Sumber: Instagtam @amritamaumere

Bagi kalian para pecinta penyu, tempat yang satu ini sangat wajib untuk kalian kunjungi nantinya. Pantai Pulau Anano adalah pulau kecil tak berpenghuni yang merupakan tempat bertelurnya para penyu hijau serta penyu sisik. Banyak para wisatawan yang sengaja berkunjung ke sini agar dapat menyaksikan secara langsung proses menetasnya telur – telur penyu tersebut. Maka dari itu, tak heran apabila banyak orang yang menjuluki tempat ini dengan nama ‘Pulau Seribu Penyu’.

Baca juga: 11 Spot di Labengki Sombori yang Wajib didatangi

Namun tidak setiap hari penyu bertelur dan menetas, karena ada kalanya mereka tak sedang berada di musim bertelur. Tetapi kalian tidak perlu khawatir, karena kalian masih dapat melihat indahnya pemandangan Pantai Pulau Anano saat matahari tenggelam. Sangat indah! Untuk tahu lokasinya, silahkan cek di sini ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

20 Tempat Wisata di Jember yang Bisa Dikunjungi

Jember, sebuah kabupaten yang berada di ujung timur Provinsi Jawa Timur. Mungkin banyak di antara kamu yang belum pernah mendengar nama daerah ini. Tetapi...

Keindahan Camping di Ranca Upas

Bagi mereka yang menyukai wisata berkemah, Ranca Upas tentu menjadi tempat yang tidak boleh ketinggalan untuk dikunjungi. Bumi perkemahan yang sudah sangat terkenal ini...

12 Pantai di Pacitan yang Wajib Masuk Listmu

Siapa yang tidak mengenal daerah Pacitan yang terletak di provinsi Jawa Timur satu ini? Kabupaten dengan Kota yang juga dikenal sebagai 1001 Goa ini...

Keindahan & Informasi Wisata di Situ Patenggang

Bandung, salah satu wilayah terbesar yang terletak di Jawa Barat ini menyimpan sejuta potensi pariwisata. Oleh karena itu, tak heran jika banyak sekali warga...

12 Rekomendasi Gudeg Jogja Paling Dicari

Jika sedang berkunjung ke Jogja, hal apa yang pertama kali terlintas dipikiranmu? Keraton, Jalan Malioboro, Gunung Merapi, atau gudeg? Ya, gudeg adalah kuliner asli...