Home Yogyakarta 12 Rekomendasi Gudeg Jogja Paling Dicari

12 Rekomendasi Gudeg Jogja Paling Dicari

Jika sedang berkunjung ke Jogja, hal apa yang pertama kali terlintas dipikiranmu? Keraton, Jalan Malioboro, Gunung Merapi, atau gudeg? Ya, gudeg adalah kuliner asli khas Yogyakarta selain bakpia pathuk yang sudah melegenda itu.

Gudeg sendiri terdiri dari berbagai varian yaitu gudeg yang disajikan dalam kondisi kering maupun basah. Varian gudeg lainnya adalah gudeg solo yang memiliki tampilan warna putih tidak seperti gudeg pada umumnya yang berwarna cokelat.

1. Gudeg Yu Djum

gudeg yu djum
Sumber: Google Maps @Agung Surya Dewanto

Gudeg Yu Djum merupakan tempat makan gudeg di Jogja yang dikenal dengan citarasa gudeg yang cukup manis. Kelebihan dari Gudeg Yu Djum adalah makanan tahan hingga berhari – hari sehingga bisa digunakan sebagai oleh – oleh saat pulang.

Rentang harga Gudeg Yu Djum mulai dari Rp11.000 hingga Rp45.000 bergantung isian gudeg. Gudeg Yu Djum buka dari pukul 06.00 sampai 22.00. Gudeg Yu Djum memiliki banyak cabang di Jogja, salah satu yang paling terkenal adalah di Jalan Wijilan. Kunjungi saja lokasinya di sini.

2. Gudeg Permata

GUDEG PERMATA
Sumber: Google Maps @Kurniawan Handito

Gudeg legendaris lainnya di Jogja adalah Gudeg Permata Bu Narti. Gudeg Bu Narti banyak disukai oleh masyarakat Jogja dan juga wisatawan karena bumbu racikannya yang kuat dan sangat gurih. Lokasinya berada di kawasan bekas Bioskop Permata yang dulu sangat terkenal di Jogja.

Rentang harga Gudeg Permata Bu Narti adalah Rp12.000 hingga Rp50.000 tergantung lauk yang Kamu pilih. Gudeg Permata Bu Narti buka dari pukul 21.00 sampai 02.00. Kamu bisa berkunjung ke Gudeg Permata Bu Narti yang berlokasi di alamat ini.

3. Gudeg Bromo

GUDEG BROMO
Sumber: Google Maps @cndyard

Gudeg Bromo Bu Tekluk menjadi salah satu referensi tempat makan gudeg terbaik yang harus Kamu kunjungi selama di Jogja. Gudeg Bu Bromo dibuat dari santan yang cukup kental sehingga citarasanya sangat gurih. Bu Sumijo sebagai perintis usaha Gudeg Bromo memulai usaha sejak tahun 1984.

Lokasi tempat makan legendaris ini berada di Jalan Afandi Caturtunggal, Sleman. Gudeg Bromo Bu Tekluk buka dari pukul 23.00 hingga pukul 05.00. Kamu bisa berkunjung ke Gudeg Bromo Bu Tekluk yang berlokasi di alamat ini.

4. Gudeg Sagan

gudeg sagan
Sumber: Google Maps @Muhammad Reza Ulfian

Gudeg Sagan menawarkan menu gudeg basah yang berbeda dari gudeg pada umumnya. Kamu bisa menikmati gurihnya gudeg yang disajikan menggunakan kuah santan kental. Rumah makan Gudeg Sagan berlokasi di Jalan Prof. Dr. Herman Yohanes, Depok dan menghadirkan menu gudeg disertai bubur yang beda dari biasanya.

Di dalam menu Gudeg Sagan terdapat krecek, tahu, tempe, telur, dan ayam suwir. Rentang harga Gudeg Sagan mulai dari Rp15.000 sampai Rp30.000. Tertarik untuk berkunjung? Gudeg Sagan bisa Kamu datangi di alamat ini.

5. Gudeg Mangut Lele Mbah Marto

Gudeg mangut lele
Sumber: Instagram @mangut.lele.jogja

Tidak hanya menyajikan menu gudeg biasa, namun di sini Kamu bisa sekaligus menikmati lezatnya mangut lele. Gudeg yang gurih dan manis dicampur dengan mangut lele yang pedas berhasil menghadirkan rasa yang berbeda.

Gudeg Mangut Lele Mbah Marto buka dari pukul 11.00 hingga 16.00 saja. Rentang harga menu makanan di sini mulai dari Rp30.000 saja. Alamat Gudeg Mangut Lele Mbah Marto ada di Sewon, Bantul atau Kamu bisa cek di sini agar tidak tersesat.

6. Gudeg Pawon

gudeg pawon
Sumber: Instagram @gudegpawonjogja

Gudeg Pawon mempertahankan keaslian cara pengolahan gudeg yang menggunakan tungku dari kayu bakar. Gudeg Pawon berlokasi di Jalan Janturan, Umbulharjo. Hal unik lain dari Gudeg Pawon adalah para pembeli harus mengambil gudeg yang disediakan langsung di area dapur.

Rasa Gudeg Pawon sangat gurih dengan manis yang pas sehingga banyak disukai pengunjung. Rentang harga Gudeg Pawon mulai dari Rp11.000 saja hingga Rp24.000 bergantung lauk yang dipilih. Lauk yang bisa dipilih seperti telur, sate, ayam dan jeroan. Kamu bisa mengunjungi Gudeg Pawon yang berlokasi di sini.

7. Gudeg Mercon Bu Tinah

gudeg mercon bu tinah
Sumber: Instagram @gudegmercon.ibutinah

Ada rasa yang berbeda dari sajian Gudeg Mercon Bu Tinah, yakni rasa pedas yang bisa membuat lidah para pecinta pedas ketagihan. Rasa pedas pada Gudeg Mercon Bu Tinah sangat berbeda dari gudeg pada umumnya yang memiliki cita rasa gurih dan manis. Jika Kamu ingin mencicipi cita rasa pedas yang berbeda di Gudeg Mercon Bu Tinah, maka tempat makan ini baru buka pada pukul 21.00.

Rentang harga Gudeg Mercon Bu Tinah mulai dari Rp16.000 saja. Lauk yang tersedia di Gudeg Mercon Bu Tinah sangat beragam khas tempat makan gudeg lainnya namun dengan cita rasa yang sangat pedas. Lokasi Gudeg Mercon Bu Tinah ada di Jalan Asam Gede, Jetis. Kamu bisa mengunjungi tempat makan yang baru buka di malam hari ini di sini.

8. Gudeg Mbah Lindu

Gudeg Mbah Lindu
Sumber: Google Maps @Yusuf Paulus

Mau tahu tempat penjual gudeg yang sudah sangat sepuh di Jogja? Ya, Gudeg Mbah Lindu jawabannya. Gudeg Mbah Lindu sampai saat ini masih dikelola secara langsung oleh pemiliknya yakni Mbah Lindu sendiri. Harga satu porsi Gudeg Mbah Lindu adalah Rp15.000 saja.

Mbah Lindu sudah berjualan gudeg sejak ia masih berusia remaja hingga sudah berusia hampir satu abad. Citarasanya tidak terlalu manis, sedikit asin gurih sehingga cocok dengan lidah orang di luar Jogja.

Gudeg Mbah Lindu mulai buka sejak pukul 05.00 hingga pukul 10.00 di Sosrowijayan. Kamu pun harus sabar menunggu antrean yang biasanya sampai mengular. Jika sedang berada di Jogja, kunjungi saja Gudeg Mbah Lindu yang ada di sini.

9. Gudeg Mbah Sudinah

gudeg mbah sudinah
Sumber: tribunnews.com

Gudeg yang enak tidak harus mahal. Gudeg Mbah Sudinah bisa menjadi referensi gudeg enak dan murah yang terletak di tengah Pasar Pujokusuman, daerah Mergangsan, Yogyakarta. Gudeg Mbah Sudinah berbeda dari yang lainnya karena menggunakan bubur yang dicampur gudeg. Citarasa gudegnya gurih meski santannya tidak begitu kental.

Satu porsi Gudeg Mbah Sudinah hanya sebesar Rp10.000 saja. Gudeg ini buka dari pukul 06.00 hingga 10.00. Kamu bisa berkunjung ke Gudeg Mbah Sudinah yang berlokasi di alamat ini.

10. Gudeg Bu Slamet

gudeg bu slamet
Sumber: anishidayah.com

Tahukah Kamu bahwa Gudeg Bu Slamet ternyata lebih tua ketimbang Gudeg Yu Djum? Warung makan gudeg ini sudah berdiri sejak tahun 1964. Gudeg Bu Slamet dibuat dari campuran nangka muda, suiran ayam kampung, telur, tahu, tempe dan juga sambal goreng krecek dengan rasa sedikit manis gurih.

Warung Bu Slamet buka dari pukul 05.00 hingga 08.00. Gudeg Bu Slamet terletak di daerah Jalan Wijilan yang memang terkenal sebagai sentra gudegnya Jogja. Tertarik untuk mencicipi kelezatan gudeg legendaris ini? Sambangi saja tempatnya di sini.

11. Gudeg Bu Tjitro

gudeg bu tjitro
Sumber: Google Maps @crascendo solusi tama

Racikan bumbu Gudeg Bu Tjitro sangat gurih nikmat dan tetap menjaga rasa gudeg asli Jogja. Kelebihan masakan Gudeg Bu Tjitro adalah kendilnya yang dapat dibawa pulang hingga tahan selama 2 hari. Manu Gudeg Bu Tjitro dapat ditemukan di Jalan Janti No. 330, Bantul.

Gudeg Bu Tjitro buka sejak pukul 07.00 sampai 21.00. Harga gudeg Bu Tjitro cukup terjangkau mulai dari Rp35.000 saja. Warung makan yang ada di Jalan Janti ini bisa Kamu temukan melalui link ini.

12. Gudeg Bu Djuminten

gudeg bu djuminten
Sumber: Google Maps @Rica Kartika

Hampir setiap kali para wisatawan datang ke Jogja tentu akan mampir untuk mencicipi lezatnya racikan masakan di Gudeg Bu Djuminten yang legendaris. Rasa gudegnya lezat manis, cocok bagi mereka yang menyukai rasa manis. Gudeg Bu Djuminten berlokasi di jantung kota Jogja yakni di jalan Asam Gede, Jetis.

Harga satu porsi Gudeg Bu Djuminten mulai dari Rp10.000 untuk paket biasa hingga Rp200.000 untuk paket spesial. Rumah makan Gudeg Bu Djuminten buka mulai pukul 07.00 sampai 21.00. Tertarik ingin mencicipi rasanya yang enak? Kunjungi alamatnya di sini.

Jika Kamu tengah berkunjung ke kota pelajar, tidak ada salahnya Kamu mengunjungi daftar rumah makan gudeg di atas. Dijamin citarasa lezat gudeg akan menancap langsung di lidah Kamu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

20 Tempat Wisata di Jember yang Bisa Dikunjungi

Jember, sebuah kabupaten yang berada di ujung timur Provinsi Jawa Timur. Mungkin banyak di antara kamu yang belum pernah mendengar nama daerah ini. Tetapi...

Keindahan Camping di Ranca Upas

Bagi mereka yang menyukai wisata berkemah, Ranca Upas tentu menjadi tempat yang tidak boleh ketinggalan untuk dikunjungi. Bumi perkemahan yang sudah sangat terkenal ini...

12 Pantai di Pacitan yang Wajib Masuk Listmu

Siapa yang tidak mengenal daerah Pacitan yang terletak di provinsi Jawa Timur satu ini? Kabupaten dengan Kota yang juga dikenal sebagai 1001 Goa ini...

Keindahan & Informasi Wisata di Situ Patenggang

Bandung, salah satu wilayah terbesar yang terletak di Jawa Barat ini menyimpan sejuta potensi pariwisata. Oleh karena itu, tak heran jika banyak sekali warga...

12 Rekomendasi Gudeg Jogja Paling Dicari

Jika sedang berkunjung ke Jogja, hal apa yang pertama kali terlintas dipikiranmu? Keraton, Jalan Malioboro, Gunung Merapi, atau gudeg? Ya, gudeg adalah kuliner asli...