Home Aceh 10 Tempat Wisata di Sabang yang Harus Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Sabang yang Harus Dikunjungi

Membahas soal tempat wisata di Indonesia rasanya tidak akan ada habisnya. Dari Sabang sampai Merauke memiliki potensi dan daya tarik wisatanya masing-masing. Mulai dari pantai, danau, goa, hingga bangunan benteng peninggalan penjajah pun menjadi objek wisata yang sangat menarik untuk dijelajahi. Dengan memiliki sekitar 17.000 pulau yang tersebar dari Sabang sampai Merauke membuat Indonesia tidak pernah kehabisan tempat wisata yang indah.

Salah satu wilayah yang destinasi wisatanya cukup menarik ada di Sabang. Kota Sabang merupakan salah satu Kota di Provinsi Aceh yang menyimpan banyak tempat wisata alam yang menarik. Terletak di paling ujung Indonesia membuat Kota Sabang dijadikan destinasi wisata para wisatawan yang ingin menjelajah tempat wisata di ujung Indonesia. 

Nah, untuk kalian yang penasaran dengan tempat-tempat wisata di Kota Sabang, berikut ini 11 tempat wisata di Sabang yang bisa dikunjungi.

Iboih 

iboih
Sumber: google maps @Em Shal

Iboih merupakan sebuah desa yang terdapat di Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang. Lokasinya yang dekat dengan pantai menjadikan Iboih memiliki pantai yang cantik dan menjadi destinasi wisatawan yang bernama Pantai Iboih. Daya tarik wisata Pantai Iboih sangat menarik dengan airnya yang berwarna biru kehijauan yang sangat jernih. Di sekitar pantai juga banyak resort dan restoran yang ramai dikunjungi wisatawan. Kalian bisa cek lokasinya di sini.

Pulau Rubiah

Pulau Rubiah
Sumber: Dokumentasi TelusuriNusantara.com

Sabang rupanya memiliki beberapa tempat indah namun belum diketahui banyak orang. Pulau Rubiah adalah salah satunya. Perairan di sekitar Pulau Rubiah ini sangat menawan berwarna biru jernih dan juga terdapat taman laut dengan biota bawah laut yang beragam. Wisatawan menjuluki Pulau Rubiah sebagai surganya kerajaan bawah laut di Aceh karena keindahan dan keanekaragaman terumbu karang dan ikan-ikannya. Cek lokasi Pulau Rubiah di sini

Sumur Tiga

sumur tiga sabang
Sumber: google maps @Daylen fearles ‘ local guide master ‘ TM

Sabang juga memiliki pantai bernama Sumur Tiga yang punya pemandangan tak kalah cantik. Pemandangan Pantai Sumur Tiga ini sangat memesona di kawasan Sabang dengan bibir pantai sepanjang 2 km dan pasir putihnya yang halus. Diberi nama Sumur Tiga karena terdapat tiga sumur di dekat pantai dengan airnya yang tawar. Wisatawan bisa snorkeling dan diving di beberapa spot yang ada di Pantai Sumur Tiga ini pada waktu-waktu tertentu. Cek lokasinya di sini.

Titik 0 barat Indonesia

KM 0 Sabang
Sumber: Dokumentasi TelusuriNusantara.com

Kilometer 0 atau KM 0 Indonesia ditandai dengan keberadaan Monumen Kilometer Nol yang terletak di Pulau Weh. Tugu ini berlokasi di area Hutan Wisata Sabang tepatnya di Desa Iboih Ujong Ba’u. Adanya monumen KM 0 ini karena Sabang merupakan titik paling barat Kepulauan di Indonesia. Yuk cek lokasinya di sini. 

Danau Aneuk Laot 

Danau Aneuk Laot
Sumber: Instagram/@heikaku

Sabang terletak di Pulau Weh, yakni pulau paling ujung di Indonesia. Meskipun pulaunya tidak terlalu besar, namun di sana terdapat beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi, salah satunya adalah Danau Aneuk Laot. Berlokasi di tengah-tengah Kota Sabang, Pulau Weh, danau ini menjadi sumber mata air bagi penduduk di Pulau Weh. Tempat ini juga ramai dikunjungi wisatawan dari dalam negeri maupun mancanegara yang ingin melihat pemandangan sunset yang sangat cantik ketika sore menjelang malam. Cek lokasinya di sini.

Benteng Jepang

benteng jepang
Sumber: google maps @wan Syihab

Peninggalan penjajah Jepang pun terdapat di Sabang dan kini menjadi tempat wisata sejarah yang cukup menarik untuk dijelajahi. Benteng Jepang di Sabang ini membentuk kompleks yang mana bisa dikelilingi oleh pengunjung. Benteng-benteng tersebut ialah kompleks Benteng Batere A, Japanese Costral Fortress, dan yang paling dikenal adalah Benteng Anoi Itam. Di sana wisatawan dapat melihat sisa-sisa peninggalan Jepang seperti Meriam dan bunker. Menarik sekali, bukan? Yuk lihat lokasinya di sini.

Goa Sarang 

Goa Sarang
sumber: KSMtour.com

Goa Sarang ini terletak di kaki tebing dan perbukitan Hutan Lindung Pulau Weh yang menjorok ke laut berwarna biru yang sangat jernih. Terdapat 7 goa yang ada dan di dalam goa terdapat ribuan sarang Burung Walet dan juga Burung Walet yang berterbangan. Dengan pepohonan rimbun di atas goa, guratan tebing yang tinggi kokoh, dan juga birunya laut yang dapat memanjakan mata setiap wisatawan yang mengunjungi Goa Sarang. Lokasinya ada di link ini.

Pantai Anoi Itam 

Pantai Anoi Itam
Sumber: dailyasia.com

Pantai Anoi Itam berpasir hitam ini juga menjadi destinasi wisata menarik di Sabang. Terletak di ujung tenggara Pulau Weh, Sabang, Pantai Anoi Itam ini punya panorama alam yang memukau dengan airnya yang segar berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Terdapat pula pemandangan Gunung Seulawah yang berdiri kokoh di Pulau Weh. Pantai ini juga dikenal dengan pasirnya yang punya kandungan nikel sehingga lebih berat dan berwarna gelap. Kunjungi maps Pantai Anoi Itam di sini. 

Pantai Ujung Kareung 

Pantai Ujung Kareung
Sumber: tagar.id

Sabang tidak pernah kehabisan pantai yang memiliki pemandangan memukau. Pantai Ujung Kareung memiliki susunan batu karang di pesisir pantai seperti mahkota, membuat pantai ini nampak menarik. Di pantai ini pengunjung bisa menguji adrenaline dengan melompat dari atas karang ke laut. Pengelola wisata juga menyediakan papan loncat yang bisa digunakan pemburu kegiatan ekstrem. Buat kalian yang ingin mampir ke Ujung Kareung, cek lokasinya di sini

Sirui Hidrothermal 

Sirui Hidrotermal
Sumber: Kerascoy.blogspot.com

Sirui dikenal dengan gunung api bawah lautnya yang dikenal dengan hydrotermal. Di tempat ini wisatawan dapat melihat gelembung-gelembung udara yang keluar dari kawah-kawah kecil dengan biota laut yang unik. Gunung berapi bawah laut di Sabang ini menjadi andalan wisata bahari Pemerintah Kota Sabang yang sangat diminati. Cek tempatnya di sini.

Nah, itulah 10 tempat wisata di Sabang yang wajib dikunjungi. Mana tempat wisata di Sabang yang paling ingin kalian kunjungi di tahun ini?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

20 Tempat Wisata di Jember yang Bisa Dikunjungi

Jember, sebuah kabupaten yang berada di ujung timur Provinsi Jawa Timur. Mungkin banyak di antara kamu yang belum pernah mendengar nama daerah ini. Tetapi...

Keindahan Camping di Ranca Upas

Bagi mereka yang menyukai wisata berkemah, Ranca Upas tentu menjadi tempat yang tidak boleh ketinggalan untuk dikunjungi. Bumi perkemahan yang sudah sangat terkenal ini...

12 Pantai di Pacitan yang Wajib Masuk Listmu

Siapa yang tidak mengenal daerah Pacitan yang terletak di provinsi Jawa Timur satu ini? Kabupaten dengan Kota yang juga dikenal sebagai 1001 Goa ini...

Keindahan & Informasi Wisata di Situ Patenggang

Bandung, salah satu wilayah terbesar yang terletak di Jawa Barat ini menyimpan sejuta potensi pariwisata. Oleh karena itu, tak heran jika banyak sekali warga...

12 Rekomendasi Gudeg Jogja Paling Dicari

Jika sedang berkunjung ke Jogja, hal apa yang pertama kali terlintas dipikiranmu? Keraton, Jalan Malioboro, Gunung Merapi, atau gudeg? Ya, gudeg adalah kuliner asli...