Apa Itu Airbnb? Fakta dan Cara Booking

apa itu airbnb
apa itu airbnb
Sumber foto: sumsel.idntimes.com

Bagi beberapa orang, traveling merupakan aktivitas yang sudah menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi. Hal itu biasanya karena mereka jenuh atau lelah setelah banyak menjalankan aktivitas seputar kerja ataupun mungkin pekerjaan di rumah. Sebaliknya juga ada yang memang harus ke tempat lain untuk urusan bisnisnya.

Akhirnya mereka menganggap bahwa dengan traveling itu dapat me-refresh pikiran mereka dari kondisi stress. Mereka akan menuju tempat – tempat baru, menemui orang – orang baru dan juga suasana yang baru.

Dari perjalanan tersebut, pastinya mereka akan membutuhkan penginapan. Di zaman modern yang sekarang ini, penginapan dapat dipesan melalui internet. Bahkan caranya pun bisa menggunakan telepon pintar / smartphone.

Aplikasi untuk memesan penginapan yang sudah tidak asing terdengar di telinga kita adalah traveloka. Sebenarnya ada aplikasi lain yakni AirBnB yang mirip dengan traveloka. Perbedaannya yaitu traveloka itu bisa melakukan pemesanan penginapan sampai dengan tiket pesawat, sedangkan AirBnB hanya melayani penginapan.

Apa itu AirBnB?

apa itu airbnb
Sumber foto: www.idntimes.com

AirBnB adalah sebuah online marketplace yang diperuntukkan bagi orang – orang yang ingin menyewa dan menyewakan apartemen, kamar pribadi ataupun rumahnya. Pada umumnya, orang – orang menyewakan rumahnya secara harian seperti kamar hotel maupun apartemen.

Tentu hal tersebut akan memberikan penghasilan tambahan bagi pemilik. Sedangkan bagi penyewa, maka mereka akan mendapatkan akomodasi yang lebih murah dibandingkan dengan menginap di hotel.

Sejarah berdirinya AirBnB ini dikarenakan adanya kondisi dimana ada seorang mahasiswa yang harus mengikuti konferensi desain yang diadakan di San Fransisco, Amerika Serikat. Namun jarak San Fransisko dengan tempat tinggal itu 5.000 Km.

Mahasiswa tersebut butuh kamar hotel untuk menginap. Namun sayangnya, hotel – hotel di San Fransisco telah penuh dipesan orang. Kemudian dari permasalahan inilah muncul ide, walaupun mahasiswa tersebut tidak punya properti sendiri untuk dibisniskan sebagai tempat penginapan.

Awalnya mereka menerapkan penyewaan ruang tamu mereka, dan menyebut ide tersebut dalam alamat websitenya dengan nama airbedandbreakfast.com. Setelah ada orang yang memesan dan mendapat keuntungan, akhirnya ide ini dikembangkan. Kemudian mengubah nama menjadi AirBnB.

Saat ini AirBnB telah beroperasi lebih dari 65 kota (191 negara) di seluruh penjuru dunia. Dan bahkan telah melayani lebih dari 200 juta tamu / pengguna. Ini merupakan prestasi yang besar bagi AirBnB.

Fakta AirBnB

apa itu airbnb
Sumber foto: bisniswisata.co.id

Apabila AirBnB dibandingkan dengan traveloka, maka keunggulan AirBnB ini bisa menyediakan jasa sewa rumah atau apartemen yang tersebar di berbagai penjuru dunia. Sehingga jika kamu butuh penginapan maka kamu bisa pesan di AirBnB.

AirBnB itu melayani pemesanan penginapan berupa apartemen, rumah, dan villa. Sedangkan Traveloka itu melayani penginapan berupa hotel, hostel, dan guest house.

AirBnB ini memberikan pengalaman menginap yang berbeda yakni rumah dan apartemen yang mereka sewakan itu adalah rumah dari warga lokal. Warga yang hendak menyewakan rumahnya maka harus mendaftarkan diri terlebih dahulu untuk menjadi anggota AirBnB.

Sehingga AirBnB ini bukan menawarkan kamar – kamar kosong yang dikelola oleh seorang professional. Jadi AirBnB menjembatani orang biasa yang ingin mendapatkan uang tambahan melalui kamar kosong yang ada di rumahnya.

Pilihan Kamar Privat atau sharing dengan orang lain bisa dipilih oleh Penyewa

apa itu airbnb
Sumber foto: www.guestready.com

Sistem dari AirBnB ini sangat fleksibel. Penyewa bisa menentukan apakah ingin menyewa kamar privat ataukah sharing dengan orang lain. Tentunya hal tersebut sesuai dengan kebijakan dari pemilik apartemen / rumah.

Opsi tersebut bisa dilakukan dengan memfilter di hasil pencarian. Jika kamu ingin yang murah, maka bisa memilih menyewa sebuah kamar di rumah seseorang. Hal ini murah dikarenakan kamu nantinya akan berbagi fasilitas / ruang dengan pemiliknya.

Jam Malam

Aturan jam malam ini diatur oleh pemilik rumah. Selain itu pemilik rumah juga membuat peraturan – peraturan seperti dilarang merokok, pembayaran pajak, sampai dengan larangan membawa hewan peliharaan. Peraturan – peraturan tersebut sudah ditulis oleh pemilik rumah di aplikasi AirBnB.

Ketersediaan Sarapan

Ada atau tidaknya sarapan bergantung pada pemilik rumah. Hal ini pun sudah tercantum di aplikasi AirBnB. Oleh sebab itu, kamu harus memahami terlebih dahulu sebelum memesan rumah.

apa itu airbnb
Sumber foto: www.nina-travels.com

Harganya Murah atau Mahal

Harga penginapan murah atau mahal hal itu didasarkan pada fasilitas yang ditawarkan dan uang yang kamu miliki. Semakin lengkap fasilitas yang diperoleh maka harganya semakin mahal. Sebaliknya jika fasilitas semakin sedikit yang diperoleh maka harganya semakin murah.

Namun secara umum, harga penginapan yang ditawarkan AirBnB ini lebih murah dibandingkan dengan hotel atau penginapan konvensial. Dengan harga yang murah seperti ini, akhirnya konsep yang dianut AirBnB ini mulai banyak diikuti di Indonesia.

AirBnB di Indonesia

apa itu airbnb
Sumber foto: www.eturbonews.com

Di Indonesia, khususnya di kota – kota besar dan kota wisata, sudah banyak rumah, villa, maupun apartemen disewakan dan terdaftar di AirBnB. Kota – kota tersebut diantaranya seperti Lombok, Bali, Yogyakarta, Bandung, sampai dengan Jakarta.

Ketentuan Pemilik Rumah/apartemen dan Penyewa terhadap AirBnB

Pemilik Rumah yang mendaftarkan dirinya menjadi anggota AirBnB akan dikenakan biaya 3% dari harga booking. Hal itu sebagai biaya untuk memenuhi pengelolaan website dan operasional.

Bagi orang yang memesan kamar, akan dikenai biaya 6% sampai dengan 12% dari harga booking. Dan orang tersebut akan mendapatkan pelayanan selama 24 jam penuh.

Persyaratan Menjadi Host AirBnB

Untuk menjadi host AirBnB harus memenuhi persyaratannya yang ketat. Misalnya seperti data diri dan proses verifikasi untuk memastikan bahwa host itu tidak punya masalah kriminal.

Cara Booking

apa itu airbnb
Sumber foto: www.curbed.com

Memilih Kamar / Apartemen

Pemilihan Kamar / Apartemen ini bisa menggunakan mode filter, sehingga dapat dikerucutkan pilihannya sesuai dengan harapan dari penyewa. Pemfilteran itu meliputi:

  • Tipe kamar: satu kamar utuh, kamar pribadi, kamar sharing
  • Harga: rentang minimum dan maksimum
  • Ukuran kamar: jumlah kamar, kamar mandi, dan kasur yang tersedia
  • Perangkat tambahan: Internet nirkabel, TV, dapur, kolam renang hingga hewan peliharaan
  • Tipe properti: properti standar seperti apartemen, rumah atau kamar dengan layanan sarapan, hingga akomodasi yang sifatnya tidak konvensional atau di luar standar seperti kastil, gua, iglo hingga kemah.
  • Bahasa tuan rumah: bahasa Inggris, Spanyol, Perancis, dan lain sebagainya, bahkan bahasa isyarat pun ada.
  • Kata kunci: pemesan bisa mencari nama tempat yang sifatnya spesifik.

Cara Pembayarannya

apa itu airbnb
Sumber foto: thedailyfinancial.com

Jika kamu memesan penginapan lewat AirBnB maka pembayarannya bisa dilakukan dengan memakai Kartu Kredit atau Kartu Kredit Prabayar (Visa, MasterCard, Amex, Discover, JCB) atau bisa juga dengan PayPal.

Kamu tidak perlu khawatir akan terjadi penipuan dalam pembayaran. Sebab pembayaran ini tidak langsung diberikan kepada pemilik rumah / apartemen. Tapi akan masuk terlebih dahulu ke AirBnB finance. Setelah penyewa check out, pihak AirBnB finance akan meneruskan ke pemilik rumah.

Pembayaran ini tidak bisa memakai DP terlebih dahulu, namun harus dilunasi di awal. Kemudian bila tidak memiliki kartu kredit, maka harus membuat kartu kredit terlebih dahulu.

Pembayaran Via Jenius

Untuk Kamu yang tak punya kartu kredit, tak usah sedih, karena ada cara lain kok yang bisa dipakai untuk pembayaran AirBnB. Kamu bisa pakai kartu Jenius dari Bank BTPN dan caranya gampang!

Pertama, Kamu install dulu aplikasi Jenius dan daftar di booth Jenius terdekat, biasanya ada di mall-mall besar. Cuma perlu e-KTP, dan Kamu bisa langsung pakai fitur-fiturnya.

apa itu airbnb
Sumber foto: medium.com

Kedua, Kamu isi saldo e-card di akun Jenius Kamu. Secara fungsi mirip kartu kredit, tapi bedanya ini tak bisa dicicil, jadi harus lunas di awal transaksi. Selain itu tentu saja pembayaran pakai dollar ya.

apa itu airbnb
Sumber foto: medium.com

Ketiga, ketika ingin booking AirBnB, klik Book dan lalu klik kotak warna merah muda di bawahnya. Kamu bisa pilih Visa karena di e-card Jenius sudah ada kode CVV jadi lebih gampang. Kamu juga bisa pilih Paypal, tapi syaratnya harus daftar Paypal dulu.

apa itu airbnb
Sumber foto: medium.com

Kalau transaksi sudah berhasil, tandanya saldo di e-card Jenius terpotong sesuai harga penginapan yang tadi Kamu pilih. Setelahnya akan ada notifikasi lewat email dan dari situ Kamu bisa mulai berinteraksi dengan pemilik penginapan untuk info lebih lanjut.

Promo AirBnB

Buat yang baru pertama menggunakan aribnb kamu bisa mendapatkan sampai 47 dollar loh dengan syarat menggunakan kode vocer, nah ini merupakan kode vocer airbnb yang bisa kamu gunakan. Eh tapi klik linknya langsung ya karena jika sudah mendaftar kamu tak akan mendapatkannya.

Bagaimana? Menarik bukan untuk jadi salah satu alternatif penginapan yang lebih murah. Pastinya ini jadi pilihan yang cocok untuk Kamu yang sering travel dan ingin budget lebih efisien.

Artikel Terbaru

Tulis Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *