Home Jawa Timur Wajib Melihat Keindahan Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Wajib Melihat Keindahan Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Wilayah di ujung timur Pulau Jawa, Banyuwangi, ternyata menyimpan sejuta potensi wisata alam yang sangat indah. Salah satu wisata alam yang terkenal ada di Banyuwangi adalah pantainya. Bahkan, setengah dari wilayah Banyuwangi diisi oleh berbagai pantai yang indah, seperti Pantai Pulau Merah. Kepopuleran Pantai Pulau Merah bahkan tidak hanya di dalam negeri saja namun hingga ke wisatawan mancanegara.

Apa Itu Pantai Pulau Merah?

Pulau_Merah
Sumber: id.wikipedia.org 

Pantai Pulau Merah terletak di sisi selatan dari Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Keindahan Pantai Pulau Merah membuatnya menyandang status sebagai Pantai Kuta yang ada di Pulau Jawa. Keunggulan Pantai Pulau Merah adalah pengelola selalu menjaga kebersihan dari pantai tersebut sehingga tidak mengganggu kenyamanan pengunjung.

Ada alasan mengapa pantai di ujung selatan Kabupaten Banyuwangi ini disebut sebagai Pantai Pulau Merah. Apabila Kamu berkunjung ke sini, Kamu bisa melihat bahwa di bukit yang dekat bibir pantai tersebut memiliki tanah yang berwarna sedikit kemerahan. Tanah yang sedikit kemerahan ini menjadi salah satu keunikan sekaligus daya tarik dari pantai yang bisa digunakan untuk snorkeling ini.

Lokasi

Pantai Pulau Merah Banyuwangi
Sumber: Google Maps @ ridwan zubair

Pantai Pulau Merah berlokasi di Desa Sumber Agung. Terletak di Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Kamu membutuhkan setidaknya 2,5 sampai 3 jam untuk menuju Pantai Pulau Merah dari pusat Kota Banyuwangi. Mau tau lokasi persisnya? klik link di sini.

Cara ke Sana

pantai pulau merah
Sumber: Instagram @pulaumerah.indonesia

Ada setidaknya dua rute yang bisa Kamu gunakan untuk menuju Pantai Pulau Merah yakni rute dari Situbondo dan dari Kota Banyuwangi. Jarak Pantai Pulau Merah dari pusat Kota Banyuwangi adalah sekitar 60 km. Untuk mencapai Pantai Pulau Merah dari Banyuwangi ataupun Situbondo, berkendara saja ke Kecamatan Pesanggaran di sisi selatan.

Jika berangkat dari Kota Banyuwangi di sebelah barat, Kamu harus melewati Kecamatan Genteng sebelum sampai di Kecamatan Pesanggaran. Sementara jika berangkat dari Situbondo, Kamu harus menuju Kecamatan Jajag sebelum sampai di Kecamatan Pesanggaran

Akses jalannya sudah sangat memadai dan dapat dilewati kendaraan besar. Kamu tidak akan kesulitan menuju ke pantai karena di sepanjang jalan sudah banyak papan penunjuk.

Kamu juga bisa menggunakan kendaraan umum seperti bus yang menuju Terminal Pesanggaran. Apabila berangkat dari Terminal Jajag Banyuwangi, maka Kamu bisa menggunakan bus mini. Dari Terminal Pesanggaran, lanjut menggunakan ojek ke pantai.

Tiket Masuk

pantai pulau merah
Sumber: Google Maps @Dwi Satriawan

 Tiket masuk ke area Pantai Pulau Merah tidak terlalu mahal. Kamu cukup membayar Rp8.000 saja untuk setiap orang. Sementara biaya parkir untuk roda 2 dipatok sebesar Rp5.000. Apabila menggunakan kendaraan roda 4, maka biaya parkirnya sebesar Rp10.000.

Sejarah

Pantai Pulau Merah Banyuwangi
Sumber: Google Maps @Yuniar Setiawan

Nama asli Pantai Pulau Merah sebelumnya adalah Pantai Ringin Pintu. Pemberian nama Pantai Pulau Merah sendiri dilakukan setelah melihat tanah berwarna merah yang ada di bukti kecil di bibir pantai. Jika dari pantai, warna tanah merah ini memang tidak begitu terlihat karena pulau tersebut ditutupi oleh banyak sekali pepohonan.

Namun, warna merah tidak hanya bisa dilihat dari tanah bukit kecil di dekat bibir pantai, Pantai Pulau Merah sendiri memang akan terlihat memerah ketika sore tiba. Kamu bisa mendokumentasikan keindahan pantai di sore hari akibat pancaran sinar matahari ke pasir basah yang membuatnya terlihat seolah membara kemerah – merahan.

Keindahannya

pantai pulau merah
Sumber: Google Maps @ikra alwi

Hal paling menyenangkan dari mengunjungi Pantai Pulau Merah adalah keberadaan sebuah bukit kecil yang menjulang di dekat bibir pantai. Kamu harus menggunakan perahu apabila ingin mengunjungi bukit kecil ini saat air pasang. Namun menariknya, saat air sedang surut, para pengunjung dapat dengan bebas berjalan kaki saja untuk bisa sampai ke bukit dari bibir pantai.

Pantai Pulau Merah memiliki ombak yang cukup tinggi sehingga sangat mendukung aktivitas berselancar. Hal tersebutlah yang membuat banyak wisatawan luar negeri senang berselancar di pantai ini. Pemerintah Kabupaten Banyuwangi sendiri benar – benar serius dalam mengembangkan potensi pariwisata di pantai ini.

Bahkan, pemerintah Kabupaten Banyuwangi juga menyelenggarakan event berselancar setiap tahun secara rutin. Event ini ditujukan untuk menarik lebih banyak wisatawan berkunjung ke Banyuwangi. Hingga sekarang, event berselancar internasional telah berhasil diikuti oleh peserta dari 20 negara.

Pasir di Pantai Pulau Merah sangat lembut dan nyaman saat terkena kaki. Di sepanjang pantai tersedia gazebo dengan atap berwarna merah yang menjadi ciri khas dari pantai selatan Banyuwangi ini.

Fasilitas

pantai pulau merah
Sumber: Instagram @regambako

Jika Kamu berencana untuk mengunjungi Pantai Pulau Merah di Banyuwangi, maka Kamu tidak perlu khawatir mengenai fasilitas yang ada di sana. Pasalnya, sebagai salah satu destinasi wisata terpopuler di ujung timur pulau Jawa, Pantai Pulau Merah telah dilengkapi oleh banyak sekali fasilitas pendukung seperti berikut:

  1. Kios Minuman dan Makanan

Kamu tak perlu membawa bekal sendiri saat berkunjung ke Pantai Pulau Merah. Pasalnya, di pantai ini berjajar banyak sekali kios pedagang yang menjual segala jenis minuman dan makanan. Kamu bisa menikmati segarnya air kelapa langsung dari batoknya dengan makanan ringan hingga berat.

  1. Menara Pandang

Kamu ingin melihat pemandangan lebih jelas lagi? Pantai Pulau Merah dilengkapi oleh sebuah Menara pandang dengan ketinggian tiga meter yang memungkinkanmu melihat pemandangan dari atas.

  1. Penyewaan Peralatan Selancar

Ada banyak sekali peralatan untuk berselancar yang disewakan di Pantai Pulau Merah. Kamu yang hobi berselancar tidak perlu susah – susah membawa papan selancar sendiri. Harga penyewaan satu buah papan selancar di Pantai Pulau Merah hanya sebesar Rp50.000 saja.

  1. Jasa Perahu Tradisional

Kamu hobi memancing? Sewa saja jasa perahu tradisional yang ditawarkan oleh para nelayan lokal di sekitar pantai. Dengan menggunakan jasa perahu tradisional, Kamu akan dibawa nelayan agar dapat memancing hingga ke tengah laut. Jika tidak membawa alat pancing juga bisa menyewa di tempat persewaan di sekitar pantai.

  1. Menyewa Peralatan Snorkeling

Di Pantai Pulau Merah juga banyak terdapat jasa penyewaan peralatan snorkeling. Kamu yang belum pernah snorkeling juga akan dipandu langsung oleh para pemandu professional agar tetap aman.

  1. Homestay

Keberadaan homestay di dekat Pantai Pulau Merah sangat penting pasalnya mayoritas dari pengunjung pantai adalah mereka yang berasal dari luar kota hingga luar negeri. Kebanyakan mereka datang ke pantai untuk berselancar di atas ombak yang besar. Oleh karena itu, para peselancar ini akan memilih untuk menginap selama beberapa hari hingga minggu di dekat pantai.

Biaya sewa homestay yang disediakan oleh masyarakat setempat ini tergolong sangat murah dan terjangkau. Biaya sewa dipatok mulai dari Rp100.000 untuk setiap malamnya. Fasilitas yang disediakan oleh homestay pun tergolong mumpuni seperti TV, tempat tidur, pendingin ruangan dan sebagainya.

Kamu yang senang untuk menikmati jajanan makanan laut juga sangat tepat jika memilih Pantai Pulau Merah sebagai lokasi wisata. Pasalnya, di pantai ini juga terdapat Tempat Penampungan Ikan (TPI) yang terbesar kedua di seluruh Kabupaten Banyuwangi. Segera rencanakan jadwal kunjungan Anda bersama teman atau keluarga ke Pantai Pulau Merah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

20 Tempat Wisata di Jember yang Bisa Dikunjungi

Jember, sebuah kabupaten yang berada di ujung timur Provinsi Jawa Timur. Mungkin banyak di antara kamu yang belum pernah mendengar nama daerah ini. Tetapi...

Keindahan Camping di Ranca Upas

Bagi mereka yang menyukai wisata berkemah, Ranca Upas tentu menjadi tempat yang tidak boleh ketinggalan untuk dikunjungi. Bumi perkemahan yang sudah sangat terkenal ini...

12 Pantai di Pacitan yang Wajib Masuk Listmu

Siapa yang tidak mengenal daerah Pacitan yang terletak di provinsi Jawa Timur satu ini? Kabupaten dengan Kota yang juga dikenal sebagai 1001 Goa ini...

Keindahan & Informasi Wisata di Situ Patenggang

Bandung, salah satu wilayah terbesar yang terletak di Jawa Barat ini menyimpan sejuta potensi pariwisata. Oleh karena itu, tak heran jika banyak sekali warga...

12 Rekomendasi Gudeg Jogja Paling Dicari

Jika sedang berkunjung ke Jogja, hal apa yang pertama kali terlintas dipikiranmu? Keraton, Jalan Malioboro, Gunung Merapi, atau gudeg? Ya, gudeg adalah kuliner asli...