Home Jawa Barat 5 Aktifitas yang Bisa Kamu Lakukan di Bukit Moko Bandung

5 Aktifitas yang Bisa Kamu Lakukan di Bukit Moko Bandung

Bagi pecinta wisata alam, Bukit Moko tentu sudah menjadi destinasi wisata yang tidak asing. Terletak di daerah utara kota Bandung, relatif lebih tinggi dari pusat kota yang sudah sejuk, Bukit Moko menawarkan beragam aktivitas dan sudut pandang panorama menarik.

Hanya berjarak sekitar 15 km dari pusat kota, sempatkanlah untuk mampir jika sedang berlibur ke Bandung. Harga tiket masuknya pun relatif terjangkau, yaitu Rp15.000 di weekday dan Rp25.000 di weekend, dengan tiket tambahan untuk beberapa spot. Selain sejuk dan murah, Bukit Moko juga memanjakan pelancong dengan beragam spot instagramable.

1. Hutan Pinus

Secara natural, hutan pinus adalah spot fotogenik, dimana kita bisa menggunakan sudut low angle untuk menghadirkan efek pohon pinus yang masif. Hutan pinus Bukit Moko sendiri memiliki beberapa fasilitas penunjang, seperti hammock dan trek jalan yang juga bisa digunakan untuk jogging.

Jangan lupa untuk memperhatikan jam kedatangan di hutan pinus ini. Mengingat kombinasi barisan pohon dan matahari senja akan menghasilkan nuansa foto melankolis.

Penerangan di jalan setapak menuju bukit juga tersedia. Jadi jangan takut untuk menghabiskan hari di hutan pinus untuk berburu foto dan update feed Instagram. Cek lokasinya di sini.

Hutan Pinus
Sumber: Google maps @Bandung Outventure

2. Sunset dan Sunrise

Terletak di daerah perbukitan, Bukit Moko tentu menjadi tempat yang sempurna bagi pecinta sunset dan sunrise. Tidak heran, sore hari merupakan waktu favorit untuk mengunjungi Bukit Moko. Coba bayangkan kita bisa menikmati matahari senja berlatar kota Bandung selepas lelah mendaki hutan pinus.

Bukan hanya sunset, Bukit Moko juga menjadi tempat sempurna untuk merekam sunrise. Jika ingin merasakan sensasi matahari pagi dari atas Bukit Moko, sebaiknya kita berkemah di fasilitas camping ground yang tersedia.

Tidak perlu takut akan perangkat berkemah, pihak Bukit Moko memiliki jasa penyewaan alat camping, lengkap dari tenda, sleeping bag, sampai peralatan memasak.

Sunset dan Sunrise
Sumber: Google maps @Dafit Ariyanto

3. City Light Kota Bandung

Bukan hanya sunrise dan sunset, Bukit Moko adalah tempat sempurna bagi para pecinta lampu kota. Bukit Moko buka sampai jam 10 malam, sehingga kita memiliki waktu leluasa untuk berkunjung dan memotret gemerlap Bandung selepas gelap.

Tidak heran banyak wisatawan yang memberi rekomendasi untuk datang pada sore sampai malam hari. Di bawah cuaca malam yang cerah, kerlip lampu kota Bandung akan menghasilkan nuansa romantis.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Bandung Utara

Kita juga bisa menikmati suasana landscape kota dari Warung Daweung Moko. Tempat makan ini berkonsep outdoor, kita duduk di bangku kayu yang menghadap ke hamparan kota dan bintang. Harga makanan di Warung Daweung Moko ini relatif murah.

City Light
Sumber: Google maps @Evin Eka

4. Puncak Bintang

Puncak Bintang terletak lebih tinggi dari Bukit Moko, jadi kita masih perlu jalan menanjak sejauh 200 meter lagi. Namun jangan salah, pemandangan yang bisa kita nikmati dari atas Puncak Bintang ini tidak bisa digambarkan dengan kata.

Di Puncak Bintang, pengunjung harus membeli tambahan tiket masuk seharga Rp 8.000 per orang. Harga ini relatif murah jika dibandingkan dengan pemandangan fantastis yang bisa dipotret nanti.

Puncak Bintang menyediakan fasilitas spot berfoto yang bernama ‘dermaga bintang’. Spot ini berupa dek kayu luas yang bisa kita pakai untuk meletakkan kamera dan tripod untuk menangkap gambar dengan long exposure. Cek lokasinya di sini.

Puncak Bintang
Sumber: Google maps @Shoya Jihad

5. Camping Ground

Bila belum puas mendaki bukit dan memotret landscape, kita juga bisa menghabiskan malam di arena camping ground. Pihak pengelola menyediakan jasa penyewaan tenda dan kayu bakar, jadi kita tidak perlu repot membawa perlengkapan utuh sendiri.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Bandung Selatan

Kontur tanah yang tidak berbatu membuat arena camping ground nyaman untuk ditinggali. Terlebih lagi lokasi ini dekat dengan warung makan. Kita perlu membeli tiket tambahan seharga Rp 25.000 per orang untuk bermalam.

Camping Ground
Sumber: Google maps @Tian Bahtiar

Itulah aktivitas yang bisa kita lakukan di Bukit Moko, Bandung. Tempat ini sangat cocok bagi pelancong yang ingin berwisata alam, mulai dari hiking, camping, menikmati sunset, sampai sekedar berfoto di hutan pinus. Akhir kata, selamat liburan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

20 Tempat Wisata di Jember yang Bisa Dikunjungi

Jember, sebuah kabupaten yang berada di ujung timur Provinsi Jawa Timur. Mungkin banyak di antara kamu yang belum pernah mendengar nama daerah ini. Tetapi...

Keindahan Camping di Ranca Upas

Bagi mereka yang menyukai wisata berkemah, Ranca Upas tentu menjadi tempat yang tidak boleh ketinggalan untuk dikunjungi. Bumi perkemahan yang sudah sangat terkenal ini...

12 Pantai di Pacitan yang Wajib Masuk Listmu

Siapa yang tidak mengenal daerah Pacitan yang terletak di provinsi Jawa Timur satu ini? Kabupaten dengan Kota yang juga dikenal sebagai 1001 Goa ini...

Keindahan & Informasi Wisata di Situ Patenggang

Bandung, salah satu wilayah terbesar yang terletak di Jawa Barat ini menyimpan sejuta potensi pariwisata. Oleh karena itu, tak heran jika banyak sekali warga...

12 Rekomendasi Gudeg Jogja Paling Dicari

Jika sedang berkunjung ke Jogja, hal apa yang pertama kali terlintas dipikiranmu? Keraton, Jalan Malioboro, Gunung Merapi, atau gudeg? Ya, gudeg adalah kuliner asli...