Home Yogyakarta 15 Wisata Kuliner Enak di Jogja yang Bikin Liburan Makin Seru

15 Wisata Kuliner Enak di Jogja yang Bikin Liburan Makin Seru

Jogja menjadi kota berjuta wisata, tak terkecuali kulinernya. Kuliner Jogja tak hanya gudeg dan bakpia. Yang lebih asyik lagi, kuliner Jogja terkenal murah dan enak. Bahkan, tak sedikit wisatawan pergi ke Jogja khusus untuk berwisata kuliner. Tak percaya?

Inilah 15 kuliner enak di Jogja yang bisa bikin liburan semakin seru:

Sate Klathak Pak Bari

Sate Klathak Pak Bari
Sumber: Google Maps @steve kanisius

Sate memang makanan khas berbagai daerah di Indonesia, tapi Jogja memiliki sate dengan ciri khas tersendiri, yaitu sate klathak. Keunikan sate klathak adalah dagingnya yang ditusuk dengan besi sehingga bagian dalamnya ikut terpanggang rata.

Sebenarnya, banyak sekali penjual sate klathak di Jogja, khususnya daerah Bantul. Namun, Sate Klathak Pak Bari menjadi yang paling terkenal karena pernah menjadi tempat syuting film Ada Apa dengan Cinta 2. Selain terkenal karena AADC 2, Sate Klathak Pak Bari juga terkenal sangat enak. Harga per porsi pun hanya Rp20.000. Kamu yang sedang di Jogja wajib berkunjung ke sini.

Mie Ayam Bu Tumini

Mie Ayam Bu Tumini
Sumber: Google Maps @Roufah Tsalis

Siapa menolak makan mie ayam di siang hari? Apalagi cuaca sedang mendung dan sering turun hujan. Mie ayam akan menjadi teman penghangat suasana yang begitu tepat. Untuk kamu yang sedang berada di Jogja, kamu dapat mencoba Mie Ayam Bu Tumini yang sangat legendaris ini.

Mie ayam di sini memiliki kuah cokelat yang begitu kental dan nikmat, mie nya pun kenyal, serta guyuran daging ayamnya yang melimpah. Siapa tak tergoda? Harga yang ditawarkan pun begitu terjangkau. Untuk seporsi mie ayam harga mulai Rp8.000. Berlokasi di Jalan Imogiri Timur No.187, Umbulharjo, Yogyakarta. Kalau datang ke sini pastikan harus bersabar karena antrean begitu panjang. Penasaran dengan Mie Ayam Bu Tumini? Kamu bisa mengunjunginya di sini.

Gudeg Mbah Lindu Sosrowijayan

Gudeg Mbah Lindu
Sumber: Google Maps @Yusuf Paulus

Tak ke Jogja bila belum mencicipi gudeg. Meskipun banyak tempat makan gudeg di Jogja, bahkan ada yang membuka cabang dimana – mana, namun gudeg yang satu ini begitu spesial. Gudeg Mbah Lindu yang berlokasi di Jalan Sosrowijayan, Sosromenduran, Gedong Tengen, Jogja. Gudeg ini begitu spesial karena sang penjual, yaitu Mbah Lindu, sudah berjualan sejak remaja hingga usianya yang hampir satu abad ini!

Racikan bumbu Gudeg Mbah Lindu begitu nikmat. Tak heran, antrean selalu mengular dan harus bersabar menunggu. Padahal, kedai Mbah Lindu sederhana saja, hanya meja yang di atasnya terdapat panci berisi gudeg dan masakan pelengkap gudeg lainnya. Dengan gudeg yang diwadahi pincuk daun pisang, membuatnya begitu khas dan lebih nikmat. Harga satu porsi gudeg sebesar Rp15.000 yang dapat kamu nikmati dengan melihat lokasinya di sini.

Mangut Lele Mbah Marto

Mangut Lele Mbah Marto
Sumber: Google Maps @Febrianti Puspita

Mangut Lele Mbah Marto menawarkan sajian khas lele asap dengan kuah santan pedas. Seperti makan di dapur nenek langsung, pengunjung diperbolehkan langsung menuju ke dapur untuk dapat menyantap sajian nikmat ini. Mbah Marto sudah berjualan mangut lele sejak 1960-an dan saat ini satu porsi mangut lele dijual dengan harga Rp25.000. Mencari lokasi Mangut Lele Mbah Marto memang bukan perkara mudah, karena lokasinya yang berada di dalam perkampungan, atau kamu dapat melihat lokasinya di sini.

Bakmi Mbah Mo

Bakmi Mbah Mo
Sumber: Google Maps @Dev Dev

Beralih ke daerah Bantul, kamu dapat menemui Bakmi Mbah Mo yang legendaris. Dengan harga mulai dari Rp15.000, kamu dapat menikmati bakmi goreng atau rebus dengan suwiran ayam kampung dan telur bebek yang nikmat. Terlebih dimasak dengan tungku arang tradisional. Kenikmatan ini dapat kamu temukan melalui link ini.

Wedang Ronde Mbah Payem

Ronde Mbah Payem
Sumber: Google Maps @Arjono PTA

Mbah Payem, wanita yang kini tak muda lagi, masih dengan semangat menjajakan wedang ronde di kawasan Jalan Kauman. Ronde yang disajikan Mbah Payem begitu nikmat, manis pedas kuah jahe dan isian rondenya begitu legit. Kabarnya, mantan Presiden Soeharto selalu menyempatkan minum wedang ronde seharga Rp5.000 ini. Untuk bisa menikmati Wedang Ronde Mbah Payem kamu bisa menuju lokasinya di sini.

Soto Ayam Kampung Pak Dalbe

Soto Ayam Pak Dalbe
Sumber: Google Maps @Dichi Al Faridi

Menikmati soto kuah bening memang sangat nikmat. Soto Ayam Pak Dalbe hadir untuk menemani waktu makanmu supaya lebih berkesan. Untuk menikmatinya, hanya butuh merogoh kocek Rp10.000. Ada beberapa cabang Soto Ayam Kampung Pak Dalbe, salah satunya berada di sini.

Angkringan Kopi Jos Lik Man

Angkringan Kopi Jos Lik Man
Sumber: Google Maps @Salahudin Ardi

Angkringan sangat khas menggambarkan Jogja. Kuliner dengan kearifan lokal ini membuat siapapun bakal kanget Jogja. Salah satu angkringan yang wajib kamu singgahi ketika di Jogja adalah Angkringan Kopi Jos Lik Man, yang berada di kawasan Stasiun Tugu. Berbagai sajian nasi kucing serta sate – satean dan gorengan akan menemani malam mu. Yang lebih spesial adalah kopi jos khas angkringan Lik Man. Kamu dapat menemukan lokasi angkringan di sini.

Bong Kopitown

Bong Kopitown
Sumber: Google Maps @Ajie Arief

Bong Kopitown menawarkan kamu sensasi makan di dalam penjara, lengkap dengan jeruji besi, sipir, serta narapidana yang mengantarkan pesanan. Di sini ada berbagai macam menu, seperti kopi tetes, sapo tahu, hingga spicy noodle. Kamu yang penasaran ingin makan ala penjara bisa klik link ini.

Mie Lethek Mbah Mendes

Mie Lethek Mbah Mendes
Sumber: Google Maps @Ajeng Nugraheni

Hanya di Jogja ada mie bernama “lethek” yang artinya kotor. Ungkapan ini bukan berarti mie nya kotor, melainkan hanya warna mie nya saja yang hitam pekat seolah kotor. Namun rasanya sangat nikmat. Apalagi, Mie Lethek Mbah Mendes disajikan dengan suwiran daging ayam kampung yang begitu menggugah selera. Kamu yang penasaran seperti apa mie ini, dapat berkunjung melalui link ini.

Entok Slenget Kang Tanir

Entog Slenget Kang Tanir
Sumber: Google Maps @Rohmad Syafruddin

Entok adalah sejenis itik yang ukurannya lebih besar dan dagingnya lebih tebal. Di sini menjual sajian entok yang dimasak seperti tongseng. Rasanya begitu nikmat dengan kuah pedas yang khas. Satu porsi seharga Rp16.000 ini dapat kamu nikmati dengan berkunjung ke Entok Slenget Kang Tanir, atau dengan klik link ini.

Baca juga: 15 Tempat Wisata Jogja yang Harus Kamu Datangi

Rujak Es Krim Pak Nardi

Rujak Es Krim Pak Nardi
Sumber: Google Maps @moehamad yogi

Ketika berada di Jogja siang hari, cobalah berkunjung ke Rujak Es Krim Pak Nardi. Semangkuk rujak cacah dengan siraman saus bawang putih dan campuran es krim. Aneh? Tidak, tapi enak yang akan kamu rasakan dalam semangkuk Rp6.000 ini. Penasaran dengan rasanya? Kamu dapat mencobanya di sini.

Yammie Pangsit Pathuk

Yammie Pangsit Pathuk
Sumber: Google Maps @Budi Margomuljo

Ada bakpia Pathuk, ada juga Yammie Pangsit Pathuk. Sajian mie yammie dengan taburan ayam cincang dan pangsit ayam buatan sendiri terasa sangat nikmat. Harganya pun bersahabat, hanya Rp17.000 per porsi. Kamu dapat menemukan Yammie Pangsit Pathuk di daerah Pringgokusuman atau klik link ini untuk mengetahui lokasinya.

Oseng Mercon Bu Narti

Oseng Mercon Bu Narti
Sumber: Google Maps @Titi Afiati

Tenda lesehan yang tak pernah sepi pembeli, selalu membuat antre siapapun yang ingin mencobanya. Oseng Mercon Bu Narti siap menggoyang lidah dan memaksa keringat untuk keluar. Dengan isian kikil, daging, serta gajih, dimasak dengan cabai melimpah, hingga memakannya terasa meledak seperti memakan mercon. Kamu dapat menemukan lesehan Bu Narti di sini.

Es Buah PK

Es Buah PK
Sumber: Google Maps @Diana Ivah Rosita

Sebagai penutup artikel sajian wisata kuliner ini, ada Es Buah PK yang begitu terkenal. Es Buah PK siap mendinginkan kerongkongan, apalagi dengan isian yang bikin kenyang, yaitu alpukat, kelapa muda, sawo, nangka, cincau hitam, dicampur susu dan serutan es. Kamu dapat menemukan lokasi Es Buah PK di sini.

Gimana, sudah ngiler melihat kuliner – kuliner tersebut? Kuliner mana yang bikin kamu langsung pengen ke Jogja lagi?

Ratih
Penggemar teh yang suka berkeliling menjelajahi suatu tempat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

20 Tempat Wisata di Jember yang Bisa Dikunjungi

Jember, sebuah kabupaten yang berada di ujung timur Provinsi Jawa Timur. Mungkin banyak di antara kamu yang belum pernah mendengar nama daerah ini. Tetapi...

Keindahan Camping di Ranca Upas

Bagi mereka yang menyukai wisata berkemah, Ranca Upas tentu menjadi tempat yang tidak boleh ketinggalan untuk dikunjungi. Bumi perkemahan yang sudah sangat terkenal ini...

12 Pantai di Pacitan yang Wajib Masuk Listmu

Siapa yang tidak mengenal daerah Pacitan yang terletak di provinsi Jawa Timur satu ini? Kabupaten dengan Kota yang juga dikenal sebagai 1001 Goa ini...

Keindahan & Informasi Wisata di Situ Patenggang

Bandung, salah satu wilayah terbesar yang terletak di Jawa Barat ini menyimpan sejuta potensi pariwisata. Oleh karena itu, tak heran jika banyak sekali warga...

12 Rekomendasi Gudeg Jogja Paling Dicari

Jika sedang berkunjung ke Jogja, hal apa yang pertama kali terlintas dipikiranmu? Keraton, Jalan Malioboro, Gunung Merapi, atau gudeg? Ya, gudeg adalah kuliner asli...