Home Jawa Barat 16 Tempat Wisata Alam di Bandung

16 Tempat Wisata Alam di Bandung

Bandung terkenal dengan pilihan wisata alamnya yang beragam. Mulai dari curug (air terjun), pemandian air panas, kawah gunung, sampai perkebunan teh. Kita tidak perlu jauh berkendara mengelilingi Bandung karena destinasi wisata alamnya menyebar di banyak wilayah.

Berikut ini rekomendasi 16 tempat wisata alam di Bandung yang patut dikunjungi.

1. Kawah Putih

Kawah Putih terletak di Bandung Selatan, berisikan area bertanah putih dengan kandungan air belerang yang beraroma kuat. Terletak di ketinggian lebih dari 2.000 mdpl, jangan lupa membawa jaket tebal saat mengunjungi Kawah Putih. Dengan background kawah belerang dan ranting pohon coklat, cukup mudah mendapat foto cantik di kawasan ini. Cek lokasinya di sini.

Kawah Putih
Sumber: Google maps @Niena Bsa

2. Situ Patenggang

Situ Patenggang menawarkan suasana damai dan sejuk danau di ketinggian ribuan meter, lengkap dengan perkebunan teh di sekelilingnya. Dilingkupi kisah mitos legendaris, kita bisa melakukan beragam aktivitas di Situ Patenggang, seperti naik perahu dayung, memancing, atau sekedar duduk-duduk menikmati suasana di gazebo. Cek lokasinya di sini.

Situ Patenggang
Sumber: Google maps @Immanuel Ambhara

3. Perkebunan Teh Rancabali

Tidak jauh dari kawasan Kawah Putih, Perkebunan Teh Rancabali juga terletak di area Ciwidey. Tempat ini cukup mudah ditemukan. Kita hanya perlu menepikan mobil di pinggir jalan dan masuk ke area perkebunan teh. Cek lokasinya di sini.

Perkebunan Teh Rancabali
Sumber: Google maps @Tommy Wijaya

4. Pemandian Air Panas Cimanggu

Pemandian air panas Cimanggu mengandung belerang yang dipercaya mampu menyehatkan kulit dan membuat tubuh rileks. Pemandian ini memiliki tiga macam kolam dengan ukuran berbeda. Kolam VIP yang lebih privat juga tersedia, namun kita perlu membayar biaya tambahan per jam. Cek lokasinya di sini.

Pemandian Air Panas Cimanggu
Sumber: Google maps @Anton Jaksa

5. Bumi Perkemahan Ranca Upas

Selain tempat berkemah, Bumi Perkemahan Ranca Upas memiliki beragam atraksi turis, seperti flying fox, paint ball, kolam renang, sampai penangkaran rusa. Jika ingin berkemah, kita bisa memesan perlengkapan seperti tenda dengan ukuran bervariasi, bergantung pada jumlah rombongan. Cek lokasinya di sini.

Bumi Perkemahan Ranca Upas
Sumber: Google maps @Roro Rohanah

6. Barusen Hills

Barusen Hills terletak di daerah Ciwidey, Bandung Selatan. Kawasan ini berisikan taman bunga warna-warni, dilengkapi dengan kolam renang, danau, dan miniatur kincir angin yang instagramable. Destinasi wisata ini cocok untuk anak-anak, terlebih mereka bisa berlarian di kawasan Barusen Hills yang luas. Cek lokasinya di sini.

Barusen Hills
Sumber: Google maps @Danan Triono

7. Bukit Jamur Rancabolang

Bukit Jamur Rancabolang bukanlah berisikan jamur, melainkan kebun pohon cemara yang dipotong menyerupai jamur. Tempat ini menawarkan banyak spot untuk berfoto, seperti di gerombolan pohon cemara dan bangunan klasik Belanda yang terdapat di area ini. Bukit Jamur Rancabolang buka dari pagi sampai sore. Cek lokasinya di sini.

Bukit Jamur Rancabolang
Sumber: Google maps @Bamz Bullet

8. Sendang Geulis Kahuripan

Dalam bahasa lokal, Sendang Geulis Kahuripan berarti air danau di tengah pegunungan yang memberi kehidupan. Tidak berlebihan memang, karena air danau ini sangat jernih. Destinasi wisata ini terletak di Kabupaten Bandung Barat, tiket masuknya cukup murah, yaitu Rp 10.000/orang. Cek lokasinya di sini.

Baca juga: 10 AirBnB di Bandung yang Instagramable dengan Harga di Bawah 400k

Sendang Geulis Kahuripan
Sumber: Google maps @Raii Irwan

9. Taman Batu (Stone Garden)

Taman Batu atau Stone Garden terletak di daerah Padalarang Bandung Barat, tiket masuknya Rp 10.000/orang. Seperti namanya, taman ini berisikan batu beragam ukuran yang indah untuk dijadikan background foto. Namun untuk mencapai titik ini, kita harus trekking menanjak terlebih dahulu sejauh 1,5 kilometer. Cek lokasinya di sini.

Stone Garden
Sumber: Google maps @Pejalan Santuy

10. Tebing Keraton

Destinasi wisata ini sebenarnya cukup sederhana. Tebing Keraton hanya berisikan area berfoto di atas batu pinggir jurang, namun sudut ini sanggup menghasilkan foto perbukitan yang spektakuler. Tidak heran jika Tebing Keraton menjadi tempat sempurna untuk hunting foto sunrise dan sunset. Cek lokasinya di sini.

Tebing Keraton
Sumber: Google maps @Kang Adut

11. Curug Batu Templek

Curug Batu Templek terletak di daerah Bandung Utara. Berbeda dengan curug lain yang memiliki keindahan pada ketinggian air terjunnya, curug ini mempunyai pemandangan batu unik. Garis tegas hitam dan coklat di bebatuan seperti dilukis oleh tangan manusia, meski komposisi batuan ini jelas alami. Cek lokasinya di sini.

Curug Batu Templek
Sumber: Google maps @Deden Ahmad

12. Gunung Tangkuban Perahu

Tangkuban Perahu merupakan salah satu destinasi wisata alam populer di Bandung. Selain daya tarik legenda Sangkuriang dan Dayang Sumbi, gunung ini juga menarik bagi wisatawan karena pemandangan kawahnya. Tangkuban Perahu memiliki tiga kawah, yakni Kawah Domas, Kawah Upas, dan Kawah Ratu. Cek lokasinya di sini.

Tangkuban Perahu
Sumber: Google maps @Muhammad Syukron

13. Taman Hutan Raya Juanda

Taman Hutan Raya Juanda juga sudah terkenal di kalangan wisatawan. Terletak tidak terlalu jauh dari pusat kota, taman hutan ini menjadi tempat yang cocok untuk berjalan santai menikmati sejuk hutan. Di dalamnya tersimpan banyak atraksi wisata, seperti Gua Belanda, Gua Jepang, dan Curug Maribaya. Cek lokasinya di sini.

Taman Hutan Raya Juanda
Sumber: Google maps @May Dedy

14. Curug Maribaya

Mayoritas diisi kontur perbukitan, tidak heran jika Bandung memiliki banyak Curug, salah satu yang terkenal adalah Curug Maribaya. Bukan hanya air terjun, Maribaya juga menawarkan pemandian air panas dan tempat pemancingan. Cek lokasinya di sini.

Curug Maribaya
Sumber: Google maps @Fx Bj

15. Pemandian Air Panas Ciwalini

Pemandian Air Panas Ciwalini terletak di daerah Ciwidey, Bandung Selatan. Sebelum berendam di panas air belerang, kita bisa melakukan beragam aktivitas lain seperti flying fox dan bersepeda. Cek lokasinya di sini.

Pemandian Air Panas Ciwalini
Sumber: Google maps @Indra Susandi

16. Bukit Moko

Bukit Moko sangat populer di kalangan pelancong karena letaknya tidak jauh dari pusat kota. Disana tersedia beragam hal yang bisa dilakukan, seperti berfoto di hutan pinus, menikmati sunrise dan sunset dari ketinggian bukit, mengunjungi Puncak Bintang, sampai berkemah di camping ground yang tersedia. Cek lokasinya di sini.

Bukit Moko
Sumber: Google maps @Evin Eka

Baca juga: 5 Aktifitas yang Bisa Kamu Lakukan di Bukit Moko Bandung

Jadi itulah 16 tempat wisata alam di Bandung, lokasinya tersebar dari Bandung Selatan sampai Bandung Utara. Selamat berlibur!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

20 Tempat Wisata di Jember yang Bisa Dikunjungi

Jember, sebuah kabupaten yang berada di ujung timur Provinsi Jawa Timur. Mungkin banyak di antara kamu yang belum pernah mendengar nama daerah ini. Tetapi...

Keindahan Camping di Ranca Upas

Bagi mereka yang menyukai wisata berkemah, Ranca Upas tentu menjadi tempat yang tidak boleh ketinggalan untuk dikunjungi. Bumi perkemahan yang sudah sangat terkenal ini...

12 Pantai di Pacitan yang Wajib Masuk Listmu

Siapa yang tidak mengenal daerah Pacitan yang terletak di provinsi Jawa Timur satu ini? Kabupaten dengan Kota yang juga dikenal sebagai 1001 Goa ini...

Keindahan & Informasi Wisata di Situ Patenggang

Bandung, salah satu wilayah terbesar yang terletak di Jawa Barat ini menyimpan sejuta potensi pariwisata. Oleh karena itu, tak heran jika banyak sekali warga...

12 Rekomendasi Gudeg Jogja Paling Dicari

Jika sedang berkunjung ke Jogja, hal apa yang pertama kali terlintas dipikiranmu? Keraton, Jalan Malioboro, Gunung Merapi, atau gudeg? Ya, gudeg adalah kuliner asli...