Home Maluku Utara 17 Tempat Wisata yang bisa dikunjungi di Ternate

17 Tempat Wisata yang bisa dikunjungi di Ternate

Saat mempelajari sejarah, tentu kita menjumpai tempat bernama Ternate dan Tidore. Tak heran, karena dua tempat ini merupakan lokasi dimana Portugis pertama kali menginjakkan kaki di Maluku.

Terlepas dari peristiwa sejarah, kini Ternate banyak dikunjungi oleh wisatawan. Hal ini dikarenakan daya tarik tempat wisata di Ternate yang begitu memukau. Meskipun Ternate berada di bawah kaki Gunung Api Gamalama, tak menyurutkan wisatawan untuk mengunjungi Ternate.

Untuk kamu yang juga ingin berkunjung ke Ternate, berikut adalah 17 tempat wisata keren yang ada di Ternate.

Pantai Jikomalamo

Pantai Jikomalamo
Foto: Google Maps @ecapSsdeeNwerdnA

Pantai Jikomalamo mungkin belum terkenal diantara wisatawan, karena terbilang masih sangat baru. Namun bagi pecinta diving, pantai ini tentu sudah masuk dalam daftar tempat yang wajib dikunjungi. Betapa tidak, tempat ini menawarkan keindahan bawah laut yang begitu memukau. Meskipun garis pantai hanya 100 meter, tapi keindahan alamnya begitu menenangkan. Bahkan, berenang di sini serasa berada di kolam renang terbuka.

Untuk mencapai Pantai Jikomalamo tidak dapat dilakukan melalui jalur darat, melainkan hanya jalur laut melalui Pantai Sulamadaha. Suasananya masih sangat sepi, bahkan belum ada fasilitas publik maupun penjual makanan dan minuman di sini. Namun, bagi kamu yang memiliki jiwa petualang tinggi dan ingin berkunjung ke sini, kamu bisa klik link ini untuk informasi lebih lanjut.

Pantai Sulamadaha

Pantai Sulamadaha
Foto: Google Maps @Rangga Pramana

Siapa bilang pantai cantik harus berpasir putih? Di Pantai Sulamadaha menawarkan kecantikan pantai dengan pasir hitam yang khas. Pantai Sulamadaha memiliki air yang sangat jernih, berwarna biru kehijauan. Bahkan karena jernihnya, kamu seolah dapat bercermin di permukaan pantainya. Tidak hanya itu, keindahan alam bawah lautnya pun dapat terlihat dengan jelas dari permukaan.

Pantai Sulamadaha menjadi gerbang utama jika ingin menuju ke Pulau Hiri serta Pantai Jikomalamo. Dari sini kamu bisa naik perahu menuju ke pantai dan diving point tersebut. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa klik link ini.

Pantai Falajawa

Pantai Falajawa
Foto: Google Maps @Udk nic

Pantai Falajawa seolah seperti Pantai Losari di Makassar, menjadi pantai yang wajib dikunjungi ketika di Ternate. Banyak wisatawan yang menyempatkan diri berkunjung ke Pantai Falajawa untuk berfoto dengan latar belakang tulisan “Ternate”. Di sini, kamu bisa bersantai sambil menikmati pemandangan, ditemani dengan berbagai sajian khas kuliner yang ada di sekitar pantai. Ada nasi jaha, lalampo, serta kuliner khas lainnya.

Kamu pun dapat menyelam di Pantai Falajawa, di titik selam yang sudah ditentukan. Atau jika hanya ingin berenang, juga dapat dilakukan di sini. Pengelola objek wisata ini juga telah menyediakan pelampung untuk para pengunjung. Berlokasi di Jalan Pahlawan Revolusi, Muhajirin, Ternate Tengah, Kota Ternate. Atau kamu bisa klik link ini untuk informasi lebih lanjut.

Pantai Fitu

Pantai Fitu
Foto: Google Maps @Pur Tok

Pantai Fitu menjadi sangat ikonik semenjak pecahan uang Rp1.000 dengan latar belakang dua gunung ini beredar. Yap, pemandangan pantai itu berada di Pantai Fitu. Di sini, kamu dapat menikmati indahnya hamparan pasir luas dengan air yang jernih. Dari kejauhan, tampak dua gunung ikonik, yaitu Gunung Maitara dan Gunung Tidore yang letaknya bersebelahan.

Pemandangan lepas pantai menjadi lebih indah dengan adanya aktivitas nelayan yang mencari ikan. Menebar jala dengan menaiki perahu tradisional yang begitu khas. Untuk informasi lebih lanjut terkait Pantai Fitu, kamu bisa klik link ini.

Pantai Kastela

Pantai Kastela
Foto: Google Maps @Jeffry Sim

Jika kamu sedang mencari spot sunset indah di Ternate, datanglah ke Pantai Kastela. Pantai Kastela berlokasi di Kecamatan Pulau Ternate, Kota Ternate. Objek wisata ini belum terlalu ramai oleh pengunjung, namun keindahannya tidak bisa diragukan lagi dan layak disandingkan dengan pantai indah lainnya di Ternate.

Datanglah ke pantai ini saat sore hari. Kamu bisa menikmati pemdanganan sambil duduk – duduk di tepi pantai atau di bawah pohon kelapa yang rindang di tepian. Untuk informasi lengkap terkait Pantai Kastela, kamu bisa klik link ini.

Pantai Mangga Dua

Pantai Mangga Dua
Foto: Google Maps @Dimas Haryanto

Mangga di sini bukanlah pusat perbelanjaan besar, melainkan sebuah pantai di Ternate. Di Pantai Mangga Dua, kamu dapat menikmati pemandangan indah gunung yang berada di kejauhan. Lokasi menyaksikan pemandangan yang tepat adalah di anjungan dermaga yang terbuat dari kayu. Beberapa pengunjung sengaja menuju dermaga tersebut untuk mendapatkan hasil foto yang memuaskan.

Lokasi objek wisata ini berada di Mangga Dua, Kecamatan Ternate Selatan, Kota Ternate. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa klik link ini.

Pulau Hiri

Pulau Hiri
Foto: Google Maps @Arif Wibowo

Pulau Hiri menjadi pulau pertama di Indonesia yang dinobatkan sebagai Pulau Layak Anak. Di pulau ini, air lautnya begitu jernih, kamu juga dapat menikmati perairan bawah laut hanya dari atas. Pepohonan masih tumbuh di sekitar yang membuatnya semakin tampak asri.

Di sini, ada sebuah batu karang yang berbentuk unik. Membentuk seperti huruf “n” kecil, namun lubang di bagian tengah bawah tidak terlalu besar. Untuk menuju Pulau Hiri, kamu dapat naik perahu dari Pantai Sulamadaha dengan waktu tempuh selama 15 – 30 menit. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa klik link ini.

Benteng Tolukko

Benteng Tolukko
Foto: Google Maps @Rachmat Avian

Ternate memiliki tempat – tempat peninggalan pada masa kolonial, salah satunya adalah Benteng Tolukko. Benteng Tolukko terletak di atas bukit batu, di pinggir pantai. Dulunya, Benteng Tolukko digunakan sebagai tempat pertahanan sekaligus penyimpanan rempah – rempah.

Konon, di dalam Benteng Tolukko terdapat lorong rahasia yang langsung menuju ke wilayah pantai. Banyak pengunjung yang memanfaatkan kawasan benteng ini untuk berfoto. Daya tarik utama jika kamu berkunjung di sini pun adalah pemandangan yang begitu indah. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa klik link ini.

Benteng Kalamata

Benteng Kalamata
Foto: Google Maps @adventy nahan

Sama seperti Benteng Tolukko, Benteng Kalamata juga merupakan saksi bisu sejarah kolonial di Ternate. Jika dilihat dari atas, kawasan benteng ini berbentuk seperti burung yang membentangkan sayapnya. Benteng ini dibangun oleh Portugis pada tahun 1540, yang oleh masyarakat juga disebut sebagai Benteng Kayu Merah.

Ketika kamu memasuki kawasan benteng, kamu akan merasakan sensasi seperti sedang di Eropa. Batuan yang menyusun bangunan benteng begitu kuat. Di dalamnya pun terdapat halaman rumput hijau yang cukup luas. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa klik link ini.

Fort Oranje

Fort Oranje
Foto: Google Maps @Stefanus Bagus Ardiyanto

Tidak seperti benteng yang lain, Fort Oranje terletak di tepi jalan, tidak di tepi pantai. Fort Oranje atau Benteng Oranje terletak di Jalan DR. Hasan Boesoiri, Kelurahan Gamalama, Kecamatan Ternate Tengah, Kota Ternate. Fort Oranje merupakan benteng peninggalan pertama yang ada di Indonesia.

Bangunan benteng masih berdiri sangat kokoh, bahkan kamu masih dapat menemukan meriam di dalam benteng. Meskipun sudah lama, benteng ini masih sangat terawat. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa kunjungi link ini.

Kedaton Sultan Ternate

Keraton Sultan Ternate
Foto: Google Maps @Ferdian octa dinata

Kedaton Sultan Ternate kini telah menjadi museum, yang merupakan peninggalan dari Kesultanan Ternate. Museum ini berada di Bukit Limau, Jalan Sultan Khairun, Kelurahan Sao-sio, Ternate Utara, Ternate. Dibangun pada 24 November 1813 oleh Sultan Muhammad Ali. Luas bangunan ini mencapai 1.500 meter persegi dengan luas area 1,5 hektar.

Bentuk bangunan objek wisata ini begitu unik, yaitu berbentuk segi delapan yang mirip dengan bentuk singa yang sedang duduk dengan kedua kaki depan menghadap ke laut. Keindahannya bertambah lagi karena pemandangan latar belakangnya langsung Gunung Gamalama. Di sini, kamu dapat melihat langsung koleksi peninggalan Kesultanan Ternate, seperti koleksi benda – benda geologi, arkeologi, etnografi, seni rupa, keramik, serta teknologi pada masa itu. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa klik link ini.

Air Terjun Gambesi

Gambesi
Foto: Google Maps @ikbal 081212

Air Terjun Gambesi ini masih sangat jarang dikunjungi oleh wisatawan. Bahkan, kamu bisa merasakan sensasi air terjun seolah milik pribadi di sini. Kebanyakan orang hanya mengetahui hutan cengkeh yang ada di Gambesi, padahal tidak jauh dari hutan cengkeh ini terdapat air terjun yang begitu indah. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa kunjungi link ini.

Kebun Cengkeh

Kebun Cengkeh
Foto: Google Maps @jumnan kuswandana

Ternate terkenal akan tumbuhan rempah – rempahnya yang subur, salah satunya cengkeh. Di Kebun Cengkeh ini, banyak sekali pohon cengkeh tua yang semua dahan dan rantingnya tumbuh menjulang tinggi. Namun, sudah mengering dan meninggalkan hanya batang pohon saja tanpa daun. Batangnya berwarna putih kehitam – hitaman, meskipun beberapa pohon cengkeh masih tumbuh subur dengan daun yang lebat.

Di bagian bawah, rumput tumbuh subur dengan warna hijaunya. Perpaduan pohon mati dengan rumput yang hijau subur membuat pemandangan begitu indah. Bahkan, seolah pemandangan ini ada di Eropa, dan tak sedikit yang datang untuk foto pre-wedding di sini. Jika kamu ingin menikmati sensasi keindahannya, kamu bisa klik link ini untuk informasi lebih lanjut.

Batu Angus

Batu Angus
Foto: Google Maps @Meixko Verrous Setyawan

Batu Angus adalah objek wisata yang terletak di Jalan Lain, Kota Ternate. Di sini, terdapat hamparan batuan hitam seperti hangus terbakar, sehingga dinamakan Batu Angus. Batu – batu ini berasal dari letusan Gunung Gamalama pada 1673 silam, dimana batuan ini merupakan lahar yang sudah mengering dan mengeras, lalu berubah warna menjadi hitam.

Objek wisata ini dapat menjadi tempat yang tepat untuk berfoto. Latar belakang ladang batu ini berupa Gunung Gamalama yang begitu elok, ditambah lagi birunya perairan laut Ternate di samping Batu Angus. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa kunjungi link ini.

Danau Ngade

Danau Ngade
Foto: Google Maps @Kawi Boedisetio

Danau Ngade merupakan salah satu danau unik di Ternate, karena berbatasan langsung dengan laut. Hanya bersekat pepohonan rindang saja, sudah langsung berada di area laut. Meski berbatasan langsung dengan laut, air di Danau Ngade tetap tawar, tidak asin seperti laut.

Sejauh mata memandang, kamu akan menyaksikan pemandangan gunung dan pegunungan yang berjajar rapi. Bahkan, tidak jauh dari Danau Ngade tepatnya di area lautan, terdapat bukit yang menyembul. Membuat pemandangan biru hijau semakin mendominasi. Untuk informasi selengkapnya, kamu bisa klik link ini.

Danau Tolire

Danau Tolire
Foto: Google Maps @Roby Edrian

Ternate memiliki danau indah bernama Danau Tolire. Danau ini memiliki warna hijau yang sangat khas. Di sekelilingnya tumbuh pepohonan lebat yang begitu rimbun. Bahkan, dibalik Danau Tolire juga terdapat gunung yang diselimuti dengan pepohonan.

Namun, tidak hanya itu daya tarik yang ditawarkan Danau Tolire sehingga banyak pengunjung yang datang. Mitos dibalik keindahan objek wisata ini pun sangat menarik bagi wisatawan. Salah satu mitos yang diyakini masyarakat setempat adalah adanya buaya putih yang sangat besar menjaga kawasan danau ini. Buat kamu yang juga penasaran, kamu juga bisa klik link ini untuk informasi lebih lanjut.

Gunung Gamalama

Gunung Gamalama
Foto: Google Maps @Barracudax

Gunung Gamalama menjadi wisata yang paling terkenal di Ternate. Gunung api aktif ini begitu mempesona. Dari kejauhan, gunung ini tampak gagah dengan pepohonan menyelimutinya, sehingga dari kejauhan gunung ini berwarna hijau. Sesekali, terlihat asap mengepul di puncaknya, yang menjadikan pemandangan semakin terlihat mistis.

Banyak objek wisata yang menawarkan keindahan Gunung Gamalama dari kejauhan. Bahkan, Gunung Gamalama dikelilingi oleh lautan biru yang jernih. Perpaduan warna biru laut dan hijaunya gunung membuatnya tampak begitu indah. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa klik link ini.

Meskipun tidak luas, Ternate memiliki banyak wisata alam yang wajib dikunjungi. Pesonanya mampu menarik minat wisatawan untuk berkunjung. Kamu, kapan wisata ke Ternate?

Ratih
Penggemar teh yang suka berkeliling menjelajahi suatu tempat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Keindahan Camping di Ranca Upas

Bagi mereka yang menyukai wisata berkemah, Ranca Upas tentu menjadi tempat yang tidak boleh ketinggalan untuk dikunjungi. Bumi perkemahan yang sudah sangat terkenal ini...

20 Tempat Wisata di Jember yang Bisa Dikunjungi

Jember, sebuah kabupaten yang berada di ujung timur Provinsi Jawa Timur. Mungkin banyak di antara kamu yang belum pernah mendengar nama daerah ini. Tetapi...

Keindahan Camping di Ranca Upas

Bagi mereka yang menyukai wisata berkemah, Ranca Upas tentu menjadi tempat yang tidak boleh ketinggalan untuk dikunjungi. Bumi perkemahan yang sudah sangat terkenal ini...

12 Pantai di Pacitan yang Wajib Masuk Listmu

Siapa yang tidak mengenal daerah Pacitan yang terletak di provinsi Jawa Timur satu ini? Kabupaten dengan Kota yang juga dikenal sebagai 1001 Goa ini...

Keindahan & Informasi Wisata di Situ Patenggang

Bandung, salah satu wilayah terbesar yang terletak di Jawa Barat ini menyimpan sejuta potensi pariwisata. Oleh karena itu, tak heran jika banyak sekali warga...