Home Jawa Barat 10 Tempat Wisata di Bandung Utara

10 Tempat Wisata di Bandung Utara

Bagi yang pernah mengunjungi Bandung, tentu sudah paham bahwa Bandung Utara termasuk area favorit para pelancong. Bandung Utara memiliki kombinasi destinasi wisata alam dan buatan yang sayang untuk dilewatkan.

Mulai dari hutan raya, air terjun, sampai taman artifisial, Bandung Utara menawarkan banyak spot berlibur yang fotogenik. Jika berkesempatan mengunjungi Bandung Utara, jangan lupa mampir ke 10 tempat wisata berikut ini.

1. Taman Hutan Raya Juanda

Taman Hutan Raya Juanda mudah dijangkau, terlebih jika kita sudah berada di kawasan Dago yang terkenal itu. Kita bisa menggunakan angkutan umum atau kendaraan pribadi, naik ke atas meninggalkan pusat kota Bandung.

Hutan raya ini menawarkan pemandangan hijau dari ribuan jenis tanaman. Setelah membayar tiket, kita berjalan di jalur setapak yang disiapkan untuk menikmati alam. Di area ini, kita akan menemukan atraksi menarik lain, seperti Gua Belanda, Gua Jepang, Curug Dago, Curug Maribaya, dan Curug Lalay. Cek lokasinya di sini.

Taman Hutan Raya Juanda
Sumber: wisataidn.com

2. Tebing Keraton

Tebing Keraton masih berada dalam kawasan Taman Hutan Raya Juanda. Tempat ini begitu digandrungi pelancong muda karena pemandangan hijaunya yang instagramable.

Di waktu tertentu, khususnya pagi hari, kita bisa melihat area pegunungan yang masih diselimuti kabut. Karena bisa melihat horizon luas, Tebing Keraton direkomendasikan untuk hunting foto sunrise dan sunset. Harga tiket masuknya cukup terjangkau, yaitu Rp11.000/orang. Cek lokasinya di sini.

Tebing Keraton
Sumber: nativeindonesia.com

3. Curug Dago

Sebenarnya, Curug (air terjun) Dago juga terletak di kawasan Taman Hutan Raya Juanda. Curug Dago menjadi semakin menarik karena di tempat ini kita akan menemukan jejak peninggalan kerajaan Thailand, yakni berupa dua prasasti batu tulis tahun 1818.

Tidak perlu khawatir dengan fasilitas penunjang, Curug Dago dilengkapi area parkir kendaraan luas, toilet umum, dan warung makan di sekitar. Harga tiket masuknya Rp 15.000/orang, buka dari pagi sampai sore. Cek lokasinya di sini.

Curug Dago
Sumber: infobdg.com

4. Forest Walk Babakan Siliwangi

Forest Walk Babakan Siliwangi terletak tidak jauh dari ITB dan Jalan Cihampelas. Kita bisa melakukan beragam aktivitas di kawasan ini, seperti jogging, hunting foto bertemakan alam, atau sekedar jalan santai bersama teman dan keluarga.

Forest Walk Babakan Siliwangi dilengkapi trek jalan yang dikelilingi pepohonan. Di beberapa titik juga ada meja dan kursi panjang untuk bersantai. Cek lokasinya di sini.

Forest Walk Babakan Siliwangi
Sumber: travel.detik.com

5. Dago Dream Park

Dago Dream Park berusia relatif muda karena taman ini baru dibuka di pertengahan 2016. Tapi, jangan salah, Dago Dream Park berhasil menyeruak menjadi destinasi wisata favorit di Bandung Utara.

Taman ini menawarkan beragam spot foto dan bermain, mulai dari Sky Tree, karpet terbang Aladin, Sky Bike, rumah terbalik, sampai Sky Hammock. Tiket pintu masuknya Rp20.000/orang, dengan tambahan tiket untuk setiap permainan. Cek lokasinya di sini.

Dago Dream Park
Sumber: nativeindonesia.com

6. Saung Angklung Udjo

Di tengah hingar-bingar menjamurnya wisata modern, Saung Angklung Udjo menjadi oase konservasi kebudayaan Sunda di Bandung Utara. Kita bisa menonton pertunjukan dan belajar bermain angklung di sini.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Bandung Selatan

Saung Angklung Udjo memiliki jadwal pentas tetap setiap harinya, kita hanya perlu membeli tiket masuk untuk menonton. Selain itu, mereka juga menyediakan toko souvenir bertemakan angklung dan budaya Sunda lainnya. Cek lokasinya di sini.

Saung Angklung Udjo
Sumber: nativeindonesia.com

7. Gua Belanda

Bagi yang senang sejarah berbalut misteri, Gua Belanda dengan lorong panjang dan gelapnya cocok dijadikan destinasi wisata. Saat masa penjajahan, pemerintah Belanda membangun gua ini pembangkit listrik tenaga air dan ruang interogasi.

Selayaknya bangunan bekas penjajahan, banyak kisah mistis yang beredar. Gua Belanda ini berada dalam kompleks Taman Hutan Raya Juanda. Cek lokasinya di sini.

Gua Belanda
Sumber: netralnews.com

8. Curug Maribaya

Curug Maribaya juga terletak dalam kawasan Taman Hutan Raya Juanda. Bukan hanya berisikan air terjun yang sejuk, Curug Maribaya pemandian air panas dan wahana playground untuk anak-anak.

Kerap dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara, Curug Maribaya sudah didukung fasilitas penunjang yang mumpuni, seperti kursi-kursi kayu, parkir luas, musholla, dan cafe di sekitar lokasi. Cek lokasinya di sini.

Curug Maribaya
Sumber: travelspromo.com

9. Rabbit Town

Destinasi wisata di daerah Ciumbuleuit ini tergolong masih baru, terhitung awal tahun 2018 baru berdiri. Rabbit Town cocok untuk tempat wisata keluarga, dipadu dengan spot fotogenik, kuliner, dan taman hewan.

Sesuai namanya, tempat ini memiliki wisata edukasi berupa taman kelinci. Kita bisa berinteraksi dan memberi makan kelinci-kelinci tersebut. Cek lokasinya di sini.

Rabbit Town
Sumber: idntimes.com

10. Taman Burung Bird & Bromelia Pavilion

Taman Burung Bird & Bromelia dinamakan sebagai pavilion, bukan bird park, karena ukurannya yang relatif kecil. Meskipun kecil, taman ini memiliki ratusan jenis burung yang cocok dijadikan destinasi wisata edukatif untuk anak-anak.

Baca juga: 10 Wisata Kuliner Khas Bandung yang Enak

Tempat ini buka dari pagi sampai sore. Harga tiket masuknya cukup terjangkau, yakni Rp35.000/orang saat hari kerja dan Rp50.000/orang di weekend. Cek lokasinya di sini.

Bird & Bromelia Pavilion
Sumber: sikucingmanis.wordpress.com

Itulah 10 tempat wisata rekomendasi di Bandung Utara. Tidak seperti kawasan Bandung Selatan yang didominasi wisata alam, daerah utara diisi kombinasi wisata alam dan buatan. Jika sedang liburan di Bandung, jangan lupa mampir. Selamat berlibur dan hunting foto!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

20 Tempat Wisata di Jember yang Bisa Dikunjungi

Jember, sebuah kabupaten yang berada di ujung timur Provinsi Jawa Timur. Mungkin banyak di antara kamu yang belum pernah mendengar nama daerah ini. Tetapi...

Keindahan Camping di Ranca Upas

Bagi mereka yang menyukai wisata berkemah, Ranca Upas tentu menjadi tempat yang tidak boleh ketinggalan untuk dikunjungi. Bumi perkemahan yang sudah sangat terkenal ini...

12 Pantai di Pacitan yang Wajib Masuk Listmu

Siapa yang tidak mengenal daerah Pacitan yang terletak di provinsi Jawa Timur satu ini? Kabupaten dengan Kota yang juga dikenal sebagai 1001 Goa ini...

Keindahan & Informasi Wisata di Situ Patenggang

Bandung, salah satu wilayah terbesar yang terletak di Jawa Barat ini menyimpan sejuta potensi pariwisata. Oleh karena itu, tak heran jika banyak sekali warga...

12 Rekomendasi Gudeg Jogja Paling Dicari

Jika sedang berkunjung ke Jogja, hal apa yang pertama kali terlintas dipikiranmu? Keraton, Jalan Malioboro, Gunung Merapi, atau gudeg? Ya, gudeg adalah kuliner asli...