Home Kalimantan Barat 10 Tempat Wisata di Pontianak yang Harus Didatangi

10 Tempat Wisata di Pontianak yang Harus Didatangi

Selama ini mungkin wisata di Pulau Kalimantan tidak sepopuler pulau tetangganya, yaitu Sumatera. Padahal, alam dari Kalimantan begitu indah dan banyak untuk dijelajahi. Salah satu kota di Kalimantan yang memiliki berbagai tempat wisata adalah Pontianak.

Pontianak memiliki kota yang hijau dengan banyak pohon yang tumbuh di sana – sini. Suasana ini tentunya sangat mendukung wisatawan untuk berkunjung. Apa saja tempat wisata seru yang ada di Pontianak? berikut tempat wisata di Pontianak yang wajib dikunjungi.

Tugu Khatulistiwa

Tugu Khatulistiwa
Foto: Google Maps @Pariwisata Gaichi

Pontianak menjadi salah satu kota istimewa di Indonesia karena merupakan kota yang dilalui garis khatulistiwa, dimana hanya ada 12 negara di dunia yang dilalui garis khatulistiwa. Pontianak menjadi satu – satunya kota yang persis memisahkan belahan bumi utara dan selatan. Di sinilah berdiri Tugu Khatulistiwa yang megah yang berada tepat pada garis lintang nol derajat bumi.

Tugu Khatulistiwa yang asli berukuran lebih kecil, berada di dalam kompleks bangunan Tugu Khatulistiwa yang berukuran lebih besar. Kamu bisa mengunjungi tugu ini di Jalan Khatulistiwa, Pontianak, Kalimantan Barat. Biasanya, wisatawan datang untuk berfoto mengabadikan momen. Wisata ini tidak memungut biaya tiket masuk, dan kamu dapat berkunjung ke sini kapan saja. Untuk lebih jelasnya, kamu dapat klik link ini.

Keraton Kadriah

Keraton Kadriah
Foto: Google Maps @Paul Gerarts

Tidak hanya di Jawa, Pontianak pun memiliki keraton, yaitu Keraton Kadriah. Bangunan keraton ini sangat mencolok karena memiliki warna kuning di bagian depannya. Bangunannya sangat khas bangunan Kalimantan, bukan Joglo seperti di Jawa. Bangunannya begitu megah dengan ukuran kurang lebih 30 x 50 meter yang terdiri dari tiga tingkat. Usia keraton ini sudah lebih dari 300-an tahun.

Keraton Kadriah menjadi bukti berdirinya Kota Pontianak pada tahun 1771 oleh Sultan Syarif Abdurrahman Alkadrie. Berdiri di tepi sungai, tepatnya di Kelurahan Dalam Bugis, Kecamatan Pontianak Timur, Kota Pontianak. Klik di sini untuk menuju lokasi.

Rumah Betang Radakng

Rumah Betang Radakng
Foto: Google Maps @Muhammad Feri Wahyudi

Belum lengkap rasanya jika berkunjung ke suatu daerah tanpa mengetahui budaya daerah tersebut. Jika ingin mengetahui tentang budaya dan adat Kalimantan Barat, kamu bisa datang ke rumah betang atau rumah adat Radakng yang merupakan rumah khas suku Dayak Kanayatn di Kalimantan Barat. Rumah ini termasuk rumah adat yang panjang, bahkan dapat dihuni hingga 100 orang.

Di bagian bawah rumah adat ini memiliki kolong atau pondasi rumah yang tinggi, tujuannya untuk dapat melindungi diri dari binatang buas dan musuh. Atapnya begitu unik, khas bangunan adat Kalimantan. Untuk membedakan tiap keluarga, biasanya di dalam rumah dilengkapi dengan bilik – bilik. Lokasi objek wisata ini terletak di Sungai Bangkong, Pontianak Kota, Pontianak. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa klik link informasi ini.

Taman Alun – Alun Kapuas

Alun - Alun Taman Kapuas
Foto: Google Maps @Sony Pandapotan Hutapea

Taman Alun – Alun Kapuas terletak di pusat Kota Pontianak, menjadi tempat berkumpulnya para warga melepas penat dan mencari hiburan. Berbagai hal dapat dilakukan di sini, bermain – main, atau sekedar duduk santai sambil menikmati pemandangan sungai yang membelah Kota Pontianak.

Ada juga air mancur yang indah di pusat taman. Cahaya lampu pun turut meramaikan suasana taman kala malam. Berbagai sajian kuliner khas Pontianak juga hadir dan siap mengisi perut keroncongan pengunjung. Lokasi taman ini berada di Jalan Rahadi Usman, Tengah, Kecamatan Pontianak Kota, Kota Pontianak. Untuk informasi selengkapnya bisa klik link ini.

Kapal Wisata Sungai Kapuas

Kapal Wisata Sungai Kapuas
Foto: Google Maps @YUL ICE

Menikmati indahnya Kota Pontianak tidak hanya bisa dilakukan di daratan. Kamu juga dapat melakukan tour menikmati Kota Pontianak dari atas sungai dengan Kapal Wisata Sungai Kapuas. Dari atas kapal ini, kamu dapat menyaksikan kemegahan Keraton Kadriah, Masjid Jami, kamu juga akan melewati Pasar Kapuas, Waterfront City, serta Jembatatan Kapuas.

Kamu tak perlu membayar untuk menaikin kapal ini, cukup memesan makanan yang ada. Kuliner di kapal berupa makanan ringan seperti kentang goreng, sosis goreng, dan lainnya. Untuk menikmati Kapal Wisata Sungai Kapuas, kamu dapat menuju Jalan Rahadi Usman No.2, Siantan Tengah, Kecamatan Pontianak Kota, Kota Pontianak. Klik link ini ya untuk menuju ke sana.

Rumah Adat Melayu

Rumah Adat Melayu
Foto: Google Maps @Irfan Iswandi

Rumah Adat Melayu Kalimantan Barat merupakan bangunan serba guna yang berdiri di atas lahan seluas kurang lebih 1,4 hektar. Di sini kamu dapat menikmati budaya adat rumah Melayu.

Bangunan Rumah Adat Melayu ini juga kerap kali digunakan sebagai gedung pertemuan. Berbagai event kebudayaan Melayu di Kalimantan Barat kerap kali diadakan di sini, salah satunya adalah Festival Seni Budaya Melayu. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa klik link ini.

Museum Kalimantan Barat

Museum Kalimantan Barat
Foto: Google Maps @Dewi Nurlaela

Untuk mempelajari budaya dan sejarah Kalimantan Barat, kamu bisa berkunjung ke Museum Kalimantan Barat. Di sini terdapat berbagai seni, budaya, ilmu pengetahuan, serta benda – benda kuno. Budaya yang tersimpan di sini pun beraneka macam seperti Dayak, Melayu, hingga Tionghoa.

Museum yang terletak di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kota Pontianak, ini termasuk museum yang modern. Benda – benda yang tersimpan di sini diletakkan pada ruang – ruang yang disekat dengan kaca. Kamu bisa mengamati tanpa merusak barang bersejarah. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa klik link ini.

Aloe Vera Center

Aloe Vera Center
Foto: Google Maps @Mulyadi Ardiansyah

Berlokasi di Jalan Budi Utomo, Siantan Hulu, Pontianak Utara, terdapat sentra pengembangan lidah buaya yang bernama Aloe Vera Center. Di sini, kamu dapat menyaksikan hamparan ladang yang penuh dengan tanaman lidah buaya. Meskipun lidah buaya menjadi tanaman yang umum ada di Indonesia, namun keberadaan Aloe Vera Center dapat membuatmu terpukau.

Di sini, lidah buaya tumbuh dengan subur karena hidup di tanah gambut dengan Ph atau keasaman yang tinggi. Di sini, kamu dapat menyaksikan secara langsung cara menanam lidah buaya yang benar. Kamu pun dapat membawa pulang oleh – oleh olahan lidah buaya, termasuk juga kuliner dari lidah buaya. Menarik bukan? Kamu bisa klik link ini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Tugu Digulis

Tugu Digulis
Foto: Google Maps @achmad maulana

Selain Tugu Khatulistiwa, Pontianak juga memiliki landmark lain yaitu Tugu Digulis. Tugu Digulis terletak di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Bansir Laut, Pontianak, merupakan simbol perjuangan para pahlawan di masa kemerdekaan. Tugu ini begitu unik dan memiliki makna mendalam karena berbentuk serumpun bambu runcing. Mengingatkan pada perjuangan pahlawan Indonesia yang menggunakan bambu runcing untuk melawan penjajah.

Kamu dapat mengunjungi Tugu Digulis kapan pun. Di siang hari akan tampak indah dijadikan objek berfoto. Malam hari pun tak kalah indah karena biasanya akan ada air mancur yang diberi lampu sorot, sehingga tampak lebih bercahaya. Untuk menuju ke Tugu Digulis, kamu bisa klik link ini.

Taman Arboretum Sylva Untan

Arboretum Sylva Untan
Foto: Google Maps @Randi Agusti

Arboretum Sylva Untan adalah bentuk mini hutan Kalimantan yang berada di tengah kota. Di sini terdapat 32 jenis burung khas Kalimantan Barat. Tidak hanya itu, tempat ini juga menjadi rumah bagi 214 spesies tumbuhan endemik Kalimantan Barat. Bahkan, Taman ini dibangun pada tahun 1990 serta memiliki luas 3,2 hektar.

Meskipun dikelola oleh mahasiswa Fakultas Kehutanan Untan, tempat ini tidak hanya untuk mahasiswa Untan, tapi juga dibuka untuk umum. Kamu dapat mengunjunginya di Jalan Jenderal Ahmad Yani Gerbang Untan, Pontianak Tenggara, Pontianak. Atau untuk informasi lokasi lebih lengkap, kamu bisa klik link ini.

Itulah tempat wisata yang dapat kamu kunjungi di Pontianak. Selain harganya yang murah, lokasinya pun tidak terlalu jauh antara satu dengan lainnya. Jadi, kamu bisa menjelajah dengan puas setiap objek wisatanya. Selamat berlibur!

Ratih
Penggemar teh yang suka berkeliling menjelajahi suatu tempat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Keindahan Camping di Ranca Upas

Bagi mereka yang menyukai wisata berkemah, Ranca Upas tentu menjadi tempat yang tidak boleh ketinggalan untuk dikunjungi. Bumi perkemahan yang sudah sangat terkenal ini...

20 Tempat Wisata di Jember yang Bisa Dikunjungi

Jember, sebuah kabupaten yang berada di ujung timur Provinsi Jawa Timur. Mungkin banyak di antara kamu yang belum pernah mendengar nama daerah ini. Tetapi...

Keindahan Camping di Ranca Upas

Bagi mereka yang menyukai wisata berkemah, Ranca Upas tentu menjadi tempat yang tidak boleh ketinggalan untuk dikunjungi. Bumi perkemahan yang sudah sangat terkenal ini...

12 Pantai di Pacitan yang Wajib Masuk Listmu

Siapa yang tidak mengenal daerah Pacitan yang terletak di provinsi Jawa Timur satu ini? Kabupaten dengan Kota yang juga dikenal sebagai 1001 Goa ini...

Keindahan & Informasi Wisata di Situ Patenggang

Bandung, salah satu wilayah terbesar yang terletak di Jawa Barat ini menyimpan sejuta potensi pariwisata. Oleh karena itu, tak heran jika banyak sekali warga...