Home Bali Cara ke Nusa Penida Dengan Mudah

Cara ke Nusa Penida Dengan Mudah

Nusa Penida adalah salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia. Nusa Penida berkontur perbukitan dan menawarkan pemandangan indah di berbagai tempat seperti Pantai Kelingking, Pantai Atuh, Abangan Hills, hingga Goa Giri Putri Temple.

Berlibur ke Nusa Penida dijamin nggak bikin nyesel karena lingkungannya masih asri dan sepi dengan ratusan penginapan murah dan pemandangan terbaik serupa Pulau Bali.

Di Mana Sih Pulau Nusa Penida?

Nusa Penida
Sumber: balipedia.id

Beberapa dari kalian mungkin belum mengetahui di mana letak Nusa Penida. Bila kamu perhatikan peta dengan seksama, di bagian tenggara Pulau Bali, terdapat tiga pulau lain. Dua pulau kecil dinamakan dengan Pulau Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan, sedangkan pulau yang lebih besar disebut Nusa Penida. Baik Nusa Penida, Nusa Ceningan, dan Nusa Lembongan adalah bagian dari Pemerintah Kabupaten Klungkung.

Nusa Penida dan Bali dipisah lautan yang dinamakan dengan Selat Badung. Tentunya, untuk tiba di Nusa Penida, kamu harus menyebrangi Selat Badung terlebih dahulu. Kamu bisa menyebrang melalui jalur udara maupun jalur laut. Jalur udara tentunya menggunakan helikopter sedangkan jalur laut menggunakan speed boat, fast boat, dan kapal feri yang berlabuh dipelabuhan Nusa Penida.

Khusus untuk jalur laut, Nusa Penida memiliki 4 dermaga. Ada Dermaga Seblanga Banjar Nyuh, Pelabuhan Toya Pakeh, Dermaga Banjar Nyuh, dan Dermaga Sampalan. Masing-masing perusahaan kapal akan berlabuh di dermaga yang berbeda sehingga kamu harus memastikan jarak dermaga dan tempat tujuan berdekatan.

Baca juga: 10 AirBnB di Nusa Penida dengan Pemandangan Pantai

Cara ke Nusa Penida

Menyebrang menuju Nusa Penida bisa kamu lakukan dari banyak tempat. Namun biasanya, para wisatawan akan menyebrang dari tiga lokasi umum yaitu dari Pantai Sanur, dari Pantai Kusamba, atau dari Pelabuhan Padang Bai.

Dari Pantai Sanur

Pelabuhan Pantai Sanur
Sumber: idolaexpress.com

Sanur adalah tempat paling strategis untuk melakukan kunjungan wisata. Itu mengapa, hampir sebagian wisatawan domestik maupun asing menyebrang melalui Pantai Sanur untuk tiba di Nusa Penida. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menemukan lokasi Pelabuhan Sanur. Cek lokasinya di sini.

Disepanjang garis Pantai Sanur kamu bisa dengan mudah menemukan berbagai jenis kapal mulai fast boat, flat boat, hingga fast cruise. Kamu harus menyiapkan dana sekitar 100 ribu hingga 150 ribu dengan waktu tempuh sekitar 40 menit.

Dari Pantai Kusamba Klungkung

Dermaga Banjar Nyuh
Sumber: Paket Tour Nusa Penida

Bila kamu memilih untuk menyebrang dari Pantai Kusamba, kamu bisa memilih tiga waktu berbeda, pagi, siang maupun sore. Di pagi hari kamu juga akan menemukan pasar ikan dan pemandangan sunrise yang cukup jelas.

Di sini ada dua pelabuhan yaitu Pelabuhan Tribuana (cek lokasinya di sini) dan Pelabuhan Banjar Bias (cek lokasinya di sini). Untuk biaya menyebrang, kamu perlu menyiapkan uang sebesar 75ribu per orang untuk oneway. Estimasi waktu tiba adalah 45 menit dengan kapal speed boat.

Dari Pelabuhan Padang Bai

Padang Bai
Sumber: Radar Lombok

Penyebrangan melalui Padang Bai biasanya dilakukan untuk kamu yang sekaligus membawa kendaraan. Bila hanya membawa diri dan perlengkapan seadanya, menyebrang dari Pantai Sanur atau Pantai Kusamba adalah yang terbaik. Penyebrangan dari Padang Bai akan dilakukan dengan Kapal Feri selama kurang lebih satu jam.

Kamu bisa memilih untuk menyebrang pukul 10.00 pagi atau pukul 14.00 siang. Biaya transportasinya antara 40ribuan saja ditambah dengan jenis kendaraan yang dibawa. Sepeda motor bisa mencapai 50 ribu dan mobil hingga 225 ribu rupiah. Cek lokasinya di sini.

Mau One Day Trip Aja?

Berlibur ke Nusa Penida ternyata bisa kamu lakukan dalam sehari aja loh! Pertama kamu harus memesan tiket dua atau satu hari sebelum keberangkatan. Pilihah penyebrangan pagi dari Pantai Sanur sehingga pukul 8.30 kamu sudah tiba di Pelabuhan Banjar Nyuh, Nusa Penida. Ada baiknya untuk menyewa mobil sehingga perjalanan jadi lebih cepat dan flexible.

Pantai Atuh
Sumber: www.nusapenidaadventure.com

Tempat wisata yang kamu kunjungi pertama kali adalah Raja Lima dengan waktu tempuh selama satu jam. Raja Lima adalah pantai yang dikelilingi batu karst dan ketinggian juga dekat dengan Rumah Pohon.

Perjalanan selanjutnya adalah Pantai Atuh, yang sangat berdekatan dengan Pantai Diamond. Dari Raja Lima, kamu hanya perlu 15 menit saja untuk tiba di kedua pantai ini. Untuk masalah pemandangan tak usah diragukan lagi, kamu akan melihat tebing-tebing tinggi dengan hamparan pasir putih yang luas dan indah.

Pelabuhan Sampalan Nusa Penida
Sumber: www.novanusapenida.com

Sekitar pukul 16.00 kamu harus kembali dan mengejar penyebrangan terakhir pada pukul 17.00. Pastikan untuk tiba di pelabuhan 30 menit sebelum kapal berlayar sehingga kamu tidak perlu menginap untuk menunggu penyebrangan keesokan harinya. Wah, liburan jadi padat dan seru banget ya, guys!

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Nusa Penida yang Wajib Dikunjungi

Itu dia cara ke Nusa Penida yang bisa kamu lakukan saat berlibur nanti. Walau harus menyebrang terlebih dahulu dan memakan waktu cukup lama, pemandangan yang disuguhkan Nusa Penida wrothed banget dijamin nggak bikin nyesel! Kamu bisa menginap di sana dan menikmati pulaunya yang asri dan menyatu dengan alam. Ada banyak penginapan murahnya juga lho!

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

20 Tempat Wisata di Jember yang Bisa Dikunjungi

Jember, sebuah kabupaten yang berada di ujung timur Provinsi Jawa Timur. Mungkin banyak di antara kamu yang belum pernah mendengar nama daerah ini. Tetapi...

Keindahan Camping di Ranca Upas

Bagi mereka yang menyukai wisata berkemah, Ranca Upas tentu menjadi tempat yang tidak boleh ketinggalan untuk dikunjungi. Bumi perkemahan yang sudah sangat terkenal ini...

12 Pantai di Pacitan yang Wajib Masuk Listmu

Siapa yang tidak mengenal daerah Pacitan yang terletak di provinsi Jawa Timur satu ini? Kabupaten dengan Kota yang juga dikenal sebagai 1001 Goa ini...

Keindahan & Informasi Wisata di Situ Patenggang

Bandung, salah satu wilayah terbesar yang terletak di Jawa Barat ini menyimpan sejuta potensi pariwisata. Oleh karena itu, tak heran jika banyak sekali warga...

12 Rekomendasi Gudeg Jogja Paling Dicari

Jika sedang berkunjung ke Jogja, hal apa yang pertama kali terlintas dipikiranmu? Keraton, Jalan Malioboro, Gunung Merapi, atau gudeg? Ya, gudeg adalah kuliner asli...